PERSPEKTIF BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KULITAS LAYANAN ADMINISTRASI PENDIDIKAN

YANTI NURDIYANTI

Sari


 

Kualitas pelayanan administrasi pendidikan menjadi salah satu masalah yang sering dipersepsikan sebagai penyumbang pada lemahnya kualitas pendidikan. Proses pelayanan yang terlalu berbelit-belit, waktu penyelesaian yang lama sampai buruknya pelayanan administrator. Dan fokus perbaikan kualitas pelayanan administrasi biasanya hanya pada perbaikan kualitas administrator sebagai ujung tombang dari performa suatu layanan administrasi pendidikan. Administrator sebagai eksekutor pelayanan administrasi pendidikan merupakan hasil interaksi dari manajemen tingkat atas, menengah, sampai bawah sehingga tidak bisa dilepaskan dari pengaruh interaksi sosial, iklim kerja yang terhimpun dalam bentuk budaya organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang hubungan budaya organisasi dengan kualitas pelayanan administrasi pendidikan dengan menggunakan metode Library Researce. Hasil analisis menunjukan bahwa budaya organisasi memberikan intervensi terhadap kualitas layanan administrasi Pendidikan, sehingga hasil penelitian ini memberikan konsep perbaikan kualitas layanan administrasi tidak hanya dari perbaikan kualitas sumber daya administratornya tetapi juga dari unsur-unsur lain dalam organisasi.

Kata kunci: Administrasi Pendidikan, Budaya Organisasi, Layanan Administrasi Pendidikan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Engkoswara. Komariah, Aan. 2015. Administrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Gibson, J.L, J.M. Ivancevish, et.all. 2009. Organizations Behavior, Structure, Process. Thirteenth Edition. New York: McGraw Hill.

Griffin, R.W & G.Moorhead.1996. Organizational Behavior. Boston: Hought Miffin Company.

Hunsaker,P.L.2002. Training in Management Skill. Upper Sadle River, New Jersey: Prentice Hall.

James, L.R.1991. Quality Management For Project and Programs. Sylva, NC Project Management Institute.

Lunenburg, F.C & A.C. Ornstein.2000. Educational administration Concepts and Practice. Third Edition. Belmont, CA: Wadsworth Thomson Learning.

Owens. R.G. 1991. Organizational Behavior In Education. Fourth Edition. Boston: Allyn and Bacon.P.187

Prihatin, Eka. 2014. Teori Administrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Robbins,S.P.2008. The Truth about Managing People. Second Editiont. Upper Sadle River, New Jersey: Pearson Educational, Inc.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sagala, Syaiful. 2003. Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung: Alfabeta

Stoner, J.A.F&R.E.Freeman.1992.Manajemen.Thirt Edition. Engelewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall International Editions.

Sharma,S.L. 2009. Educational Management. A Unified Approach of Education, New delhi: Global India Publications.

Usman, Husaini. 2013, Manajemen Teori,Praktik dan Riset Pendidikan.Jakarta: Bumi Aksara




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v3i1.545

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter