Pengaruh Pemasaran Relasional dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan di Dalton Hotel & Covention Makassar

Dian Indriani

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis: (1) Pengaruh pemasaran relasional terhadap loyalitas pelanggan. (2) Pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan. (3) Pengaruh pemasaran relasional dan kualitas pelayanan secara simultan terhadap loyalitas pelanggan. (4) Besar Pengaruh sumbangan/kontribusi pemasaran relasional dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan ilmu pasti yaitu melalui observasi, kuesioner dan dokumentasi yang teknik analisis datanya menggunakan analisis regresi linear berganda menggunakan SPSS 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pemasaran relasional mempunyai pengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, dengan t hitung = 4,026 > t tabel 1,671 dan signifikansi 0,000. (2) Kualitas pelayanan mempunyai pengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, dengan t hitung = 5,336 > t tabel 1,671 dan signifikansi 0,000. (3) Pemasaran relasional dan kualitas pelayanan secara simultan mempunyai pengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, dengan f hitung = 115,170 > f tabel 3,16, dan signifikansi 0,000. (4) Pemasaran relasional dan kualitas pelayanan mempunyai pengaruh kontribusi/sumbangan sebesar 0,802 atau 80,2% terhadap loyalitas pelanggan.

 

Kata Kunci: Pemasaran Relasional, Kualitas Pelayanan, Loyalitas Pelanggan

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis: (1) Pengaruh pemasaran relasional terhadap loyalitas pelanggan. (2) Pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan. (3) Pengaruh pemasaran relasional dan kualitas pelayanan secara simultan terhadap loyalitas pelanggan. (4) Besar Pengaruh sumbangan/kontribusi pemasaran relasional dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan ilmu pasti yaitu melalui observasi, kuesioner dan dokumentasi yang teknik analisis datanya menggunakan analisis regresi linear berganda menggunakan SPSS 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pemasaran relasional mempunyai pengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, dengan t hitung = 4,026 > t tabel 1,671 dan signifikansi 0,000. (2) Kualitas pelayanan mempunyai pengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, dengan t hitung = 5,336 > t tabel 1,671 dan signifikansi 0,000. (3) Pemasaran relasional dan kualitas pelayanan secara simultan mempunyai pengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, dengan f hitung = 115,170 > f tabel 3,16, dan signifikansi 0,000. (4) Pemasaran relasional dan kualitas pelayanan mempunyai pengaruh kontribusi/sumbangan sebesar 0,802 atau 80,2% terhadap loyalitas pelanggan.

 

Kata Kunci: Pemasaran Relasional, Kualitas Pelayanan, Loyalitas Pelanggan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aliyyah D, Sunarti A, Ilmu F, et al. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Survei pada Konsumen The Little A Coffee Shop Sidoarjo). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) | Vol. 2017;51 (2).

Amalia Susepti et.al, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Tamu Hotel (Studi Tentang Persepsi Tamu Hotel Mahkota Plengkung Kabupaten Banyuwangi),” Jurnal Administrasi Bisnis, vol. 50, h. 30.

Amalia Susepti et.al, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Tamu Hotel (Studi Tentang Persepsi Tamu Hotel Mahkota Plengkung Kabupaten Banyuwangi), Jurnal Administrasi Bisnis, vol. 50, h. 30.

Dwi Priyatno, Belajar alat analisis data dan cara pengolahannya dengan spss, (Yogyakarta: Gava Media, 2016), h. 143-150

Gitosudarmo, Indriyo, Manajemen Pemasaran, Penerbit BPFE,Yogyakarta, 2008. Hakim, A. R. (2019). Pelayanan Jasa Dalam Perspektif Islam.

Munandar, Dadang. (2016). Elemen Kunci Relationship Marketing.

Putri, D. V. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Pemasaran Relasional Terhadap Keputusan Menginap di Sofyan Saka Hotel Medan.

Richie Wungow, “Kualitas Layanan, Citra, Nilai Dan Kepuasan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan Hotel Rock Rand Manado,” dalam Jurnal Emba, vol.1, h. 92

Ropinov Saputro, Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pt. Nusantara Sakti Demak).

Rihdiarwidiastuti, Olika. 2017. Pengaruh Pemasaran Relasional dan Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Nasabah Bank BNI Syariah. Jakarta. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Sari, W. (2012). Penerapan Fungsi Manajemen dalam Pengelolaan Perpustakaan . Jurnal Ilmu Informasi Kepustakaan dan Kearsipan Volume 1 Nomor 1 , 41.

Sofyan Siregar, Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS, (Jakarta: Kencana, 2013), h.284

Salju, Alimuddin. 2022. Pengaruh Relationship Marketing terhadap tingkat Kepuasan Pelanggan Pada PT. PDAM Tirta Bontonampu. Makassar. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Penerbit Alfabeta, Bandung, 2008.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v6i3.6278

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter