Pengaruh Promosi, Citra Merek dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Vaseline Gluta-Hya Body Lotion
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengavaluasi pengaruh promosi, citra merek, dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen aktif yang menggunakan dan membeli Vaseline Gluta-Hya. Dalam penelitian ini, pengambilan sampel menggunakan teknik Accidental Sampling dan jumlah responden sebanyak 100 orang, dengan penyebaran angket kepada konsumen yang aktif menggunakan dan membeli Vaseline Gluta-Hya melalui media sosial. Analisis regresi linier berganda digunakan untuk menilai korelasi antara variabel yang diteliti dengan pengujian menggunakan program SPSS 25. Hasil menunjukkan bahwa variabel promosi tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Variabel citra merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, dan variabel persepsi harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Vaseline Gluta-Hya. Namun, variabel promosi, citra merek, dan persepsi harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian secara simultan.
Kata Kunci: Promosi; Citra Merek; Persepsi Harga; Keputusan Pembelian
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Aprilianti, S. Z., Salsabila, Y. N., Riono, S. B., Sucipto, H., & Wahana, A. N. (2023). Pengaruh
Citra Merek, Kualitas Produk, Harga, Serta Celebrity Endorser Terhadap Keputusan
Pembelian Pada Produk Scarlet Di Yogya Mall Brebes. CiDEA Journal, 2(2), 179–197.
https://doi.org/10.56444/cideajournal.v2i2.1370
Arista, K. C., & Fikriyah, K. (2022). Pengaruh Label Halal, Harga dan Song Joong Ki Sebagai
Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening di
Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 9(4), 453–466.
https://doi.org/10.20473/vol9iss20224pp453-466
Azahari, A., & Hakim, L. (2021). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Persepsi Harga
Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen, Organisasi Dan Bisnis (Jmob), 1(4),
–564. https://doi.org/10.33373/jmob.v1i4.3779
Dewi, M. I. A. P., Setyohadi, J. S., & Tjitrosumarto, S. (2023). Pengaruh Promosi dan Citra
Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Emina Pada Masyarakat Kelurahan
Cipayung. BULLET : Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(04), 910–921.
Dyasti, I. S. (2022). Pengaruh Elektronik Word of Mouth (E-WOM) Lifestyle, dan Brand Image
Terhadap Keputusan Pembelian Body Lotion Merek Scarlett Whitening di Kabupaten
Kebumen. E-Jurnal Manajemen, 1–11.
Effendi, D. U. (2016). Psikologi Konsumen (A. R. Batubara (ed.); 1st ed.). PT RajaGrafindo
Persada.
Fathoni, A., & Dewi, R. F. (2023). Pengaruh Persepsi Harga, Promosi dan Citra Merek terhadap
Keputusan Pembelian Produk “Jalu” Jamur Lunas (Studi Kasus pada Mahasiswa
Universitas Islam Lamongan). Ekonomis: Journal of Economics and Business, 2(1), 36–49.
Hapsari, D. N. T. (2017). Seluk-Beluk Promosi & Bisnis : Cerdas Beriklan Untuk Usaha Kecil &
Menengah (M. Sandra (ed.)). A+ PLUS BOOKS.
Himawan, S. Y., & Harnaji, B. (2021). Pengaruh Iklan, Citra Merek dan Persepsi Harga
Terhadap Keputusan Pembelian Produk Nivea (Survei pada Mahasiswi Pengguna
Produk Nivea di Kota Yogyakarta). Prosiding Diseminasi Hasil Penelitian, 28–35. http://e-
journal.janabadra.ac.id/index.php/PSN/article/view/1544/1019
Hurriyati, R. (2015). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen (Fokus Pada Konsumen Kredit
Perbankan) (4th ed.). ALFABETA, CV.
Ismanto, W., Munzir, T., Rona, T., Lestari, L., & Ashari, E. (2022). The Influence of Marketing
Mix On Purchase Decision. International Journal of Integrative Sciences, 11(1), 200–210.
https://doi.org/10.55927/ijis.v2i6.4465
Keller, K. L. (2013). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand
Equity. In S. Wall (Ed.), Journal of Consumer Marketing (Vol. 17, Issue 3). Pearson Education
Limited. https://doi.org/10.1108/jcm.2000.17.3.263.3
Khotimah, K., & Nurtantiono, A. (2021). Pengaruh Produk, Persepsi Harga, Promosi dan Gaya
Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah Di Solo Raya. Creative Research
Management Journal, 4(1), 1. https://doi.org/10.32663/crmj.v4i1.1827
Kotler, P. (2000). Marketing Management, Millenium Edition [10th ed.]. In Prentice Hall, Edisi
Bahasa Indonesia, Jakarta: Salemba Empat (10th ed.). Pearson Custom Publishing.
Kotler, P. (2012). Kotler P. Marketing management/Philip Kotler, Kevin Lane Keller. Pearson
Educ Int. 2012. Pearson Education International.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2007). Principles of Marketing 12e (12th ed.). Prentice Hall.
Kotler, P., Armstrong, G., Harris, L. C., & He, H. (2020). Principles of Marketing Eighth Europe
Edition. In Pearson education ltd (Eight Euro, Issue 8th edition). Pearson Education
Limited. www.pearson.com/uk
Kotler, P., & Pfoertsch, W. (2010). Ingredient Branding Making the Invisible Visible (1st ed.).
Springer-Verlag Berlin Heidelberg. https://doi.org/10.1007/978-3-642-04214-0
Kottler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing.
Mamonto, F. W., Tumbuan, W. J. F. ., & Rogi, M. H. (2021). Analisis Faktor-Faktor Bauran
Pemasaran (4P) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rumah Makan Podomoro Poigar
Di Era Normal Baru. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi,
(2), 110–121.
Marhamah, Hildayanti, S. K., & Purnamasari, E. D. (2023). Pengaruh Promosi, Kualitas Produk
dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Klinik Kecantikan di Palembang.
Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 4(3), 120–131.
https://doi.org/10.47747/jnmpsdm.v4i3.1424
Mirella, N. N. R., Nurlela, R., Erviana, H., & Farrel, M. H. (2022). Faktor Yang Mempengaruhi:
Kepuasan Pelanggan dan Minat Pembelian: Kualitas Produk, Dan Persepsi Harga
(Literatur Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial,
(1), 350–363. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.880
Mooij, M. de. (2019). Consumer Behavior & Culture Consequences for Global Marketing and
Advertising. 3rd Edition (M. Waters (ed.); 3rd ed.). SAGE Publication.
Peter, J. P., & Olson, J. C. (2014). Consumer Behavior & Marketing Strategy 9th Ed. (M. Masykur
(ed.); 9th ed.). Salemba Empat.
Pengaruh Promosi, Citra Merek dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan ......
YUME : Journal of Management, 7(1), 2024| 898
Poespa, A. A. R., Cahyono, R., & Martah, V. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga,
dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Lotion Marina. IQTISHADequity Jurnal
MANAJEMEN, 3(1), 212. https://doi.org/10.51804/iej.v3i1.931
Rangian, M. C., Wenas, R. S., & Lintong, D. C. A. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Produk,
Persepsi Harga Dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen
Pada Produk Ms Glow Skincare Di Kota Tomohon. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi,
Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(3), 284–294.
https://doi.org/10.35794/emba.v10i3.41948
Rangkuti, F. (2002). The Power Of Brands - Teknik Mengelola Brand Equity dan Strategi
Pengembangan Merek + Analisis Kasus Dengan SPSS. PT Gramedia Pustaka Umum.
Ricardo, R. (2021). Building Purchase Intention : Company Image , Product Knowledge and
Price Perception. Dinasti International Journal of Digital Business Management, 2(6), 1090–
https://doi.org/https://doi.org/10.31933/dijdbm.v2i26
Rifai, A. D., & Tuti, M. (2022). Pengaruh Persepsi Harga,Promosi Dan Lokasi Terhadap
Keputusan Pembelian Di Starbucks Coffee Sumarecon Mall Bekasi. Human Capital
Development, 9(3), 4.
Rowley, J. (1998). Promotion and Marketing Communications In The Information
Marketplace. Promotion and Marketing Communications, 47(8), 383–387.
https://doi.org/10.1108/00242539810239543
Roza, J., Cahyani, A., & Haro, J. (2022). Pengaruh Brand Ambassador, Citra Merek dan
Kepercayaan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett. -, 33–41.
Sangadji, D. E. M., & Sopiah, D. (2013). Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis Disertai Himpunan
Jurnal Penelitian (N. WK (ed.)). CV Andi Offset.
Sari, S. D. P., Junaida, E., & Indah, D. R. (2022). Persepsi Harga dan Kualitas Produk Dalam
Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Scarlett Di Kota Langsa. Manajerial
Terapan, 2(November), 263–271.
Satria, A. P., & Anggrainie, N. (2023). Pengaruh Store Atmosphere, Citra Merek, Kualitas
Produk, Persepsi Harga, Gaya Hidup dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian
Produk Kosmetik Halal. Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 1(1), 240–253.
Schiffman, L., & Kanuk, L. L. (2018). Consumer Behavior Seventh Edition. PT Macanan Jaya
Cermelang.
Sipahutar, A. W. G. R., Surbakti, E. Y., & Hasibuan, A. S. (2023). Keputusan Pembelian Skincare
Somethinc ( Studi Kasus Kasus Mahasiswa Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri
Medan ). Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE), 5(1), 93–99.
Truong, T. H., & Nguyen, X. T. (2020). Factors Affecting Organic Food Purchasing Decisions
of Kindergartens in Ho Chi Minh City. Journal of Distribution Science, 18(7), 73–81.
https://doi.org/10.15722/jds.18.7.202007.73
Ummat, R., & Hayuningtias, K. A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Ambassador dan
Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Nature Republic. Jurnal Ilmiah Akuntansi
Dan Keuangan, 4(6), 2279–2291.
Utami, D. I., & Hidayah, N. (2022). Pengaruh Citra Merek, Kualiatas Produk, dan Brand
Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett. Jurnal Ilmiah Multidisiplin,
(04), 102–111. https://doi.org/10.56127/jukim.v1i04.159
Wanandi, A. D., & Tarigan, H. (2022). Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan, dan Lokasi
Terhadap Kepuasan Pelanggan di Hotel Des Indes Menteng. Panorama Nusantara, 17(2).
Zahari, A., & Evanita, S. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi dan Kebutuhan Mencari
Variasi Terhadap Perilaku Peralihan Merek (Brand Switching) Produk Kosmetik Sariayu
Di Kota Padang. Jurnal Ecogen, 1(4), 896
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v7i1.6522
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional