Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kaulitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian di One Zo Pantai Indah Kapuk

Deivy Z Nasution, Milkco Blanco

Sari


Berkembangnya bubble tea dimanfaatkan oleh One Zo Pantai Indah Kapuk untuk menjual bubble tea yang sedang marak di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi konsumen terhadap kualitas pelayanan dan kualitas produk yang dihasilkan, serta untuk mengetahui bagaimana keputusan pembelian yang dilakukan oleh pembeli di One Zo, dan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian di One Zo Pantai Indah Kapuk. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif, Populasi yang diteliti sebanyak 22.680 konsumen dengan jumlah sampel berdasarkan Slovin yaitu 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan masuk dalam kategori sangat baik dengan nilai 4,64 dan variabel kualitas produk masuk dalam kategori sangat baik dengan nilai 4,61. Serta variabel keputusan pembelian masuk dalam kategori sangat baik dengan nilai 4,55. Pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian di One Zo Pantai Indah Kapuk sebesar 62% berdasarkan dari hasil uji determinasi, sedangkan 38% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil uji T kualitas pelayanan menunjukkan bahwa  Thitung 2,545> Ttabel 1,661 dan kualitas produk menunjukkan Thitung 5,854 > Ttabel 1,661 Dan hasil uji F menunjukkan bahwa  Fhitung 79.197 > Ftabel 3,089. Maka dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan dan kualitas produk berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian di One Zo Pantai Indah Kapuk.

 

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adi, D. O., Fathoni, A., & Budi, L. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Promosi. Journal of Management, 1-22.

Adinugraha, A. T., & H, S. M. (2015). Analisis Pengaruh Kualitas Makanan dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Konsumen di D'cost Surabaya. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, 643-654.

Aini, E. N., & Andjarwati, A. L. (2020). Pengaruh Gaya Hidup Konsumtif dan Kualitas Produk. Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam, 17-27.

Amelisa, L., Yonaldi, S., & Mayasari, H. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Gula Tebu. Manajemen dan Kewirausahaan, 54-66.

Anggara, D. S., & Abdillah, C. (2019). Modul Metode Penelitian. Pamulang: Unpam Press.

Arfah, Y. (2022). Keputusan Pembelian Produk. Padangsimpuan: PT. Inovasi Pratama Internasional.

Farisi, S. (2018). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Adidas pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. The National Conference on Management and Business, 1-17.

Fatmaningrum, S. R., Susanto, S., & Fadhilah, M. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Frestea. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 176-188.

Grab. (2019, April 30). Demam Bubble Tea di GrabFood! p. 1.

Grandhis, N. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian pada Rumah Makan Sambal Gami Awang Long Khas Bontang di Samarinda. Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL, 237-245.

Komala, C. C., Norisanti, N., & Ramdan, A. M. (2019). Analisis Kualitas Maknaan dan Perceived Value terhadap Kepuasan Konsumen pada Industri Rumah Makan. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen dan Kewirausahaan, 58-64.

Lianardi, W., & Chandra, S. (2019). Analisis Kualitas Pelayanan, Kelengkapan Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Swalayan Juni Pekanbaru. Kurs: Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis, 45-58.

Liputan6.com. (2019, Januari 17). Tujuan Perusahaan Menurut Para Ahli, Jenis dan Bentuknya di Indonesia. pp. 1-6.

Lukiyana. (2021). Pengaruh Kompetensi Teknologi dan Tampilan Produk Terhadap Minat Beli. Media Studi Ekonomi, 1-12.

Muryati, Suci, R. P., Hermawati, A., Purwanto, A., Mas'ud, M., Mas, N., . . . Riyanto. (2022). PERILAKU ORGANISASI. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.

Ngandoh, A. M. (2021). Kepuasan Konsumen melalui Harga, Promosi, Kualitas Makanan, dan Kualitas Pelayanan. Jurnal Mirai Management, 232-244.

Priyatno, D. (2014). SPSS 22: Pengolah Data Terpraktis. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Rahastine, M. P. (2018). Analisa Makna Desain Kemasan Pada Produk Teh Di Indonesia. Jurnal Komunikasi, 72-78.

Rangkuti, F. (2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Intergrated Marketing communication. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Revida, E., Gaspersz, S., Utkolseja, L. J., Nasrullah, Warella, S., Nurmiati, . . . Purba, R. (2020). Pengantar PARIWISATA. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Rizaty, M. A. (2022, Agustus 18). Indonesia Jadi Pasar Bubble Tea Terbesar di Asia Tenggara. p. 1.

Sari, S. R. (2018). Konflik dan Kinerja Karyawan: Peran Moderasi Gaya. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 431-440.

Sariwangi. (2019, November 1). Mengenal Asal Mula Bubble Tea, Minuman yang Semakin Diminati. p. 1.

Sinollah, & Masruro. (2019). Pengukuran Kualitas Pelayanan (Servqual - Parasuraman) Dalam Membentuk Kepuasan Pelanggan Sehingga Tercipta Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus pada Toko Mayang Collection Cabang Kepanjen). Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 45-64.

Stephanus, F., & Sutjiono, C. (2020). Faktor-Faktor Yang Mendorong Generasi Y Dalam Mengadopsi Inovasi Minuman Teh. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, 1-14.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung.

Sugiyono. (2013). Cara Mudah Menyusun: Skripsi, Thesis, dan Disertasi. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D(25thed). Bandung: Alfabeta.

Supriyadi, Wiyani, W., & Indra, G. (2017). Pengaruh kualitas produk dan brand image terhadap keputusan pembelian (Studi pada Mahasiswa Pengguna Produk Sepatu Merek Converse di Fisip Universitas Merdeka Malang). Jurnal Bisnis dan Manajemen, 1-12.

WInarsih, R., Mandey, S. L., & Wenas, R. S. (2022). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Makanan, dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Dabu-Dabu Resto dan Coffee Kawasan Megamas di Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Rise Ekonomi, 388-399.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v6i1.3653

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter