Pengaruh Digital Marketing, Brand Image, Dan Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Generasi Z di Kota Makassar
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh digital marketing, brand image, dan influencer marketing terhadap keputusan pembelian pada Generasi Z di Kota Makassar. Metode penelitian ini adalah deskriftif kuantitatif dengan menggunakan data primer. Penelitian ini dilakukan di Kota Makassar, dilaksanakan selama 2 (dua) bulan mulai dari November s/d Desember 2023. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh Generasi Z yang ada di Kota Makassar. Pengambilan sampel menggunakan teknik Infinite Population sehingga ditetapkan jumlah sampel sebanyak 100 orang yang menjadi responden dan diolah sesuai kuesioner. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan perangkat lunak SPSS versi 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Digital Marketing berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Generasi Z di Kota Makassar; (2) Brand Image berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Generasi Z di Kota Makassar; (3) Influencer Marketing berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Generasi Z di Kota Makassar.
Kata Kunci: Digital Marketing, Brand Image, Influencer Marketing.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Arini, M., Angga, I. K., & Putra, M. (2019). Peran Influencer dalam Strategi Meningkatkan Promosi dari Suatu Brand (The Role of Influencer in Strategies to Increase Promotion of a Brand). (29), 335–343.
Armutcu, B., Tan, A., Amponsah, M., Parida, S. (2023). Tourist behavior: The role of digital marketing and social media. Institute of Social Sciences, Business and Marketing Administration, Türkiye. Acta Psychologica, 240, 104025.
Astuti, N.G.S.D. Widhyadanta, I.G.D.S.A & Sari, R.J. (2021). Pengaruh Brand image dan Brand Awarness Lazada Terhadap Keputusan Pembelian Online. Vol. 10 No.10.
Bu, Y., Parkinson, J., & Thaichon, P. (2022). Influencer marketing: Homophily, customer value co-creation behavior, and purchase intention. Department of Marketing, Griffith University, Gold Coast, Queensland, 4222, Australia. Journal of Retailing and Consumer Services, 66, 102904.
Cabeza-Ramírez, L. J., Sánchez-Cañizares, dkk. (2022). Impact of the perceived risk in influencers' product recommendations on their followers' purchase attitudes and intention. Department of Business Organization, University of Córdoba, Spain. Technological Forecasting & Social Change, 184, 121997.
Dewi, L. G. P., Edyanto, N., & Siagian, H. (2020). The Effect of Brand Ambassador, Brand Image, and Brand Awareness on Purchase Decision of Pantene Shampoo in Surabaya, Indonesia. SHS Web of Conferences, 76, 01023. SHS Web of Conferences, 76, 01023.
De Veirman, M., Cauberghe, V., & Hudders, L. (2017). Pemasaran melalui Influencer Instagram: dampak dari jumlah pengikut dan divergensi produk terhadap sikap merek. Jurnal Periklanan Internasional, 36(5), 798-828.
Dwidienawati, D., Tjahjana, D., Abdinagoro, S. B., Gandasari, D., & Munawaroh, M. (2020). Customer review or influencer endorsement: which one influences purchase intention more? Heliyon, 6, e05543.
Firman, A., Perdana, A. H., & Putra, K. (2020). Point of View Research Management The Effect of Social Media Utilization, Campus Environment and Entre-preneurship Knowledge on Student Entrepreneurial Interest. Point of View Research Management, 1(4).
Guo, W., & Luo, Q. (2023). Investigating the impact of intelligent personal assistants on the purchase intentions of Generation Z consumers: The moderating role of brand credibility. Journal of Retailing and Consumer Services, 73, 103353.
Hamzah, Ramli, dan Shaw (2023). Pengaruh moderasi citra merek terhadap adopsi dompet elektronik berbasis QR-code oleh konsumen. Journal of Retailing and Consumer Services, 73(2), 103326.
Hariyanti, N. T., & Wirapraja, A. (2018). Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Moderen (Sebuah Studi Literatur). Jurnal Eksekutif, 15(1), 133–146.
Hendrawan, A., Sucahyowati, H., Cahyandi, K., Indriyani, & Rayendra, A. (2019). Pengaruh Marketing Digital Terhadap Kinerja Penjualan Produk UMKM Asti Gauri di Kecamatan Bantasari Cilacap. Jurnal Administrasi Dan Kesekretarisan, 4(1), 53–60. Retrieved from.
Hermawan, B., Basalamah, S., Djamereng, A., & Plyriadi, A. (2017). Effect of Service Quality and Price Perception on Corporate Image, Customer Satisfaction and Customer Loyalty among Mobile Telecommunication Services Providers. IRA-International Journal of Management & Social Sciences (ISSN 2455-2267), 8(1), 62.
Jin, S. V., Ryu, E. (2020). I'll buy what she's wearing: The roles of envy toward and parasocial interaction with influencer in Instagram celebrity-based brand endorsement and social commerce. Journal of Retailing and Consumer Services, 55, 102121.
Jun, M., Han, J., Zhou, Z., & Eisingerich, A. B. (2023). When is celebrity endorsement effective? Exploring the role of celebrity endorsers in enhancing key brand associations. Sookmyung Women’s University, South Korea; Middlesex University Dubai, United Arab Emirates; Shenzhen University, China; Imperial College London, UK. Journal of Business Research, 164, 113951.
Kadafi B, M. (2017). Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pompa Merek Grundfos Pada PT. Raja Indo di Makassar. Tesis telah diterbitkan. Makassar: Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin.
Ki, C.-W. (Chloe), Cuevas, L. M., Chong, S. M., & Lim, H. (2020). Influencer marketing: Social media influencer as human brands attaching to followers and yielding positive marketing results by fulfilling needs. Journal of Retailing and Consumer Services, 55, 102133.
Surya Putra, I. G. B., & Abiyoga, N. L. A. (2023). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk, Harga, dan Life Style Terhadap Keputusan Pembelian. Widya Amrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan dan Pariwisata, Pebruari 2023, Vol.3 (No.2): Hal. 343-351.
Syam1, A. F., Kamase2, J., Djamareng3, A., Damis4, H., & Serang5, S. (2020). Pengaruh Social Media Marketing, Event Marketing dan Persepsi Masyarakat Terhadap Minat Beli Dan Keputusan Membeli Surat Kabar Harian Fajara Di Era Disrupsi Industri Informasi. 22, 39–57.
Kim, H., & Park, M. (2023). Virtual influencers’ attractiveness effect on purchase intention: A moderated mediation model of the Product–Endorser fit with the brand. Department of Fashion Industry, Ewha Womans University, 52, Ewhayeodae-gil, Seodaemun-gu, Seoul, 03760, South Korea. Computers in Human Behavior, 143, 107703.
Listania, & Zulfahmi, A. (2023). Pengaruh Digital Marketing Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian di Toko BEAU Jatibening Bekasi. Jurnal Manajemen Bisnis, Vol 2 No 1.
Laksana, D., & Dharmayanti, D. (2018). Pengaruh Digital Marketing terhadap Organizational Performance Dengan intellectual capital dan Perceived Quality Sebagai Variabel Intervening Pada Industri Hotel Bintang Lima Di Jawa Timur. Jurnal Manajemen Pemasaran, 12(1), 10.
Layung Paramesti Marthaa, Ardhin Primadewib, dkk, (2023) Pengaruh Pemasaran Digital, Word of Mouth, dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian dalam Industri UKM Makanan.
Li, J., Huang, J., & Li, Y. (2023). Examining the effects of authenticity fit and association fit: A digital human avatar endorsement model. School of Economics and Management, Beihang University, Beijing, 100191, PR China. Journal of Retailing and Consumer Services,71, 103230.
Li, H., Lei, Y., Zhou, Q., & Yuan, H. (2023). Can you sense without being human? Comparing virtual and human influencer endorsement effectiveness. School of Journalism and Information Communication, Huazhong University of Science and Technology, 1037 Luoyu Road, Wuhan, 430074, China; Lundquist College of Business, University of Oregon, 1208 University of Oregon, Eugene, OR, 97403, United States. Journal of Retailing and Consumer Services, 75, 103456.
Martha, L. P., Primadewi, A., dkk. (2023). Pengaruh Pemasaran Digital, Word of Mouth, dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian dalam Industri UKM Makanan.
Mewoh, F. M., Tampi, J. R. E., & Mukuan, D. D. S. (2019). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Matahari Department Store Manado Town Square. Jurnal Administrasi Bisnis, 9(1), 35.
Zaenal, A. Z., Kamase, J., & Serang, S. (2020). Analisis Digital Marketing dan Word of Mouth Sebagai Strategi Promosi Pariwisata. Tata Kelola, 7(1).
Zainal, V. R., Djaelani, F., Basalamah, S., Yusran, H. L., Veithzal, A. P., & Indah Sari, Y. N. (2018). Islamic Marketing Management: Mengembangkan Bisnis dengan Hijrah ke Pemasaran Islami Mengikuti Praktik Rasulullah SAW. (Edisi ke-2). Jakarta: Bumi Aksara.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v7i1.6339
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional