Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Smp Negeri 6 Bitung

Nur Afny Sumaa, Deitje A. Katuuk, Tini Mogea

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis peran kepala sekolah sebagai pemimpin, manajer, supervisor untuk meningkatkan kinerja guru.  Lokasi yang peneliti pilih dalam penelitian ini adalah Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Bitung yang terletak di Kelurahan Sagerat, Kecamatan Matuari, Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara. Sekolah ini merupakan salah satu sekolah dengan akreditasi A. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sumber data utama dalam penelitian kualitatif adalah kata-kata dan tindakan melalui wawancara dan selebihnya ialah data tambahan. beberapa macam sumber data yang dapat digunakan oleh peneliti dalam menggali informasi yaitu data primer, adalah data yang diperoleh atau dikumpulkan oleh peneliti secara langsung dari sumber data utama. Data primer disebut juga data asli atau data baru. Berikutnya adalah Data sekunder, yaitu data yang diperoleh atau dikumpulkan oleh peneliti dari berbagai sumber yang telah ada. Data sekunder dapat diperoleh dari berbagai sumber seperti dokumen Kurikulum Operasional Sekolah ( KOS ), laporan, dan lain sebagainya. Melalui proses pengumpulan data dan analisa data maka dapat peneliti dapat memberikan kesimpulan bahwa kepala SMP Negeri 6 Bitung berperan sebagai pemimpin dalam meningkatkan kinerja guru yaitu dengan memberikan teladan yang baik, terutama dalam penanaman sikap disiplin. Selanjutnya, kepala sekolah juga menerapkan gaya kepemimpinan demokratis dengan memberikan kesempatan kepada bapak/ibu guru untuk menyampaikan pendapat, saran dan kritikan serta berkoordinasi wakil dan para guru. Kesimpulan kedua, kepala sekolah telah melaksanakan perannya sebagai manajer terutama terlihat dalam kemampuan memberdayakan sumber daya yang ada dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan kepala sekolah memberikan kesempatan bagi bapak/ibu guru untuk mengajar sesuai dengan kualifikasi pendidikannya. Selain itu, kepala sekolah juga sudah memenuhi tanggung jawabnya untuk memberikan pembinaan dan pelatihan kepada bapak/ibu guru guna meningkatkan kualitas kinerjanya. Kesimpulan terakhir, kepala sekolah telah melakukan perannya sebagai supervisor dengan baik yang dibantu oleh beberapa orang guru senior atau tim asesor untuk melakukan kegiatan supervisi pembelajaran. Guru senior disini bertugas untuk mensupervisi teman-temannya dan hasil supervisi ini nanti akan dibahas bersama dengan kepala sekolah. Selanjutnya, selain melakukan supervisi pembelajaran, kepala sekolah juga melakukan supervisi administrasi untuk mengecek data dan laporan-laporan dari bapak/ibu guru untuk kemudian beliau setujui.

Kata Kunci : Peran Kepala Sekolah, Kinerja Guru, SMP Negeri 6 Bitung

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abas, Erjati. 2017. Magnet Kepemimpinan Kepala Madrasah terhadap Kinerja

Guru. (Jakarta : PT Elex Media Komputindo).

Ananda, Rusydi. 2018. Profesi Pendidik dan Tenaga Kependidikan. (Medan : Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia).

Asmani Jamal Ma’mur. 2012.Tips Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Jogjakarta: Diva Press.

Azyanti, Sri. 2018. Motivasi Kepala Sekolah. (Pontianak : Yudha English Gallery).

Barnawi dan Mohammad Arifin. 2014. Kinerja Guru Profesional: Instrumen

Pembinaan, Peningkatan dan Penilaian. (Yogyakarta : Ar-Ruzz Media).

Bredeson, Paul V.,dan Olof Johansson. 2013. The School Principal’s Role in Teacher Professional Development. Journal of in Service Education, USA.

Daryanto dan Tutik Rachmawati. 2015. Supervisi Pembelajaran Inspeksi Meliputi: Controlling, Correcting Judging, Directing, Demonstration. (Yogyakarta: Penerbit Gava Media).

Djafri, Novianty. 2017. Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah: Pengetahuan, Efektivitas, Kemandirian Keunggulan Bersaing dan Kecerdasan Emosi. (Yogyakarta : Deepublish).

Duryat, Masduki. 2016. Kepemimpinan Pendidikan: Meneguhkan Legitimasi dalam Berkontestasi di Bidang Pendidikan. (Bandung : Alfabeta).

Hasibuan, Zainal A. 2007. Metodologi Penelitian pada Bidang Ilmu Komputer dan

Informasi. (Jakarta : Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia).

Hatta, M. 2018. Empat Kompetensi untuk Membangun Profesionalisme Guru.

(Sidoarjo : Nizamia Learning Center).

Imam Gunawan, 2013. Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik, Edisi Pertama, Cetakan Pertama, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kyite, K Yuriko. Bits and Pieces: 51Activities for Teaching Japanese k-12. Tokyo:

Kempa, Rudolf. 2015. Kepemimpinan Kepala Sekolah: Studi tentang Hubungan Perilaku Kepemimpinan, Keterampilan Manajerial, Manajemen Konflik, Daya Tahan Stress Kerja dengan Kinerja Guru. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Khozim. 2006. Manajemen Pemberdayaan Masyarakat. (Malang : Katalog Dalam

Terbitan).

Moeliono, Anton M. Dkk. 1989. Kamus Besar Bahasa Indonesia. (Jakarta : Balai

Pustaka).

Mulyasa, E. 2011. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nawawi, Hadarari. 1993. Administrasi Pendidikan. (Jakarta : CV Haji Masagung).

Nugrahani, Farida. 2014. Metode Penelitian Kualitatif: dalam Penelitian Bahasa

Indonesia. (Solo : Cakra Books).

Nurfuadi. 2019. Manajemen Kompetensi Guru dalam Meningkatkan Mutu

Pembelajaran. (Purwokerto : Penerbit STAIN Press).

Nurdin, Ismail dan Sri Hartati. 2019. Metodologi Penelitian Sosial. (Surabaya : Media Sahabat Cendekia).

Octavia, Shilphy Afiattresna. 2019. Sikap dan Kinerja Guru Profesional.

(Yogyakarta : Deepublish).

P., I Made Indra dan Ika Cahyaningrum. 2019. Cara Mudah Memahami Metodologi

Penelitian. (Yogyakarta : Deepublish).

Purhantara, Wahyu. 2010. Metode Penelitian Kualitatif untuk Bisnis. (Yogyakarta: Graha Ilmu).

Purwanto, Nurtanio Agus. 2019. Kepemimpinan Pendidikan: Kepala Sekolah sebagai Manager dan Leader. (Yogyakarta : Interlude).

Purwanti, Sri. 2013. Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Eningkatkan Disiplin Kerja Guru Dan Pegawai Di Sma Bakti Sejahtera Kecamatan Kongbeng Kabupaten Kutai Timur. eJournal Administrasi Negara. 1(1), 210-224.

Radjab, Enny dan Andi Jam’an. 2017. Metodologi Penelitian Bisnis. (Makassar : Lembaga Perpustakaan dan Penerbitan Universitas Muhammadiyah Makassar).

Rahmadi. 2011. Pengantar Metodologi Penelitian. (Banjarmasin : Antasari Press).

Risnawati. 2014. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. (Yogyakarta : Aswaja

Pressindo).

Rukmana, Ade. 2008. Kualitas Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Administrasi

Pendidikan. Vol. 7 No. 1.

Salam, Abdus, 2014. Manajemen Insani dalam Pendidikan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sali, Muhammad. 2019. Mendisiplinkan Santri. (Yogyakarta : Ar-Ruzz Media).

Samsu. 2014. Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan. (Jambi : PUSAKA Jambi).

Sennen, Eliterius. 2017. Problematika Kompetensi dan Profesionalisme Guru.

Jurnal Pedagogik.

Situmeang, Ilona V. Oisina. 2016. Komunikasi Organisasi dalam Prespektif

Objektif dan Perspektif Subjektif. (Yogyakarta : Ekuilibria).

Sugiono. 2018. Methode Penelitian pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suarsana, Nyoman. 2020. Menjadi Sosok Kepala Sekolah Inspiratif: Prasyarat, Konsep, dan Teknik Implementasinya. (Tuban : Spasi Media).

Suhardiman, Budi. 2012. Studi Pengembangan Kepala Sekolah: Konsep dan

Aplikasi. (Jakarta : PT Rineka Cipta).

Supardi, 2014. Kinerja guru, Jakarta: PT Raja Grafindo persada.

Sowiyah. 2016. Kepemimpinan Kepala Sekolah. (Yogyakarta : Media Akademi).

Tini Mogea. 2019. Educational Supervision : Theories and Practices. Vol.1.

Tini Mogea. 2023. Educational Facility Management. ( JISPENDIORA ). Vol. 2.No.1.

Tini Mogea. 2023. Education Management Concept . ( JISPENDIORA ). Vol. 2.No.1.

Tini Mogea. 2023. Knowledge Management and Organizational Learning In Organizational Development . ( JISPENDIORA ). Vol. 2.No.1.

Tini Mogea. 2023. Trade Union Relationship With Corporate Management. ( JIMAS ) Vol. 2. No. 2.

Undang-Undang RI No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.

Zainuri, Ahmad. 2018. Menakar Kompetensi dan Profesionalitas Guru Madrasah di Palembang. (Palembang : Tunas Gemilang Press).

Zufani. Dkk. 2017. Pengaruh Keteladanan Kepala Sekolah, Iklim Kerja Organisasi, Kepuasan Kerja terhadap Loyalitas Kerja Guru SMP Kecamatan Medan Amplas. Jurnal Manajemen Pendidikan. Vol. 9 No. 2.

Wahjosumidjo. 2002. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta : Grafindo Persada.

Walgito, Bimo, 1995. Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah, Yogyakarta: Andi Offset.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v6i3.6051

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter