PENGARUH SEKOLAH LAPANG (SL) TERHADAP PENINGKATAN PRODUKTIVITAS PETANI PERKEBUNAN DI KABUPATEN BULUKUMBA

Andi Sandy, Baharuddin Dammar, Mansur Azis

Sari


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sekolah lapang terhadap peningkatan produktivitas petani perkebunan di Kabupaten Bulukumba.

 

Pengumpulan data primer dalam penelitian ini menggunakan teknik angket atau kuisioner. Pernyataan yang digunakan dapat dinyatakan valid apabila korelasinya (r) melebihi 0,3. Pengujian Cronbach Alpha digunakan untuk menguji tingkat keandalan (reliability) dari masing-masing variabel. Apabila nilai cronbach alpha semakin mendekati 1 mengindentifikasi bahwa semakin tinggi pula konsistensi reliabilitasnya. Analisis data dilakukan menggunakan SPSS 22 dengan analisis regresi secara bertingkat. Syarat ini digunakan untuk menentukan korelasi antara variabel bebas, yakni sekolah lapang (X) terhadap Produktvitas Petani (Z) yang dimediasi oleh variabel motivasi (Y1) dan keterampilan (Y2) Penelitian ini dilaksanakan pada Kabupaten Bulukumba selama 3 bulan. Adapun sumber data dalam penelitian ini yaitu berupa data sekunder yang bersumber dari informasi pada obyek penelitian, jurnal-jurnal ilmiah dan buku-buku yang berkaitan dengan obyek penelitian dan data primer diperoleh secara langsung dari responden atau yang menjadi sampel dalam penelitian ini. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis jalur.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Sekolah lapang berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi petani perkebunan di Kabupaten Bulukumba; 2) Seolah lapang berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterampilan petani perkebunan di Kabupaten Bulukumba; 3) Sekolah lapang berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas petani perkebunan di Kabupaten Bulukumba; 4) Motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas petani perkebunan di Kabupaten Bulukumba; 5) Keterampilan berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas petani perkebunan di Kabupaten Bulukumba; 6) Sekolah lapang berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas petani perkebunan melalui motivasi di Kabupaten Bulukumba; dan 7) Sekolah lapang berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap produktivitas petani perkebunan melalui keterampilan di Kabupaten Bulukumba. 

Kata Kunci  : Sekolah Lapang, Motivasi, Keterampilan, Produktivitas Petani.

 

ABSTRACT

This study aims to analyze the influence of field schools on increasing productivity of plantation farmers in Bulukumba Regency.

Primary data collection in this study uses questionnaire techniques or questionnaires. The statement used can be declared valid if the correlation (r) exceeds 0.3. Cronbach Alpha testing is used to test the reliability of each variable. If the cronbach alpha value is getting closer to 1, it is identified that the higher the consistency of reliability. Data analysis was performed using SPSS 22 with multilevel regression analysis. This condition is used to determine the correlation between the independent variables, namely the field school (X) on Farmer Productivity (Z) which is mediated by motivation variables (Y1) and skills (Y2). This study was conducted in Bulukumba District for 3 months. The sources of data in this study are secondary data sourced from information on research objects, scientific journals and books related to research objects and primary data obtained directly from respondents or who were sampled in this study. Data analysis in this study used path analysis.

The results showed that: 1) Field schools had a positive and significant effect on the motivation of plantation farmers in Bulukumba Regency; 2) As if the field has a positive and significant effect on the skills of plantation farmers in Bulukumba Regency; 3) Field schools have a positive and significant effect on the productivity of plantation farmers in Bulukumba Regency; 4) Motivation has a positive and significant effect on the productivity of plantation farmers in Bulukumba Regency; 5) Skills have a positive and significant effect on the productivity of plantation farmers in Bulukumba Regency; 6) Field schools have a positive and significant effect on the productivity of plantation farmers through motivation in Bulukumba Regency; and 7) Field schools have a positive but not significant effect on the productivity of plantation farmers through skills in Bulukumba Regency.

Keywords: Field Schools, Motivation, Skills, Farmer Productivity.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Antartika, R. A. 2015. Identifikasi Kemampuan Komunikasi Tenaga Marketing Dan Dampaknya Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada Pt X Kiaracondong Bandung) (Doctoral dissertation, Universitas Widyatama).

Amirullah. 2003. Alat Evaluasi Keterampilan: Jurnal Nasional Pendidikan Jasmani dan Ilmu Keolahragaan. Jakarta: Depdiknas.

Aisyah, S., & Dinar, D. (2016). Peranan Penyuluhan Pertanian Terhadap Penerapan Sistem Tanam Jajar Legowo. Agrivet Journal, 4(2).

Amung Ma’mun, Yudha M Saputra.(2000). Perkembangan Gerak dan Belajar Gerak. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah.

Effendy, Muhammad Shofwan, 2015. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produktifitas Usahatani Buah Naga (Studi Kasus di Desa Kemuning Lor Kecamatan Patrang Kabupaten Jember). Artikel Ilmiah Mahasiswa, Univeresitas Jember.

Hasibuan, Malayu S.P. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Hernalius, L. A., Sumardjo, S., & Hamzah, H. (2018). Pengaruh Penyuluhan Pertanian terhadap Tingkat Produktivitas Padi Sawah. Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat [JSKPM], 2(3), 279-288.

Husin, Sofyan, 2009. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Produktivitas Usahatani dan Pengaruhnya terhadap Kepuasan Petani (Studi Kasus Bumdes PT Agropotombuluh di Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo). Fakultas Ekonomi Program Magister Perencanaan & Kebijakan Publik.

Ihsaniyati, H., & Utami, M. M. D. B. W., 2016. Motivasi Petani Berusahatani Padi (Kasus di Desa Gunung Kecamatan Simo Kabupaten Boyolali). Agrista: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agribisnis UNS, 4(3).

Lampe, M. (2016). ‘Sekolah Lapang Petani’: Membangun Komitmen, Disiplin dan Kretivitas Petani Melalui SLP-PHT. ETNOSIA: Jurnal Etnografi Indonesia, 1(1).

Mangkunegara, A.A Anwar Prabu. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mar, 2019. SL PTT. http:/www.IT Koran Sore Wawasan.com. Diakses 2 Maret.

Mubyarto. 2003. Pengantar Ekonomi Pertanian Edisi Ketiga. LP3ES. Jakarta.

Oktiwanti, L. (2016). Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Keberdayaan Anggota Gabungan Kelompok Tani pada Sekolah Lapang. Jurnal VISI PPTK-PAUDNI, 11(1), 49-56.

Pramono, T. 2005. Saatnya Menerapkan Kebijakan Kedaulatan Pangan (Memperingati Hari Pangan Sedunia 16 Oktober). http://www.fspi.or.id/index.php?option=com_content&task=view&id=43Itemid=38. [7 Januari 2019].

Ramadoan, S., & Masud, M. (2017). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Produktivitas Kelompok Peternak Ayam Kampung Unggul BALITNAK (KUB) (Studi Pada Kelompok Peternak Ns Makapori Di Kelurahan Jatiwangi Kota Bima). Jurnal Administrasi Negara, 14(3).




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v2i3.452

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter