PENGARUH KOMUNIKASI, PROSEDUR MELALUI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN BPJS DI RSUD LABUANG BAJI MAKASSAR

Ismail Ismail, Abdul Razak Munir, Ikhsan Kadir

Sari


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh komunikasi terhadap kualitas pelayanan pada pasien BPJS Kesehatan di ruang rawat inap. (2) Mengetahui dan menganalisis pengaruh prosedur terhadap kualitas pelayanan pada pasien BPJS kesehatan di ruang rawat inap. (3) Mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien BPJS. (4) Mengetahui dan menganalisis pengaruh komunikasi terhadap kepuasan pasien BPJS. (5) Menganalisis pengaruh prosedur terhadap kepuasan pasien BPJS. (6) Menganalisis pengaruh komunikasi terhadap kepuasan pasien BPJS melalui kualitas pelayanan. (7) menganalisis pengaruh prosedur terhadap kepuasan pasien BPJS melalui kualitas pelayanan. Penelitian ini menggunakan metode analisi kuantitaif dengan pendekatan cross sectional study untuk mengetahui prosedur, komunikasi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien BPJS. penelitian ini dilakukan selama ± 2 bulan dari tanggal 04 Januari - 04 Maret 2019 dan didapatkan sampel sebanyak 105 orang yang memenuhi kriteria inklusi. Data pada penelitian ini diperoleh dari hasil pengisian kuisioner oleh responden. setelah data dikumpulkan, maka data-data tersebut diolah, mulai dari editing, koding dan tabulasi. Data di Analisa dengan menggunakan program SPSS 24.
Hasil Uji hipotesis komunikasi (X1), terhadap kualitas pelayanan (Y1) diperoleh nilai signifikan X1 terhadap Y1 sebesar 0,137>0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa secara langsung berpengaruh posistif tapi tidak signifikan X1 terhadap Y1. Prosedur (X2), terhadap kualitas pelayanan (Y1) diperoleh nilai signifikan X2 terhadap Y1 sebesar 0,000<0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa secara langsung terdapat pengaruh postif dan signifikan X2 terhadap Y1. Kualitas Pelayanan (Y1) terhadap Kepuasan Pasien (Y2) diperoleh nilai signifikan Y1 terhadap Y2 sebesar 0,000<0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa secara langsung terdapat pengaruh positif dan signifikan Y1 terhadap Y2. Komunikasi (X1) terhadap Kepuasan Pasien (Y2) diperoleh nilai signifikan X1 terhadap Y2 sebesar 0,418>0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa secara langsung berpengaruh positif tapi tidak signifikan X1 terhadap Y2. Prosedur (X2) terhadap Kepuasan Pasien (Y2) diperoleh nilai signifikan X2 terhadap Y2 sebesar 0,000<0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa secara langsung terdapat pengaruh positif dan signifikan X2 terhadap Y2.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abidin.; Pengaruh Kualitas Pelayanan BPJS Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Cempae Kota Parepare. Jurnal MKMI, Vol. 12 No. 2, Juni 2016

Alya Hazfiarini, Ernawaty.; Indeks Kepuasan Pasien BPJS Kesehatan Terhadap Pelayanan Rumah Sakit Mata Masyarakat Jawa Timur. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia Volume 4 Nomor 2 Juli- Desember 2016.

Ayu Rizky Ameliyah, Irwandy Kapalawi, Syahrir A. Pasinringi.; Hubungan Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Bpjs Rawat Inap Rsud Labuang Baji. Jurnal Manajemen Rumah Sakit Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin 29 Mei 2015

Baby Silvia Putri, Lindawati Kartika.; Pengaruh Kualitas Pelayanan BPJS KESEHATAN Terhadap Kepuasan Pengguna Perspektif Dokter Rumah Sakit Hermina Bogor. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol.2, No.1, Februari 2017 : 1 - 12 ISSN 2527 - 7502

Chriswardani Suryati, Dharminto, Zahroh Shaluhiyah.; Penyusunan Indikator Kepuasan Pasien Rawat Inap RS Di Provinsi Jawa Tengah.; Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan, Vol. 09, No. 4 Desember 2006.

Damaiyanti dan I Putu Ery setiawan. 2014. Analisis Efektivitas dan Kontribusi Penerimaan PBB Terhadap PAD Kota Denpasar Tahun 2009-2013, ISSN: 2302-8556 E-Jurnal Akuntansi universitas Udayana. 9.1 (2014) : 97-105

Enggarayu Weningtyas, Miftahun Ni’mah Suseno.; Pengaruh Komunikasi Interpersonal dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen.; Jurnal psikologika Vol. 17 No. 1 Tahun 2012.

Etta Mamang Sangadji, Sopiah,; Metode Penelitian (Perumusan masalah, metode penelitian, dan penulisan laporan penelitian), ANDI Yogyakarta, April 2010.

Ekotama, S., 2015, Pedoman Mudah Menyusun SOP, Yogyakarta: MedPress.

Fandy, Tjiptono. 2011. Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Edisi 2. Yogyakarta: Andi

Ferdiansyah Ahmad, Irmayani, Adriani Kadir.; Pengaruh Sarana Prasarana, Prosedur Penerimaan Pasien, Pelayanan Perawat Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap RSUD Daya Makassar.; Jurnal Keperawatan STIKES Nani Hasanuddin Makassar, Vol. 2 No.1 Tahun 2013.

Ferawaty, Hasmin Tamsah, Ikhsan Kadir,; Pengaruh Imbalan dan Motivasi terhadap kepuasan kerja perawat Badan Layanan Umum (BLU) pada rumah sakit Bhayangkara Makassar. Jurnal Mirai Management, Vol.1 No. 2, Oktober 2016

Fuzna Elsa Ulinuha; Kepuasan Pasien BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Terhadap Pelayanan Di Unit Rawat Jalan (URJ) Rumah Sakit Permata Medika Semarang Tahun 2014

Gufran; Pengaruh Gaya kepemimpinan Kepala Ruangan dan Motivasi Perawat Terhadap Pendokumentasian Keperawatan di RSUD Labuang Baji Makassar.; Tesis Program Studi Pascasarjana STIE AMKOP Makassar, 2018.

Ghozali, Imam, 2013. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS 21. Edisi 7, Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Handoko, R. 2012.; Statistik Kesehatan.; Yogyakarta Penerbit Nuha Medika.

Hariwijaya, M dan Triton, P.B. 2007. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Proposal dan Skripsi. Yogyakarta : Tugu Publisher.

Hariwijaya, M. dan Triton P.B. (2008: 50). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hendra Hadiwijaya (2018) Pengaruh Komunikasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kinerja Perawat Di Rumah Sakit Bhayangkara Palembang, International Journal of Social Science and Business. Volume 2, Number 3, Tahun 2018, pp. 124-131.

Johlke, M. C., & Duhan, D. F. (2000). Supervisor communication practices and service employee job outcomes. Journal of Service Research , 3 (2), 154165.

Kotler, Philip and Kevin Leane Keller 2012. Merketing Management 13. Jilid 1. Jakrta Erlangga.

Ludia Nepe. Sri Mudayati. Susmini.; Hubungan Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Peserta BPJS di Rumah Sakit Umum Daerah Kefamenanu Kabupaten Timor Tengah Utara.; Jurnal Nursing News Volume 2, Nomor 2, 2017

Lovelock, Christopher, Jochen Wirtz, & Jacky Mussry. 2011. Pemasaran Jasa. edisi 7. Erlangga: Jakarta

Muh Agung, Muzakir,Gunawan,; Effect Of Nursing Quality Of Service Facilities and Interest on Patient Satisfaction in the tourism UIT Makassar Hospital. Journal Mirai Management, Volume 1 No. 2, Oktober 2016.

Meutia Dewi,; Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Pengguna BPJS pada Rumah Sakit Rehabilitasi Medik Kabupaten Aceh Timur. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, Vol.5, No.2, November 2016.

Mukhadiono,Widyo Subagyo,; Pengaruh Prosedur Dan Fasilitas Pelayanan Terhadap Kualitas Pelayanan Peserta Programjamkesmas Dipuskesmas I Cilongok. Jurnal Keperawatan Soedirman (The Soedirman Journal of Nursing), Volume6, No.1,Maret 2011

Meila Monika, ; Pengaruh SOP Sebagai Acuan Kerja Perusahaan Terhadap Kualitas Pelayanan (Studi Kasus Pada Provider GraPARI Telkomsel Kudus). e-Jurnal Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia 2016.

Mahendro Prasetyo Kusumo*,; Pengaruh Komunikasi Terapeutik Perawat Terhadap Kepuasan Pasien di Rawat Jalan RSUD Jogja. Jurnal Medicoeticolegal dan Manajemen Rumah Sakit, 6 (1): 72-81, Januari 2017.

Moenir, A.S. 2010. Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. Jakarta : Bumi Aksara.

Mulyana, Deddy. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Cetakan ke 18. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2014.

Mukhadiono,Widyo Subagyo,; Pengaruh Prosedur Dan Fasilitas Pelayanan Terhadap Kualitas Pelayanan Peserta Programjamkesmas Dipuskesmas I Cilongok. Jurnal Keperawatan Soedirman (The Soedirman Journal of Nursing), Volume6, No.1,Maret 2011

Nurjaman, Kadar dan Khaerul Umam. 2012. Komunikasi & Public Relations. Bandung: CV Pustaka Setia.

Octaviani Hardianti,; Pengaruh Komunikasi Interpersonal Customer Service Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Kaltim Syariah Cabang Pembantu Juanda Samarinda. e-Journal lmu Komunikasi, 2016, 4 (3): 237-251 ISSN 2502-597X, ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id

Rosiana Rizal, Muslim Suardi, & Yulihasri.; Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pasien Peserta BPJS Kesehatan sebagai Mediasi terhadap Loyalitas Pasien. Jurnal Sains Farmasi & Klinis | Vol. 03 No. 02 | Mei 2017

Rila Rindi Antina.; Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Peserta BPJS Di Puskesmas Pandian Kabupaten Sumenep. JPAP: Jurnal Penelitian Administrasi Publik. Oktober 2016, Vol. 2 No. 2, hal. 567 – 576

Rois Jajeli.; Pelayanan Tidak Memuaskan BPJS di Jatim Disorot.; Detik News Jatim.,Selasa 13 Juni 2017, 14:03 WIB

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhardjo. 2007. Berbagai Cara Pendidikan Gizi. Jakarta: Bumi Aksara

Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004.; tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) dan,

Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011.; tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

Widiyanto, Joko. 2010. SPSS for Windows Untuk Analisis Data Statistik dan Penelitian. Surakarta: BP-FKIP UMS.

Wade, C dan Tavris, C. 2007.Psikologi Edisi Kesembilan Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Zeithaml, V.A., M.J. Bitner, D.D. Gremler. 2013. Services Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm 6thed. Mc.Graw-Hill. Boston.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v2i2.425

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter