PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, IKLIM SEKOLAH DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP MUTU PENDIDIKAN DI MTS KABUPATEN JENEPONTO
Sari
ABSTRAK
Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah MTS se-Kecamatan Tarowang Kabupaten Jeneponto mulai Desember 2017 - Februari 2018. Populasi penelitian ini adalah guru MTS se- Kecamatan Tarowang Kabupaten Jeneponto yang berjumlah 80 orang , melalui rumus Slovin diperoleh sampel sebanyak 66 orang. Teknik penarikan sampel dengan menggunakan teknik Probability Sampling tepatnya simple random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode survey jenis expost facto dengan membagikan kuesioner (angket) kepada guru yang telah teruji validitas realibilitasnya sesuai dengan penelitian yang dilakukan. Analisis data yang digunakan dengan menggunakan analisis deskriptif , Uji T-Test dan Uji F-Test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap mutu pendidikan di sekolah MTS se- Kecamatan Tarowang Kabupaten Jeneponto. (2) Iklim sekolah berpengaruh dan signifikan secara parsial terhadap mutu pendidikan di sekolah MTS se-Kecamatan Tarowang Kabupaten Jeneponto. (3). Kompetensi guru berpengaruh dan signifikan secara parsial terhadap mutu pendidikan di sekolah MTS se-Kecamatan Tarowang Kabupaten Jeneponto. (4) Kepemimpinan kepala sekolah, Iklim sekolah dan Kompetensi guru berpengaruh dan signifikan secara simultan terhadap mutu pendidikan di sekolah MTS se-Kecamatan Tarowang Kabupaten Jeneponto.
Kata kunci : Kepemimpinan Kepala Sekolah, Iklim Sekolah, Kompetensi Guru, Mutu Pendidikan.
ABSTRACT
This research was conducted at MTSschool in Tarowang sub-district of Jeneponto regency from Desember 2017 to Februari 2018. The population of this research was MTS teacher in Tarowang district Jeneponto regency which amounted to 80 people. Through Slovin formula obtained by 66 samples.Sampling technique using probability sampling technique precisely simple random sampling. Data collection method used is expost facto survey method by distributing questionnaire (questionnaire) to the teacher who has been tested validity of its realibility according to research conducted. Data analysis used by using descriptive analysis, T-test and F-test
The research results show that (1) The leadership of the principal has a positive and partially significant effect on the quality of education at the MTS school in sub-district Tarowang Jeneponto regency.(2) The school climate is influential and partially significant to the quality of education in MTS schools in sub-districts Tarowang Jeneponto regency.( 3 ) Teacher competencies is influential and significant to the quality of education at MTS school in sub- district Tarowang Jeneponto regency.( 4 ) school head leadership school climate and teacher competencies influential and significant simultaneously on the quality of education in MTS schools in sub-districts Tarowang Jeneponto regency.
Keyword: school head leadership school climate teacher competencies, the quality of education
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Arikunto, Suharsimi. 2008. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara: Jakarta.
Badan Nasional Standar Pendidikan (BNSP) Tahun 2006 tentan Kompetensi Profesional
Baedhowi.2006. Tantangan Peningkatan Profesionalisme Tenaga Pendidik padaEra Undang-Undang Guru dan Dosen.Jurnal Pendidikan dan Kebudayaaan Nomor 059, Maret 2006
Danim. 2008. Kinerja Staf dan Organisasi,Jakarta : CV. Pustaka Setia.
Daryanto. 2011. Media Pembelajaran. Bandung:Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Depdiknas.2003. Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Depdiknas. 2005. Undang-undang Rebuplik Indonesia No.14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.
C.Lynn.Vendien.2005. Physical Edication Teacher EdivationTeacher Edivation.NewYork:ChichesterBrisbone Toronto Singapore
Education for All Global Monitoring Report (EF), UNDP. 2005
Gunbayi, Ilhan. 2007. School Climate and Teachers’ Perceptions Climate Factors:Research Into Nine Urban High Schools. The Turkish Journalof Educational Technology (TOJET).(Online). http://www.eric.ed.gov. Diakses tanggal 10 Nopember 2017.
Hoer, Thomas R. 2005.Buku Kerja Multiple Intellegences: Pengalaman New CitySchool di St. Louis, Missouri, As, Dalam Menghargai Aneka KecerdasanAnak.Bandung: Mizann Media Utama
Hoy, Wayne K. &Miskel, Cecil G. 2008. Education Administration. New York
Husaini Usman. 2008.Manajemen, teori,prkatik,dan riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Isjoni. 2006. Pendidikan sebagai Investasi Masa Depan, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia
Komariah, Aan. 2005. Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif, Jakarta: PT Bumi Aksara
Kunandar. 2007. Guru Profesional. Yogyakarta. Rajawali Pres
Maslikhah. 2007.QuoVadis,.Pendidikan Multikultur; Rekonstruksi Sistem Pendidikan Berbasis Kebangsaan. Salatiga: STAIN Salatiga Press, 0027
Mulyasa.2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru.Bandung : Remaja Rosdakarya
Musbikin& Imam.2013. Menjadi Kepala Sekolah Yang Hebat.PekanbaruRiau :Zanafa Publishing
Rivai, V dan Sylvyana Murni. 2009. Education Management : Analisis Teori dan Praktik. Ed.1. Jakarta : Rajawali Pers
Rohiat. 2010. Manajemen Sekolah (Teori Dasar dan Praktik dilengkapi dengan contoh Rencana Strategik dan Operasional). Bandung: RefikaAditama.
Sabri, Alisuf H.M. 2005. Pengantar Ilmu Pendidikan, Jakarta: UIN Jakarta Press
Sagala, Syaiful. 2009. Kemampuan Profesional Guru dan Tenega Kependidikan. Bandung: Alfabeta
Sallis , Edward. 2010 Total Quality Management in Education, Manajemen Pendidikan.Cetakan ke.XI.Yogyakarta :IRCiSoD.
Sidi, Indra. 2001 Menuju Masyarakat Belajar; Menggagas Paradigma Baru
Pendidikan. Jakarta: Logos Wacana Ilmu
Sugiono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantittif, Kualitatif,danRnd. Bandung: Alfabeta
SoewardjiLazaruth. 1992. Kepala Sekolah dan Tanggungjawab. Yogyakarta: Kanisius.
Sudrajat.2007. Pendekatan Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: Penebar Swadaya
Sudjana. 2007. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jaakrta: Raja Gravindo Persada
Sulistyorini.2000. Keterampilan Menejerial Kepala Sekolah dan IklimOrganisasi sekolah dalam Hubungannya dengan Kinerja Guru Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Mojokerto.Tesis Mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.
Supardi. 2010. Kinerja Guru. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Suparlan. 2006. Guru sebagai Profesi. Yogyakarta: Hikayat Publishing
Surya .2004.Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran.Bandung: Pustaka Bani Quraisy.
Umiarso& Imam, Gojali . 2010. Manajemen Mutu Sekolah di Era Otonomi Pendidikan ‘’ Menjual Mutu Pendidikan dengan Pendekatan Quality Control bagi Pelaku Lembaga pendidikan. Cetakan ke 1.Yogyakarta :IRCiSod.
Usman, MU. 2009. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Ramaja Rosdakarya.
UwesSanusi. 2009. Manajemen Pengebangan Mutu Dosen. Jakarta: Logos
Wacana Ilmu
Wahdjosumidjo.2003. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Tinjauan teoritik dan Permasalahannya: Jakarta: Raja Grafindo.
Harudi, N., Tamsah, H., & Gunawan, B. I. (2016). PENGARUH MOTIVASI, DISIPLIN DAN KOMPETENSI TERHADAP PRESTASI KERJA PEGAWAI BAGIAN UMUM SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN SOPPENG. Jurnal Mirai Management, 1(1), 104-118.
Yusuf, M., Tamsah, H., & Ilyas, G. B. (2018). Pengaruh Kompetensi, Motivasi dan Lingkungan Kerja terhadap Tingkat Keakuratan Data Retribusi Pada Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Soppeng. Jurnal Mirai Management, 3(1), 249-265.
Tamsah, H., Ilyas, G. B., Nur, Y., & Farida, U. The Resilience of Poor Families and Their Effects on Poverty: A Grounded Research Approach.
Wahid, A., Dammar, B., & Ilyas, G. B. (2018). Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Pegawai Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Takalar. YUME: Journal of Management, 1(2).
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v2i3.460
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional