Pengaruh Kompetensi Dan Komunikasi Perawat Terhadap Kepuasan Pasien Dengan Kinerja Perawat Sebagai Variabel Mediasi
Sari
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kompetensi dan komunikasi perawat terhadap kepuasan pasien denga dimediasi kinerja perawat. Sampel dalam penelitian ini adalah pasien sebanyak 100 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan SEM-PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi dan komunikasi berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Secara parsial kompetensi, komunikasi, dan kinerja berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien. Kinerja perawat memediasi pengaruh kompetensi dan komunikasi terhadap kepuasan pasien.
Kata Kunci : Kompetensi, Komunikasi, Kinerja, Kepuasan.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Amoharu, A. F. kartini. (2023). Pengaruh Komunikasi Terapeutik Perawat terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pasien di Rumah Sakit. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia, 6(1), 75–82. https://doi.org/https://doi.org/10.56338/mppki.v6i1.2375
Andriyanti, S., & Marlena, F. (2022). Hubungan Prilaku Caring Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Zainal Arifin Kota Bengkulu. Injection : Nursing Journal, 2(1).
Apriliani, I. M., Purba, N. P., Dewanti, L. P., Herawati, H., & Faizal, I. (2021). Peran Komunikasi dan Edukasi Pra Operatif terhadap Kepuasan Pasien Pasca Operasi Katarak: Literature Review. Citizen-Based Marine Debris Collection Training: Study Case in Pangandaran, 2(1), 56–61.
Arikunto, S. (2018). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Fitriana, I. F. (2022). Pengaruh Kompetensi, Motivasi dan Kualitas Pelayanan Kesehatan terhadap Minat Kembali Pasien di RSUD Labuang Baji Makassar. Muslim Comunity Health, 3(3), 29–37. https://doi.org/https://doi.org/10.52103/jmch.v3i3.983
Hanisah, L. N., Wijiastuti, S., & Widodo, Z. D. (2022). Pengaruh Komunikasi, Kedisiplinan, Pengetahuan, Dan Sikap Perawat Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Rsu Fitri Candra Wonogiri. Jurnal Ganeshwara, 2(2). https://doi.org/10.36728/jg.v2i2.2176
Hartati, L., Istikomah, I., & Rosadi, B. (2022). Analisis peran kompetensi karyawan dan kualitas layanan rumah sakit dalam peningkatan kepuasan pasien. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(12), 5819–5826. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v4i12.2037
Hilman. (2023). Pengaruh Kompetensi Dan Motivasi Terhadap Kinerja Perawat Serta Implikasinya Pada Keselamatan Pasien Di Rumah Sakit Lira Medika Karawang. Thesis. Universitas Pasundan.
Jayanti, H. D. (2023). Literature Review: The Effect of Interpersonal Communication on Service Quality in Hospitals. Radiant, 3(3), 199–207. https://doi.org/10.52187/rdt.v3i3.137
Kosnan, W. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Merauke. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi, 21(4). https://doi.org/10.32424/jeba.v21i4.1538
Layli, R. (2022). Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit : Literature Review. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12746–12752.
Mangkunegara. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Roesdakarya.
Muis, I. R. (2022). Pengaruh Kompetensi Pegawai,Disiplin Kerja,Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien. Econpaper. https://doi.org/https://econpapers.repec.org/scripts/redir.pf?u=https%3A%2F%2Fdoi.org%2F10.31219%252Fosf.io%252Fmuqvg;h=repec:osf:osfxxx:muqvg
Nur’aeni, R., Simanjorang, A., & Jamaluddin. (2020). Pengaruh Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Izza Karawang. Journal Of Healthcare Technology And Medicine, 6(2), 1097. https://doi.org/10.33143/jhtm.v6i2.1152
Nursalam. (2018). Asuhan keperawatan pada pasien terinfeksi HIV/AIDS. Salemba Medika.
Obuchowska, I., & Konopinska, J. (2021). Fear and anxiety associated with cataract surgery under local anesthesia in adults: A systematic review. Psychol Res Behav Manag, 14, 781–793.
Pohan, I. S. (2015). Jaminan Mutu Pelayanan Kesehatan. EGC.
Rantung, N. G. (2022). Pengaruh Komunikasi Verbal Dan Non Verbal Antara Dokter-Pasien Berfokus Terhadap Kepuasan Pasien Pada Pelayanan Kesehatan Di Rawat Inap Rsud Anugerah Tomohon. Prepotif : Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6(3). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/prepotif.v6i3.8861
Sari, E., Mahayaty, L., & Puspitasari, M. (2022). Komunikasi Interpersonal Perawat Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap. Jurnal Keperawatan, 7(1), 1–9.
Sedamaryanti. (2018). Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. CV.Mandar Maju.
Setiawan, C. H. (2023). Peningkatan Kepuasan Pasien dengan Nursing Rounds. Jurnal Keperawatan Silampari, 6(2), 987–999. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/jks.v6i2.4907
Silalahi, J. Y., Fitriani, A. D., & Megawati, M. (2019). Analisis Mutu Pelayanan Perawat Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Kelas Iii Di Rumah Sakit Advent Medan. Jurnal Kesehatan Perintis (Perintis’s Health Journal), 6(1), 21–29. https://doi.org/10.33653/jkp.v6i1.165
Sintari, S. (2023). Peningkatan Kinerja Tenaga Perawat Dengan Komunikasi Terapeutik. Jurnal Pengabdiaan Masyarakat Kasih (JPMK), 4(2), 18–22. https://doi.org/10.52841/jpmk.v4i2.342
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suriyani. (2022). Pengaruh Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Hemodialisa Rsud Merauke. Jurnal Ilmiah OBSGN, 14(2). https://doi.org/https://doi.org/10.36089/job.v14i2.1062
Sutrisno, E. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia (Pertama). Kencana.
Warshawsky, N. E., Cramer, E., Grandfield, E. M., & Schlotzhauer, A. E. (2022). The influence of nurse manager competency on practice environment, missed nursing care, and patient care quality: A cross‐sectional study of nurse managers in U.S. hospitals. Journal of Nursing Management, 30(6), 1981–1989. https://doi.org/10.1111/jonm.13649
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v7i1.6347
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional