Pengaruh Member Card Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Produk Coffee Shop X di Indonesia

Mutiara Dian Azzahra, Agus Maolana Hidayat

Sari


Meningkatnya konsumsi kopi di Indonesia membuat pelaku bisnis berusaha menciptakan sebuah inovasi dengan mendirikan usaha coffee shop X disertai dekor dan fasilitas yang dapat memberikan kepuasan bagi pelanggan. Selain itu setiap perusahaan membuat sebuah loyalty program berupa member card yang memberikan keuntungan dan keistimewaan dalam melakukan transaksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan member card dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan. Metode penelitian yang digunakan melalui pendekatan deskriptif dan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner secara online melalui social media diperoleh sebanyak 244 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling dengan metode incidental. Penelitian ini menggunakan software SMARTPLS versi 3.2.9 dalam melakukan pengolahan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa member card memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan dan member card juga memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan serta kepuasan pelanggan memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan.

 

Kata Kunci: Member Card, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan, Coffee Shop.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Apriliani, D., S, N. B., Febila, R., & Sanjaya, V. F. (2020). Pengaruh Kepuasan Pelanggan Brand Image, dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Member Card. Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA), 28.

Budiastuti, D., & Bandur, A. (2018). Validitas dan Reliabilitas Penelitian. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Erlina, & Hermawan, D. (2021). Marketing Mix on Customer Loyalty at Coffee Shop in Bandung. APTISI Transactions On Management, 79-88.

Han, H., Nguyen, H. N., Song, H., Chua, B.-L., Lee, S., & Kim, W. (2018). Drivers of brand loyalty in the chain coffee shop industry. International Journal of Hospitality Management, 86-97.

Kementerian Pertanian. (2018, July 31). Konsumsi Kopi di Indonesia. Retrieved from databoks: http://epublikasi.setjen.pertanian.go.id/download/file/402-outlook-kopi-2017

Narimawati, U., Sarwono, J., Affandi, A., & Priadana, M. S. (2019). RAGAM ANALISIS DALAM METODE PENELITIAN (untuk Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi). Yogyakarta: ANDI.

Sukmaputra, E. R., Esarianita, Y., & Megandini, Y. (2017). Pengaruh Program Retention dan Kepuasan Konsumen terhadap loyalitas konsumen di CGV Blizt Bandung. Industrial Research Workshop and National Seminar, 366.

Susanty, A., & Kenny, E. (2015). The Relationship Between Brand Equity, Customer Satisfaction, and Brand Loyalty on Coffee Shop: Study of Excelso and Starbucks. ASEAN MARKETING JOURNAL, 14.

Tarigan, E., Wijaya, M., & Marbun, P. (2020). The Influence of Lifestyle, Physical Environment, and Menu Variety on Customer Loyalty Through Customer Satisfaction in the Coffee Shop. International Journal of Research and Review, 102.

USDA Foreign Agricultural Service. (2020, May). Number of coffee shop outlets Indonesia 2019-2020, by brand. Retrieved from Statista: https://www.statista.com/statistics/1034500/indonesia-coffee-shop-outlets-number-by-brand/

Zakaria, I., Rahman, B. A., Othman, A. K., Yunus, N. A., Dzulkipli, M. R., & Osman, M. A. (2014). The Relationship Between Loyalty Program, Customer Satisfaction and Customer Loyalty in Retail Industry: A Case Study. Procedia - Social ad Behavioral Scieces, 23.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v6i1.3670

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter