Peran Etika Bisnis Islam dalam Meningkatkan Keuntungan Pengusaha Laundry Kelurahan Bontoduri Kota Makassar
Sari
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji peran etika bisnis Islam terhadap keuntungan pengusaha laundry di kelurahan Bontoduri Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif di mana terdapat dua variabel yaitu etika bisnis Islam sebagai variabel bebas (independent) dan keuntungan sebagai variabel terikat (dependent), dengan menggunakan sumber data di antaranya data primer, sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara, angket (kuesioner) kepada sejumlah responden dan dokumentasi data atau variabel yang berupa catatan-catatan, buku dan sebagainya.
Populasi dalam penelitian adalah pengusaha laundry di kelurahan Bontoduri Kota Makassar sebanyak 75 orang pengusaha. Sampel penelitian menggunakan purposive sampling, dan diperoleh 52 responden sebagai sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji coba dan diuji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana, uji normalitas, uji T, uji R2. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan Y = 34,891 + 0,804X yang artinya Keuntungan dipengaruhi Etika Bisnis Islam. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,324, ini berarti penerapan etika bisnis Islam terhadap keuntungan usaha adalah sebesar 32,4%, sedangkan sisanya 67,6% dipengaruhi oleh variabel lainnya di luar penelitian.
Kata kunci: Etika Bisnis Islam, Keuntungan.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Amalia, F. (2014). Etika Bisnis Islam: Konsep dan Implementasi pada pelaku usaha kecil.
Anindya, D. A. (2017). Pengaruh etika bisnis Islam terhadap keuntungan usaha pada wirausaha di Desa Delitua Kecamatan Delitua. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, 2(2), 389-412. http://dx.doi.org/10.30821/ajei.v2i2.1228
Ardi, M. (2015). Etika Bisnis Dalam Ekonomi Islam. Syariah, 1(3).
Badroen, F., Mufraeni, M. A., & BAshori, A. D. (2015). Etika Bisnis dalam Islam.
Fauzia, I. Y. (2018). Etika bisnis dalam Islam. Prenada Media.
Hamid, N. A., & Hamka, H. (2022). Dampak Sosial Ekonomi Pedagang Relokasi Pasar Tradisional Moderen (Studi Kasus Pasar Tradisional Moderen Kabupaten Maros). Jurnal Mirai Management, 7(2), 142-146.
Hapsari, E. A. (2007). Analisis Rasio Keuangan untuk Memprediksi Pertumbuhan Laba (Studi Kasus: Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta Periode 2001 sampai dengan 2005) (Doctoral dissertation, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro).
Hasan, A., & Hamid, N. A. (2021). ANALISIS PERSEPSI HARGA, SUASANA CAFE DAN PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA ZERO CAFE MAKASSAR. Jurnal Ilmiah Manajemen Emor (Ekonomi Manajemen Orientasi Riset), 4(2), 256-270.
Hasniati, H., Indriasari, D. P., Sirajuddini, A., & Karim, A. (2023). The Decision of Women in Makassar City to Entrepreneur. Binus Business Review, 14(1).
Hasoloan, A. (2018). Peranan etika bisnis dalam perusahaan bisnis. Warta Dharmawangsa, (57).
Isgiyarta, J. (2009). Teori Akuntansi dan Laporan Keuangan Islami.
Karim, A. A. K., Jumarding, A., & Ahmad, A. (2022). The Role of Zakat in National Economic Transformation through Regional Economic Growth in South Sulawesi Province. International Journal of Commerce and Finance, 8(2), 75-98.
Karim, A., Desi, N., & Ahmad, A. (2022). Regional Public Water Company Business Plan for Sustainable Economic in Makassar City, Indonesia. Specialusis Ugdymas, 1(43), 10864-10876.
Karim, A., Syamsuddin, I., Jumarding, A., & Amrullah, A. (2022). The Effect of Gender Independence and Leadership Style on Audit Quality in Makassar Public Accounting Offices. International Journal of Social Science Research and Review, 5(7), 114-126. https://doi.org/10.47814/ijssrr.v5i7.341.
Kurniawati, F. (2013). Laba Dalam Akuntansi Syari’ah. Adzkiya: Jurnal Hukum dan Ekonomi Syariah, 1(2).
Nur, S. W., & Hamid, N. A. (2018). Pengaruh Profesionalisme dan Intensitas Moral Auditor Terhadap Intensi Melakukan Whistleblowing Pada Kantor Akuntan Publik Makassar. Assets: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 8(2), 115-124.
Nur, S. W., & Hamid, N. A. (2018). Professionalism and Moral Intensity of Auditors on Whistleblowing Intension on Makassar Public Accountant Office. International Journal of Economics Management and Social Science, 1(3), 128-132.
Nurhayati, S. (2009). Wasilah, Akuntansi Syariah di Indonesia. Ed, 3, 98-99.
Saputra, F. Y. (2016). Pengaruh penerapan etika bisnis Islam terhadap keuntungan usaha pengusaha laundry di Kecamatan Tembalang. Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang.
Saryawan, M. (2014). Analisis pengaruh modal usaha, jam kerja dan teknologi terhadap tingkat keuntungan UKM di Kecamatan Denpasar Utara. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 44661.
Silviyah, N. M., & Lestari, N. D. (2022). Pengaruh Etika Bisnis Islam Dalam Meningkatkan UMKM. Al Iqtishod: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ekonomi Islam, 10(1), 96-112.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i3.3798
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional