Pengaruh Konten Influencer Melalui Jejaring Sosial media facebook, Instagram Dan Tik-tok Dalam Pengambilan keputusan Berkunjung Wisatawan Ke Destinasi Kuta Mandalika

Lalu Bagas Sanjaya, H. Lalu Ratmaja, Anas Pattaray

Sari


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh konten influencer melalui jejaring sosial media facebook, instagram dan tiktok dalam pengambilan keputusan berkunjung wisatawan ke destinasi kuta mandalika. Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan variabel yang diuji jejaring media sosial (X) dan Keputusan Berkunjung (Y). Populasi dari penelitian ini adalah wisatawan yang mengunjungi destinasi Kuta Mandalika pada tahun 2021 dan sampel yang diambil sebanyak 100 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kusioner online, dan teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi Pearson Product Moment dengan Hasil penelitian menunjukan bahwa konten influencer melalui jejaring sosial media facebook, instagram dan tiktok memiliki pengaruh positif terhadap keputusan berkunjung wisatawan ke destinasi kuta mandalika.

Kata kunci: Destinasi, Media Sosial, Keputusan berkunjung


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Apriyono. (2013). Jurnal Nomina / Volume Ii Nomor Ii / Tahun 2013 76 Analisis Overreaction Pada Saham Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia (Bei) Periode. Jurnal NOMINA, II, 76–96.

Dr. Juliansyah Noor, S.E., M. M. (2016). Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi & Karya Ilmiah. https://books.google.co.id/books?id=VnA-DwAAQBAJ&dq=+Metodelogi+Penelitian+Skripsi,+Tesis,+Disertasi,+Karya+Ilmiah.+&lr=&hl=id&source=gbs_navlinks_s

Gunawan, A. A. (2020). Pengaruh Kompensasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt Gesit Nusa Tangguh. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Ukrida, 16(1), 98066.

Indriyani, R., & Suri, A. (2020). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Motivasi Konsumen Pada Produk Fast Fashion. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(1), 25–34. https://doi.org/10.9744/pemasaran.14.1.25-34

Jamun, Y. M., Zephisius Rudiyanto Eso Ntelok, & Rudolof Ngalu. (2020). Pengaruh Pemanfaatan Perangkat Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Sekolah Dasar. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 4(1), 46–50. https://doi.org/10.36928/jipd.v4i1.253

Maya DollarHide. (2023). Social Media: Definition, Importance, Top Websites & Apps. In Investopedia (hal. 1). https://www.investopedia.com/terms/s/social-media.asp

Muflikhah, V. & Mbulu, Y. (2018). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Di Media Sosial Instagram Dan Atribut Produk Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung Di Floating Market Lembang. Journal of Tourism Destination and Attraction, 6(2), 29. https://journal.univpancasila.ac.id/index.php/jtda/article/view/770

Pattaray, A., & Nipri, N. (2022). The Effect of Pentahelix Collaboration on Tourism Development of West Sumbawa Regency. Ijd-Demos, 4(1), 323–331. https://doi.org/10.37950/ijd.v4i1.207

R. Cyrus, & R. Nitin. (2011). ~IBM SPSS Exact Tests~. 2011, January 1996, 1–236. http://www.spss.co.jp/medical/tutorial/04.html ???

Riki, Kremer, H., Suratman, Ciptoputra, V. A. A., & Hazriyanto. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Sosial Dalam Peranan Sebagai Sarana Komunikasi Dan Promosi Produk. Jurnal Cafetaria, 4(1), 98–105.

Safitri, I., Ramdan, A. M., & Sunarya, E. (2020). Peran Produk Wisata dan Citra Destinasi terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan. Jurnal Ilmu Manajemen, 8(3), 734. https://doi.org/10.26740/jim.v8n3.p734-741

Samsu. (2017). Metode penelitian: teori dan aplikasi penelitian kualitatif, kuantitatif, mixed methods, serta research & development. In Diterbitkan oleh: Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan (PUSAKA).

Susianto, B., Johannes, J., & Yacob, S. (2022). Pengaruh Daya Tarik Wisata dan Amenitas Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan pada Desa Wisata Kabupaten Kerinci. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(6), 592–605. https://www.dinastirev.org/JIMT/article/view/1094%0Ahttps://www.dinastirev.org/JIMT/article/download/1094/658




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v7i1.6608

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter