Pengaruh Kemampuan Guru Dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di SMP Kristen Tomohon

Fian Frets Mamuaja, Joulanda A. M. Rawis, Jeffry Sony Junus Lengkong

Sari


Tujuan penelitian ini adalah melakukan analisis untuk mengetahui permasalahan yang berkaitan dengan pengaruh kompetensi guru terhadap hasil belajar dan pengaruh fasilitas belajar yang tersedia terhadap hasil belajar siswa SMP Kristen Tomohon. Penelitian ini di laksanakan di SMP Kristen Tomohon, Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara. Peneliti menggunakan survei eksploratif kuantitatif yaitu metode pengumpulan data tentang sebab akibat peristiwa atau fenomena melalui sekelompok orang atau unit. Waktu penelitian ini selama 3 bulan ditahun 2023. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII di SMP Kristen Tomohon yang dengan jumlah sampel sebanyak 70 siswa responden. Berdasarkan hasil olah data maka dapat diambil kesimpulan bahwa kompetensi guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Selanjutnya, hasil olah data juga menemukan bahwa fasilitas belajar berpengaruh negatif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Uji pengaruh kedua variabel tersebut menunjukan hasil yang positif dan signifikan yaitu kompetensi guru dan fasilitas belajar bersama-sama dapat mempengaruhi hasil belajar siswa dalam mata Pelajaran bahasa Inggris.

 

Kata Kunci : Kemampuan Guru, Fasilitas Belajar, Prestasi Belajar Siswa, SMP Kristen Tomohon.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A.H Hujair Sanaky. 2009. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safiria Insania Press.

A.M, Sardiman. 2003. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Arikunto, S. 2000. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka

Cipta.

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Aryad, Azhar. 2006. Media Pembelajaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Danim, 2000. Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.

Daryanto. H M (2006). Administrasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka

Djaali. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. 1990. Evalusi Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hurlock, E.B 1993. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta : Erlangga.

Langeveld, M J. 1980. Pedagogik teoritis dan Sistematis. Bandung : Jemmars.

Muhibbin Syah. 2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Nazir, M (2003). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia

Ridwan. 2005. Skala Pengukuran Variabel Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Safari. 2003. Indikator Minat Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Sopiatin, Popi. 2010. Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sudjana, Nana. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : ALFABETA.

Sunarto. (2009). Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar. http: faktor-

faktor-yang-mempengaruhi-hasil-belajar.html. (Diakses 12 April 2023).

Undang Undang Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2003 Tentang Guru dan Dosen.

Bandung: Citra Umbara.

User, Usman. 2005. Menjadi Guru Professional. Bandung: Remaja Rosdakarya

Wahyuningrum (2004) Buku Ajar Manajemen Pendidikan Yogyakarta: FIP UNY.

https: manajemen - fasilitas pendidikan.html. Tanggal akses: 24 April 2023

pukul 05.43

http:indikator-hasil-belajar.html. (Diakses 29 April 2023)




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v6i3.6047

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter