Pengaruh Tingkat Pendapatan Orang Tua Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Sma Negeri 3 Bitung

Jonathan Deske Solang, Deitje A. Katuuk, Marthinus Krowin

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan analisis permasalahan yang berkaitan dengan pengaruh pendapatan orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni sampai dengan Juli tahun 2023 di SMA Negeri 3 Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X (sepuluh) berjumlah 110 siswa dan jumlah sampel dalam penelitian ini diambil berdasarkan penentuan ukuran sampel dengan tiga variabel dikalikan 10 sehingga diperoleh ukuran sampel sebanyak 30 siswa. Berdasarkan data hasil belajar diketahui bahwa rata-rata siswa yang belum mencapai KKM yang ditetapkan sebesar 65 mencapai 60 siswa dari total sebanyak 120 siswa atau sebesar 50%. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa hasil belajar mata pelajaran Fisika pada siswa Kelas X SMA Negeri 3 Bitung kurang optimal. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif sedangkan analis yang dilakukan adalah analisis regresi dan korelasi, analisis ini digunakan dalam menguji besarnya pengaruh yang ditunjukkan oleh koefisien korelasi antar variabel Tingkat Pendapatan Orang Tua (X1) dan Motivasi Belajar (X2) dengan hasil belajar siswa (Y). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa tingkat pendapatan orang tua berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Selanjutnya,  motivasi belajar siswa berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Dan yang terakhir, tingkat pendapatan orang tua dan motivasi siswa secara bersama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.

 

Kata Kunci : Tingkat Pendapatan Orang Tua, Motivasi Belajar Siswa, Hasil Belajar, Siswa SMA Negeri 3 Bitung.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A. M. Sardiman. (2010). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajagrafindo persada

Anni, Chatarina Tri, dkk. 2006. Psikologi Belajar. Semarang: UPT MKK UNNES

Anni Setianni dan Donii Juni Priansa. (2018). Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran Bandung: Alfabeta

Anni, Catharina Tri dan Achmad Rifa’I. 2011. Psikologi Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press

Anni, Chatarina Tri, dkk. 2006. Psikologi Belajar. Semarang: UPT MKK UNNES

Brousard, S.C., & Garisson, M.E.B. (2004). The Relationship Between Clasroom Motivation and Academic Achievement in Elementary School-Aged Children. Family and Consumer Sciences Research Journal, 33(2).

Dimyati dan Mudjiono, 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Guay, F., Chanal, J., Ratelle, C.F., Marsh, H. W. Larose, S., dan Boivin, M. (2010). Intrinsic, Identified, and Controlled Types of Motivation for School Subjects in Young Elementary School Children. British Journal of Education Psychology, 80 (4), 711-735.

Jems Dainga. (2021). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru, Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Jurusan IPS di SMA Negeri 1 Tabukan Tengah.

Katuuk, D. A. (2014). Manajemen implementasi kurikulum: strategi penguatan implementasi kurikulum 2013.

Mewengkang, A., Najoan, C. O., Palilingan, V. R., Rotty, V. N. J., Lengkong, J. S., & Lumapow, H. R. (2022). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Desain Grafis Siswa Di SMK. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 7(2).

Nasution, S. 2010. Sosiologi Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara

Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sadalia, N. D. 201. Analisis Personal Financial Literacy dan Financial Behavior Mahasiswa Strata I Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara. Media Informasi Manajemen.

Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sumual, S. D. M. (2022). Buku Ajar Teori dan Model Pendidikan. Tondano: Universitas Negeri Manado.

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Tatik Suryani. (2008). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Graha Ilmu

Soerjono Soekanto. (2010). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajagrafindo persada.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v6i3.6049

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter