Pengaruh Promosi, Citra Merek dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Vaseline Gluta-Hya Body Lotion

Novita Damayanti, Hairani Tarigan

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengavaluasi pengaruh promosi, citra merek, dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen aktif yang menggunakan dan membeli Vaseline Gluta-Hya. Dalam penelitian ini, pengambilan sampel menggunakan teknik Accidental Sampling dan jumlah responden sebanyak 100 orang, dengan penyebaran angket kepada konsumen yang aktif menggunakan dan membeli Vaseline Gluta-Hya melalui media sosial. Analisis regresi linier berganda digunakan untuk menilai korelasi antara variabel yang diteliti dengan pengujian menggunakan program SPSS 25. Hasil menunjukkan bahwa variabel promosi tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Variabel citra merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, dan variabel persepsi harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Vaseline Gluta-Hya. Namun, variabel promosi, citra merek, dan persepsi harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian secara simultan.

 

Kata Kunci: Promosi; Citra Merek; Persepsi Harga; Keputusan Pembelian

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aprilianti, S. Z., Salsabila, Y. N., Riono, S. B., Sucipto, H., & Wahana, A. N. (2023). Pengaruh

Citra Merek, Kualitas Produk, Harga, Serta Celebrity Endorser Terhadap Keputusan

Pembelian Pada Produk Scarlet Di Yogya Mall Brebes. CiDEA Journal, 2(2), 179–197.

https://doi.org/10.56444/cideajournal.v2i2.1370

Arista, K. C., & Fikriyah, K. (2022). Pengaruh Label Halal, Harga dan Song Joong Ki Sebagai

Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening di

Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 9(4), 453–466.

https://doi.org/10.20473/vol9iss20224pp453-466

Azahari, A., & Hakim, L. (2021). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Persepsi Harga

Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen, Organisasi Dan Bisnis (Jmob), 1(4),

–564. https://doi.org/10.33373/jmob.v1i4.3779

Dewi, M. I. A. P., Setyohadi, J. S., & Tjitrosumarto, S. (2023). Pengaruh Promosi dan Citra

Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Emina Pada Masyarakat Kelurahan

Cipayung. BULLET : Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(04), 910–921.

Dyasti, I. S. (2022). Pengaruh Elektronik Word of Mouth (E-WOM) Lifestyle, dan Brand Image

Terhadap Keputusan Pembelian Body Lotion Merek Scarlett Whitening di Kabupaten

Kebumen. E-Jurnal Manajemen, 1–11.

Effendi, D. U. (2016). Psikologi Konsumen (A. R. Batubara (ed.); 1st ed.). PT RajaGrafindo

Persada.

Fathoni, A., & Dewi, R. F. (2023). Pengaruh Persepsi Harga, Promosi dan Citra Merek terhadap

Keputusan Pembelian Produk “Jalu” Jamur Lunas (Studi Kasus pada Mahasiswa

Universitas Islam Lamongan). Ekonomis: Journal of Economics and Business, 2(1), 36–49.

Hapsari, D. N. T. (2017). Seluk-Beluk Promosi & Bisnis : Cerdas Beriklan Untuk Usaha Kecil &

Menengah (M. Sandra (ed.)). A+ PLUS BOOKS.

Himawan, S. Y., & Harnaji, B. (2021). Pengaruh Iklan, Citra Merek dan Persepsi Harga

Terhadap Keputusan Pembelian Produk Nivea (Survei pada Mahasiswi Pengguna

Produk Nivea di Kota Yogyakarta). Prosiding Diseminasi Hasil Penelitian, 28–35. http://e-

journal.janabadra.ac.id/index.php/PSN/article/view/1544/1019

Hurriyati, R. (2015). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen (Fokus Pada Konsumen Kredit

Perbankan) (4th ed.). ALFABETA, CV.

Ismanto, W., Munzir, T., Rona, T., Lestari, L., & Ashari, E. (2022). The Influence of Marketing

Mix On Purchase Decision. International Journal of Integrative Sciences, 11(1), 200–210.

https://doi.org/10.55927/ijis.v2i6.4465

Keller, K. L. (2013). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand

Equity. In S. Wall (Ed.), Journal of Consumer Marketing (Vol. 17, Issue 3). Pearson Education

Limited. https://doi.org/10.1108/jcm.2000.17.3.263.3

Khotimah, K., & Nurtantiono, A. (2021). Pengaruh Produk, Persepsi Harga, Promosi dan Gaya

Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah Di Solo Raya. Creative Research

Management Journal, 4(1), 1. https://doi.org/10.32663/crmj.v4i1.1827

Kotler, P. (2000). Marketing Management, Millenium Edition [10th ed.]. In Prentice Hall, Edisi

Bahasa Indonesia, Jakarta: Salemba Empat (10th ed.). Pearson Custom Publishing.

Kotler, P. (2012). Kotler P. Marketing management/Philip Kotler, Kevin Lane Keller. Pearson

Educ Int. 2012. Pearson Education International.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2007). Principles of Marketing 12e (12th ed.). Prentice Hall.

Kotler, P., Armstrong, G., Harris, L. C., & He, H. (2020). Principles of Marketing Eighth Europe

Edition. In Pearson education ltd (Eight Euro, Issue 8th edition). Pearson Education

Limited. www.pearson.com/uk

Kotler, P., & Pfoertsch, W. (2010). Ingredient Branding Making the Invisible Visible (1st ed.).

Springer-Verlag Berlin Heidelberg. https://doi.org/10.1007/978-3-642-04214-0

Kottler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing.

Mamonto, F. W., Tumbuan, W. J. F. ., & Rogi, M. H. (2021). Analisis Faktor-Faktor Bauran

Pemasaran (4P) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rumah Makan Podomoro Poigar

Di Era Normal Baru. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi,

(2), 110–121.

Marhamah, Hildayanti, S. K., & Purnamasari, E. D. (2023). Pengaruh Promosi, Kualitas Produk

dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Klinik Kecantikan di Palembang.

Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 4(3), 120–131.

https://doi.org/10.47747/jnmpsdm.v4i3.1424

Mirella, N. N. R., Nurlela, R., Erviana, H., & Farrel, M. H. (2022). Faktor Yang Mempengaruhi:

Kepuasan Pelanggan dan Minat Pembelian: Kualitas Produk, Dan Persepsi Harga

(Literatur Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial,

(1), 350–363. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.880

Mooij, M. de. (2019). Consumer Behavior & Culture Consequences for Global Marketing and

Advertising. 3rd Edition (M. Waters (ed.); 3rd ed.). SAGE Publication.

Peter, J. P., & Olson, J. C. (2014). Consumer Behavior & Marketing Strategy 9th Ed. (M. Masykur

(ed.); 9th ed.). Salemba Empat.

Pengaruh Promosi, Citra Merek dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan ......

YUME : Journal of Management, 7(1), 2024| 898

Poespa, A. A. R., Cahyono, R., & Martah, V. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga,

dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Lotion Marina. IQTISHADequity Jurnal

MANAJEMEN, 3(1), 212. https://doi.org/10.51804/iej.v3i1.931

Rangian, M. C., Wenas, R. S., & Lintong, D. C. A. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Produk,

Persepsi Harga Dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen

Pada Produk Ms Glow Skincare Di Kota Tomohon. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi,

Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(3), 284–294.

https://doi.org/10.35794/emba.v10i3.41948

Rangkuti, F. (2002). The Power Of Brands - Teknik Mengelola Brand Equity dan Strategi

Pengembangan Merek + Analisis Kasus Dengan SPSS. PT Gramedia Pustaka Umum.

Ricardo, R. (2021). Building Purchase Intention : Company Image , Product Knowledge and

Price Perception. Dinasti International Journal of Digital Business Management, 2(6), 1090–

https://doi.org/https://doi.org/10.31933/dijdbm.v2i26

Rifai, A. D., & Tuti, M. (2022). Pengaruh Persepsi Harga,Promosi Dan Lokasi Terhadap

Keputusan Pembelian Di Starbucks Coffee Sumarecon Mall Bekasi. Human Capital

Development, 9(3), 4.

Rowley, J. (1998). Promotion and Marketing Communications In The Information

Marketplace. Promotion and Marketing Communications, 47(8), 383–387.

https://doi.org/10.1108/00242539810239543

Roza, J., Cahyani, A., & Haro, J. (2022). Pengaruh Brand Ambassador, Citra Merek dan

Kepercayaan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett. -, 33–41.

Sangadji, D. E. M., & Sopiah, D. (2013). Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis Disertai Himpunan

Jurnal Penelitian (N. WK (ed.)). CV Andi Offset.

Sari, S. D. P., Junaida, E., & Indah, D. R. (2022). Persepsi Harga dan Kualitas Produk Dalam

Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Scarlett Di Kota Langsa. Manajerial

Terapan, 2(November), 263–271.

Satria, A. P., & Anggrainie, N. (2023). Pengaruh Store Atmosphere, Citra Merek, Kualitas

Produk, Persepsi Harga, Gaya Hidup dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian

Produk Kosmetik Halal. Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 1(1), 240–253.

Schiffman, L., & Kanuk, L. L. (2018). Consumer Behavior Seventh Edition. PT Macanan Jaya

Cermelang.

Sipahutar, A. W. G. R., Surbakti, E. Y., & Hasibuan, A. S. (2023). Keputusan Pembelian Skincare

Somethinc ( Studi Kasus Kasus Mahasiswa Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri

Medan ). Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE), 5(1), 93–99.

Truong, T. H., & Nguyen, X. T. (2020). Factors Affecting Organic Food Purchasing Decisions

of Kindergartens in Ho Chi Minh City. Journal of Distribution Science, 18(7), 73–81.

https://doi.org/10.15722/jds.18.7.202007.73

Ummat, R., & Hayuningtias, K. A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Ambassador dan

Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Nature Republic. Jurnal Ilmiah Akuntansi

Dan Keuangan, 4(6), 2279–2291.

Utami, D. I., & Hidayah, N. (2022). Pengaruh Citra Merek, Kualiatas Produk, dan Brand

Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett. Jurnal Ilmiah Multidisiplin,

(04), 102–111. https://doi.org/10.56127/jukim.v1i04.159

Wanandi, A. D., & Tarigan, H. (2022). Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan, dan Lokasi

Terhadap Kepuasan Pelanggan di Hotel Des Indes Menteng. Panorama Nusantara, 17(2).

Zahari, A., & Evanita, S. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi dan Kebutuhan Mencari

Variasi Terhadap Perilaku Peralihan Merek (Brand Switching) Produk Kosmetik Sariayu

Di Kota Padang. Jurnal Ecogen, 1(4), 896




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v7i1.6522

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter