PENGARUH SUPERVISI PENDIDIKAN DAN MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN MELALUI KOMPETENSI GURU DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DI KABUPATEN TAKALAR

SAIN HANAFY, NURSANGA NURSANGA, HASBI HASBI

Sari


 

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh langsung Supervisi Pendidikan dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran terhadap Profesionalisme Guru Sekolah Menengah Kejuruan di Kabupaten Takalar, untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh tidak langsung Supervisi Pendidikan dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran terhadap Profesionalisme Guru melalui Kompetensi Guru Sekolah Menengah Kejuruan di Kabupaten Takalar, untuk mengetahui pengaruh langsung Kompetensi Guru terhadap peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Menengah Kejuruan di Kabupaten Takalar, untuk mengetahui pengaruh secara serempak Supervisi Pendidikan, Musyawarah Guru Mata Pelajaran, dan Kompetensi Guru terhadap peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Menengah Kejuaraan di Kabupaten Takalar.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Supervisi Pendidikan berpengaruh langsung secara positif dalam meningkatkan Profesionalisme Guru Sekolah Menengah Kejuruan di Kabupaten Takalar, 2. Musyawarah Guru Mata Pelajaran berpengaruh langsung secara positif dalam meningkatkan Profesionalisme Guru Sekolah Menengah Kejuruan di Kabupaten Takalar, 3. Supervisi Pendidikan berpengaruh tidak langsung secara positif dalam meningkatkan Profesionalisme Guru dengan melalui variabel intervening Kompetensi Guru Sekolah Menengah Kejuruan di Kabupaten Takalar, 4. Musyawarah Guru Mata Pelajaran berpengaruh tidak langsung secara positif dalam meningkatkan Profesionalisme Guru dengan melalui variabel intervening Kompetensi Guru Sekolah Menengah Kejuruan di Kabupaten Takalar, 5. Kompetensi Guru berpengaruh langsung secara positif dalam meningkatkan Profesionalisme Guru Sekolah Menengah Kejuruan di Kabupaten Takalar, 6. Supervisi Pendidikan, Musyawarah Guru Mata Pelajaran dan Kompetensi Guru berpengaruh serempak secara positif dalam meningkatkan Profesionalisme Guru Sekolah Menengah Kejuruan di Kabupaten Takalar.

 

Kata kunci : “Supervisi Pendidikan, Musyawarah Guru Mata Pelajaran, Kompetensi Guru, Profesionalisme Guru”.

 

ABSTRACT

The purpose of this study was to find out and analyze the direct influence of Supervision of Education and Gathering of Subject Teachers on the Professionalism of Vocational High School Teachers in Takalar Regency, to find out and analyze the indirect influence of Supervision of Education and Gathering of Subject Teachers on Teacher Professionalism through Competence of Vocational High School Teachers in Takalar Regency, to find out the simultaneous influence of Supervision of Education, Gathering of Subject Teachers, and Teacher Competencies in increasing Professionalism of Vocational High School teachers in Takalar Regency.

The results of this study indicate that 1. Supervision of Education has a positively direct influence in increasing the Professionalism of Vocational High School teachers in Takalar Regency, 2 Gathering of Subject Teachers has a positively direct influence in increasing the Professionalism of Vocational High School teachers in Takalar Regency, 3. Supervision of Education has a positively Indirect influence in increasing Teacher Professionalism through intervening variable of Competence of Vocational High School Teachers in Takalar Regency, 4. Gathering of Subject Teachers has a positively indirect influence in increasing Teacher Professionalism through intervening variable of Competence of Vocational High School Teachers in Takalar Regency, 5. Teacher Competence has a positively direct influence in increasing the Teacher Professionalism, 6. Supervision of Education, Gathering of Subject Teachers, and Teacher Competencies have a positively simultaneous influence in increasing the Professionalism of Vocational High School Teachers in Takalar Regency.

 

Keywords: “Supervision of Education, Gathering of Subject Teachers, Teacher Competence, Teacher Professionalism”.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Achmad, A. 2004. Pemberdayaan MGMP: Sebuah Keniscayaan. Bandung. Artikel Pendidikan Network. html.

Aedi, N. Dr. M.Pd. 2016. Manajemen Pendidik & Tenaga Pendidikan. Yogyakarta: Gosyen Publishing. .

Ametembun, N.A. 2007. Supervisi Pendidikan Disusun Secara Berprogram, Bandung: Suri

Anonim. 2015. List of Country by Human Development Index. Diakses dari https://en.wikipedia.org/wiki/List_of_countries_by_Human Development Index.

Arikunto, S. 2004. Dasar-Dasar Supervisi. Jakarta: Rineka Cipta

-------------. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asf, J & Mustofa, S. 2013. Supervisi Pendidikan: Terobosan Baru dalam Peningkatan Kinerja Pengawas Sekolah dan Guru. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Azizah, H. 2012. Peran Manajemen MGMP dalam meningkatkan profesionalitas Guru PAI di Kota Semarang. Tesis, PPs IAIN Walisongo Semarang

Bafadal, I. 2009. Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar dalam Kerangka Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Basir, A. 2018. Daftar Peraih Nilai Tertinggi Ujian Nasional 2018 SMA dan SMK di Sulsel. Rakyatku.Com-Edukasi, diakses 12 Januari 2019.

Brown, H. D. 2001. Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy. Addison Wesley Longman, Inc., New York: xiv + 400 hal.

Dadang, S. 2010, Supervisi Pofesional, Bandung: Alfabeta

Depdiknas. 2004. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama dan Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

-------------. 2004. Pedoman Musyawarah Guru Mata Pelajaran. Jakarta: Direktorat Profesi Pendidik.

Direktorat Pembinaan SMA. 2017. Panduan Supervisi Akademik. Jakarta: Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidkan dan Kebudayaan, iii + 31 hal

Direktorat Pendidikan Agama Islam Ditjen Pendidkan Islam Kementerian Agama RI. 2015. Pedoman Penyelenggaraan Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Kejuruan (MGMP PAI-SMK). Jakarta: vi + 156

Dirjen PMPTK. 2010. Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan KKG dan MGMP. Jakarta: Dirjen PMPTK

Fathurrohman, P & Suryana, A. 2011. Supervisi Pendidikan dalam Pengembangan Proses Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Hadi, S. 2004. Statistika Jilid 2. Yogyakarta: Andi Offset

Hadis, A & Nurhayati. 2010. Manajemen Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Hamzah. 2007. Profesi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Herabudin. 2009. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Kementerian Hukum dan HAM RI. 2005. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen serta Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang SISDIKNAS. Bandung. Penerbit Citra Umbara: ii + 267

Kementerian Negara Sekretaris Negara Republik Indonesia. 1999. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 1999 Tentang Pemerintah Daerah. www.djpk.kemenkeu.go.id/?p=339, diakses 3 Juli 2019.

Ki Supriyoko. 2018. Beban Guru. Opini SKH Kompas, Rabu 6 Juni 2018, h. 6

Makawimbang, J.H. 2011. Supervisi dan Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Mangkoesapoetra, A. 2004. Memberdayakan MGMP: Sebuah Keniscayaan [Online]. tersedia://http://www.artikel.us/art05-14.html. [diakses 20 Maret 2019].

Manullang. 2005. Manajemen Sumber daya Manusia. Jakarta: Grasindo

Marselus R. P. 2011. Sertifikasi Profesi Guru: Konsep Dasar, Problematika dan implementasinya, Jakarta: PT.Indeks.

Martamis, Y & Maisah. 2010. Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: Gaung Persada.

Martiningsih, T. 2008. Pengaruh Supervisi Akademik dan Partisipasi Guru dalam KKG terhadap Kompetensi Profesional Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Pekalongan Utara Kab. Pekalongan. Tesis. PPs Universitas Negeri Semarang.

Maryono. 2013. Dasar-Dasar & Teknik Menjadi Supervisor Pendidikan. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Mulyasa, E. 2005. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

-------------. 2013. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mukhtar & Iskandar. 2009. Orientasi Baru Supervisi Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada.

Munandar, U. 2002. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Munawwarah, Hj. 2012. Pengaruh Profesio-nalisme Guru terha-dap Hasil Belajar Siswa di MTs Negeri Pangkajene Kab. Sidenreng Rappang. Tesis. PPs UIN Alauddin Makassar

Musfah, J. Peningkatan Kompetensi Guru: Melalaui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktik, Jakarta: Kencana

Nara, N. 2018. Jalan Terjal Mencetak Guru yang Mumpuni. Opini SKH Kompas, Senin 12 Maret, 2018, h. 12

Nasri, Hasdin. 2018. Pengaruh Kompetensi, Gaya Kepemimpinan dan Pelatihan, Terhadap Kinerja Aparatur Sipil Negara se Kecamatan Binamu Kabupaten Jeneponto. Jurnal Manajemen Mirai. STIE Amkop. Makassar.

Nawawi, H. 2006. Evaluasi dan Manajemen Kinerja di Lingkungan Perusahaan dan Indiustri. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Neagly, R. I. & Evans, N. D. 1980. Handbook for Effective Supervision of Instruction. Eng Leys Wood Cliff. New Jersey.: Prentice-Hall.inc.

Nurliah, G. 2016. Pengaruh Motivasi Kerja dan Budaya Sekolah Terhadap Kompetensi Guru Madrasah di Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Jurnal Manajemen Mirai. STIE Amkop. Makassar.

Payong, M.R. 2011. Sertifikasi Profesi Guru: Konsep Dasar, Problematika, dan Implementasinya, Jakarta: PT.Indeks

Peraturan Pemerintah RI No. 19 Tahun 2005 Tentang Standar Pendidikan Nasional

Irwan, I., Munir, A. R., & Ilyas, G. B. (2017). Pengaruh Disiplin Kerja, Pengembangan Karir dan Kompensasi terhadap Kinerja Karyawan Permata Bank Makassar. Jurnal Mirai Management, 2(2), 295-306.

Permendiknas No 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi dan Kompetensi Guru.

Pidarta. M 1992. Pemikiran tentang Supervisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Ghalib, N., & Gunawan, B. I. (2016). Pengaruh Motivasi Kerja dan Budaya Sekolah terhadap Kompetensi Guru Madrasah di Kecamatan Somba Opu Kabupaten G. Jurnal Mirai Management, 1(1), 42-49.

--------------- . 2009. Supevisi Pendidikan Kontekstual, Jakarta: Rineka Cipta

Phopam, W. J. & Baker. E. L. 2001. Teknik Mengajar Secara Sistematis. Terj. Jakarta: Rineka Cipta

Poedjinoegroho. 2006. Guru Profesional, Adakah?. Kompas 5 Januari 2006, Kolom 7.

Syah, A., Mattalatta, M., & Ilyas, G. B. (2017). Pengaruh Budaya Organisasi, Mutasi, Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil Pada Kantor Distrik Navigasi Kelas I Makassar. Jurnal Mirai Management, 2(2), 215-230.

Prasojo, L.D & Sudiyono. 2011 Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media.

Priansa, D. J. tt. Manajemen Supervisi & Kepemimpinan Kepala Sekolah, Bandung: Alfabeta.

Rahman, A., Ilyas, G. B., & Tamsa, H. (2017). PENGARUH MOTIVASI, KEPUASAN KERJA, DAN PENGEMBANGAN KARIR TERHADAP KINERJA PEGAWAI BAGIAN PERLENGKAPAN SEKRETARIAT DAERAH KOTA MAKASSAR. Jurnal Mirai Management, 2(2), 231-245.

Priatna, N & Sukamto, T. 2013. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Purwanto, N. 2010. Administrasi dan Supervisi Pendidikan Bandung: PT Remaja Rosdakarya

----------------. 2012. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Pusat Pengembangan tenaga kependidikan. 2011. Supervisi Akademik: Supplemen Materi Pelatihan Kemampuan Kepala Sekolah. Jakarta: Badan Pengembangan SDM Pendidikan dan Penjamina Mutu Pendidikan kementerian Pendidikan Nasional

Radial. 2019. Efektivitas MGMP PAI Sekolah Menengah Kejuruan dalam Meningkatkan Profesioanlisme Guru Pendidikan Agama Islam di Kota Binjai. Tesis. PPs UIN Medan Sumatera Utara

Tamsah, H., Ilyas, G. B., Nur, Y., & Farida, U. The Resilience of Poor Families and Their Effects on Poverty: A Grounded Research Approach.

Rifai. 1986. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Jemmars.

Sagala. 2011. Kemampuan Profesi Guru dan Tenaga Kependidikan, Bandung: Alfabeta.

Sahertian, P.A. 2008. Konsep Dasar dan Tehnik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Mengembangkan SDM, Jakarta: Rineka Cipta.

Sidi. I. J. 2005. Dari ITB Untuk Pembaruan Pendidikan. Jakarta Selatan: Teraju

Situmorang, J.B. & Winarno. 2018. Pendidikan Profesi dan Sertifikasi Pendidik, Klaten: Macanan Jaya Cemerlang

Sopyana, M. 2015, Efektivitas Kinerja Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Ekonomi SMA Di Kabupaten Boyolali, journal.uny.ac.id.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Nasri, H., Tamsah, H., & Firman, A. (2018). Pengaruh Kompetensi, Gaya Kepemimpinan, dan Pelatihan, terhadap Kinerja Aparatur Sipil Negara Sekecamatan Binamu Kabupaten Jeneponto. Jurnal Mirai Management, 3(1), 103-120.

Suhardan, D. 2010. Supervisi Profesional, Bandung: Alfabeta.

Tamsah, H. (2018). ANALISIS PENGARUH KEPEMIMPINAN, MOTIVASI KERJA, DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA PERSONIL LANTAMAL VI MAKASSAR. YUME: Journal of Management, 1(3).

Sujarweni, V.W. 2014. SPSS Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sukardi. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta; Bumi Aksara.

Sani, H. A. S. R. I. A. N. A., Tasmsah, H., & Munir, A. R. (2017). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR DISTRIK NAVIGASI KELAS I MAKASSAR. Jurnal Mirai Management, 2(2), 270-282.

Sukirman, H. dkk. tt. Adminstrasi dan Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: UNY.

Sumarni. 2017. Pengaruh Supervisi Akademik Pengawas Sekolah, Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri se-Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Jurnal Manajemen Mirai. STIE Amkop. Makassar.

Suprihatiningrum, J. 2014. Guru Profesional: Pedoman Kinerja, Kualifikasi & Kompetensi Guru, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Suroso, S. 2015. Pengaruh Supervisi Akademik, Pendidikan dan Pelatihan, Kompetensi Profesional terhadap Kinerja Guru melalui Motivasi Kerja Guru di SMP Kota Pekalongan. Tesis. PPs Universitas Negeri Semarang

Suryosubroto. 2004. Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Susanto, Budi. 2018. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Iklim Sekolah dan Kompetensi Guru terhadap Mutu Pendidikan di MTS Kabupaten Jeneponto. Jurnal Manajemen Yume. STIE Amkop. Makassar.

Suwignyo, A. 2018. Tantangan Pendidikan Kita. Opini SKH Kompas, Rabu 2 Mei 2018, h. 6

Suyanto & Jihad, A. 2013. Menjadi Guru Profesional: Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Globalisasi, Jakarta: Erlangga,

Syamsir. 2016. Pengaruh Profesionalisme, Kredibilitas, Responsif, dan Tim Work Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Gowa. Jurnal Manajemen Mirai. STIE Amkop. Makassar.

Trianto. 2010. Pengantar Penelitian Pendidikan bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Kencana.

Wahyudi, I. 2012. Panduan Lengkap Uji Sertifikasi Guru. Jakarta: PT.Prestasi Pustakarya, hlm.22

Wahyuningsih, S. 2017. Pengaruh Supervisi Pendidikan Terhadap Kemampuan Profesionalisme Guru dan Implikasinya Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah Negeri se Kabupaten Banyumas. Repository. IAIN. Purwokerto

Wijono. 1989. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Winarsih. A. 2012. Peningkatan Profesionalisme Guru IPA Melalui Lesson Study dalam Pengembangan Model Pembelajaran PBI. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. Universitas Negeri Semarang.

Yamin, M & Maisah. 2010. Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: Gaung Persada.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v2i3.451

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter