PENGARUH DIKLAT, INSENTIF, DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PEGAWAI KESYAHBANDARAN UTAMA MAKASSAR

Muliana Muliana, Baharuddin Dammar, Budiman Budiman

Sari


ABSTRAK

 

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk menganalisis pengaruh diklat terhadap kualitas pelayanan pegawai Kesyahbandaran Utama Makassar. (2) Untuk menganalisis pengaruh insentif terhadap kualitas pelayanan pegawai Kesyahbandaran Utama Makassar. (3) Untuk menganalisis pengaruh kepuasan kerja terhadap kualitas pelayanan pegawai Kesyahbandaran Utama Makassar. (4) Untuk menganalisis pengaruh diklat, insentif, dan kepuasan kerja secara simultan terhadap kualitas pelayanan pegawai Kesyahbandaran Utama Makassar

Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survei tempat. Penelitian ini dilaksanakan pada Kantor Kesyahbandaran Utama Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan (pelaut) pada Kantor Kesyahbandaran Utama Makassar dengan total sampel sebanyak 100 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda dengan software SPSS.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Diklat berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan pegawai Kesyahbandaran Utama Makassar. (2) Insentif berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan pegawai Kesyahbandaran Utama Makassar. (3) Kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan pegawai Kesyahbandaran Utama Makassar. (4) Diklat, Insentif, dan Kepuasan Kerja secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan pegawai Kesyahbandaran Utama Makassar

Kata Kunci: Diklat, Insentif, Kepuasan Kerja, Kualitas Pelayanan  

 

 

ABSTRACT

The objectives of this study are: (1) To analyze the effect of education and training on the quality of service for Makassar Kesyahbandaran Main employees. (2) To analyze the effect of incentives on the quality of service for Makassar Kesyahbandaran Main employees. (3) To analyze the effect of job satisfaction on the quality of service for Makassar Kesyahbandaran Main employees. (4) To analyze the effect of education and training, incentives, and job satisfaction simultaniously on the quality of service for Makassar Kesyahbandaran Main employees.

The method used is quantitative with a place survey approach. This research was conducted at the Makassar Main Kesyahbandaran Office. The population in this study were all customers (seafarers) in the Makassar Main Kesyahbandaran Office with a total sample of 100 people. The data analysis technique used in this study is mutiple regression analysis with SPSS.

The results of the study showed that: (1) Diklat had a positive and significant effect on the quality of service for the Kesyahbandaran Utama Makassar employees. (2) Incentives have a positive and significant effect on the quality of service for the Kesyahbandaran Utama Makassar employees. (3) Job satisfaction has a positive and significant effect on the quality of service for the Kesyahbandaran Utama Makassar employees. (4) Diklat, Incentives, and Job Satisfaction have a positive and significant effect on the quality of service for the Kesyahbandaran Utama Makassar employees.

Keywords: Training, Incentives, Job Satisfaction, Service Quality

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdillah, M.F. 2015. Peningkatan Kualitas Layanan Melalui Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di PT. Astra International Tbk.-Honda Yogyakarta. Artikel Ilmiah.

Aini, D.N., dan Iftitah, I.N. 2015. Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Banyuputih Kabupaten Situbondo. Jurnal Action 10 (1).

Aji, B. (2017). Pengaruh Komitmen Organisasional, Kepuasan Kerja, Dan Budaya Organisasi Terhadap Kualitas Layanan (Studi Kasus Karyawan PT Kereta Api Indonesia Daop VI Yogyakarta). Prodi Manajemen 2017.

Bangun, Wilson, (2012). “Manajemen Sumber Daya Manusia”. Jakarta: Erlangga

Basir, M. A. (2016). Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan, Motivasi Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Baubau. Jurnal Ilmu Pemerintahan: Kajian Ilmu Pemerintahan dan Politik Daerah, 1(1), 86-106.

Fachmi, M., Setiawan, I. P., & Hidayat, A. (2019). Analysis of Factors Affecting Consumer Purchase Decision at Online Shops.

Gomes, Faustino Cardoso. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Andi Offset.

Gunawan, G., & Fachmi, M. (2016). PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PRODUK BEASISWA PADA ASURANSI JIWA BERSAMA BUMIPUTERA 1912 CABANG KENDARI. Jurnal BISNIS & KEWIRAUSAHAAN, 5(1).

Haris, H. (2017). Pengaruh Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi Terhadap Kualitas Layanan di PT. Asuransi Jasindo (Persero) Kantor Cabang Korporasi dan Ritel Bandung. Jurnal Manajemen Dayasaing, 19(2), 135-151.

Hasibuan, Malayu. 2005. Manajemen sumber Daya Manusia. edisi revisi. Jakarta: Bumi Aksara

Hasibuan, Malayu S.P., (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara, Jakarta.

Hendrik, R., Tulusan, F., & Rompas, S. (2016). Pengaruh Kompensasi Terhadap Kualitas Pelayanan Publuk (Suatu Studi Di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Halmahera Utara). JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK, 1(36).

Langingi, E., Pangkey, M., & Londa, V. (2018). Pengaruh Kompensasi terhadap Kualitas Pelayanan Publik pada Pemerintahan Kecamatan Ratahan Kabupaten Minahasa Tenggara. JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK, 4(60).

Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa, Salemba Empat, Jakarta.

Mangkunegara, Anwar P. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Masheriza dan Andri, S. 2014. Kemampuan Kerja, Insentif, dan Kualitas Pelayanan. Jurnal Administrasi Pembangunan, 2(3), 265-270

Mondy, R. Wayne, 2008. Manajement Sumberdaya Manusia, Jilid 1 Edisi 10. Erlangga, Jakarta

Putra, D. G., Pratiwi R. N., dan Trisnawati. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Blitar). Jurnal Administrasi Publik, 3(12), 2118-2122.

Rezha, F. (2013). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi Tentang Pelayanan Perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) Di Kota Depok). Jurnal Administrasi Publik, 1(5), 981-990.

Sirait, Justine T. 2006. Memahami Aspek-aspek Pengelolaan Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi. Jakarta: Grasindo

Sukotjo, H. (2011). Pengaruh Kepuasan Kerja terhadap Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan pada Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Jawa Timur. Jurnal Aplikasi Manajemen, 9(2), 650-658.

Tjiptono, Fandi. 2014. Pemasaran Jasa, Andi: Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v2i3.497

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter