Pengaruh Persepsi Harga, Brand Image, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Indomie (Studi Kasus di Citayam Kota Depok)

Safril Hasibuan

Sari


Abstrak

Dalam era globalisasi saat ini perkembangan produk semakin berkembang. Salah satunya adalah mie instan yang menjadi produk pengganti nasi. Mie instan adalah salah satu makanan yang paling diminati konsumen di Indonesia karena selain harganya terjangkau juga mudah disajikan. Tujuan adanya penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Persepsi Harga, Brand Image dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian di Lingkungan Citayam, Kota Depok. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif ialah penelitian yang datanya terkumpul dari sampel untuk mewakili sebuah populasi yaitu dengan cara menyebarkan kuesioner. Model analisis data yang digunakan ialah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel digunakan dengan metode purposive sampling. Adapun sampel yang diambil pada penelitian ini yaitu berjumlah 90 responden.

Hasil uji regresi pada penelitian ini menunjukkan bahwa 58,7% faktor-faktor keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh Persepsi Harga, Brand Image dan Kualitas Produk sedangkan sisanya 41,3 % dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukkan secara simultan bahwa variabel persepsi harga, brand image, dan kualitas produk secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan hasil analisis yaitu nilai Fhitung (43,202) > Ftabel (2,700). Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel Persepsi Harga dengan hasil thitung (2,853) > ttabel (1.98667) dan nilai sig (0,005) < (0,05) maka secara parsial variabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Pada variabel Brand Image menunjukkan hasil thitung (4,337) > ttabel (1.98667) dan nilai sig (0,00) < (0,05) maka secara parsial variabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan untuk variabel Kualitas Produk menunjukkan hasil analisis thitung (-1,101) < ttabel (1.98667) serta nilai sig (0,74) > (0,05) dimana pada hal ini menunjukkan bahwa variabel kualitas produk tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian.

 

Kata Kunci: Persepsi Harga, Brand Image, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian

 

 

 

Abstract

In the current era of globalization, product development is increasingly developing. One of them is instant noodles which are a substitute product for rice. Instant noodles are one of the foods most popular with consumers in Indonesia because apart from being affordable, they are also easy to serve. The purpose of this research is to find out how much influence price perception, brand image and product quality have on purchasing decisions in the Citayam area, Depok City. The type of research used is quantitative research, namely research in which data is collected from samples to represent a population, namely by distributing questionnaires. The data analysis model used is multiple linear regression analysis. Sample selection was used using the purposive sampling method. The samples taken in this research were 90 respondents.

The results of the regression test in this research show that 58.7% of purchasing decision factors can be explained by Price Perception, Brand Image and Product Quality while the remaining 41.3% is explained by other factors not examined in this research. Meanwhile, the results of the F test show simultaneously that the variables of price perception, brand image and product quality simultaneously have a positive and significant effect on purchasing decisions with the analysis results being the value Fcount (43.202) > Ftable (2.700). The results of the t test show that the Price Perception variable with the result tcount (2.853) > ttable (1.98667) and sig value (0.005) < (0.05), then partially this variable has a positive and significant effect on purchasing decisions. The Brand Image variable shows the results of tcount (4.337) > ttable (1.98667) and the sig value (0.00) < (0.05), so partially this variable has a positive and significant effect on purchasing decisions. Meanwhile, the Product Quality variable shows the analysis results of tcount (-1.101) < ttable (1.98667) and the sig value (0.74) > (0.05) which in this case shows that the product quality variable does not have a significant effect on the purchasing decision variable.

 

Keywords: Price Perception, Brand Image, Product Quality, Purchasing Decisions

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adabi Nadhril. (2020). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Indihome Di Witel Telkom Depok. ISSN: 2528-1518. Jurnal Manajemen, Vol. 12, No. 1. (http://journal.feb.unmul.ac.id)

Alma, B. (2016). llklkk. Cetakan Keduabelas. Bandung: CV Alfabeta.

Dharmmesta, Swastha. (2018). Manajemen Pemasaran. Edisi 2. Tangeran Selatan: Universitas Terbuka.

Ebert, J. R., & Griffin, W. R. (2014). Pengantar Bisnis Edisi Kesepuluh. Jakarta: Erlangga. Fajriani, H.E. (2020). “Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mi Instan Merek Indomie (Studi Kasus di Balimatraman, Jakarta Selatan)”. Skripsi. Tidak Dipublikasikan.

Endaryono, B. T., & Ariwibowo, P. (2021). Pengaruh Biaya Pemasaran, Omzet Penjualan terhadap Laba Perusahaan. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 3(1), 124-136. DOI https://doi.org/10.47467/reslaj.v3i1.327

Firmansyah. A (2019). Pemasaran produk dan merek, cetakan pertama, penerbit Qiara Media, Jawa timur.

Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivarate dengan Program (IBM SPSS). Edisi 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Irana, D., D. Lubis dan R. Hidayat (2017). Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma Medan. ISSN: 2355-1488. Jurnal Ilmu Manajemen, Vol. 5 No. 1 (Februari) (https://www.researchgate.net)

Kotler, P., and Keller, Kevin Lane. (2016). Marketing Management.(16thEdition). New Jersey: Prentice Hall Publihed.

Kotler, Amstrong. (2016). Principles of Marketing Sixteenth Edition Global Edition. England. Pearson Education Limited.

Kotler, P dan Amstrong. (2018). Prinsip-prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

Lee, S. dan A. Illia dan A. Lawson-Body. (2011), Perceived Price Fairness of Dynamic Pricing., Industrial Management and Data Systems, 111(4): 531-550

Selang, Christian A. D. (2013). Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Pengaruhnya terhadap Loyalitas Konsumen pada Fresh Mart Bahu Mall Manado. Jurnal EMBA, Vol. 1, No.3, Juni 2013. (https://ejournal.unsrat.ac.id)

. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Cetakan Kedua Puluh Delapan. Bandung: CV Alfabeta.

Sunyoto, D. (2016). Metodologi Penelitian Akuntansi. Bandung: PT Refika Aditama

T]jiptono. (2019). Strategi Pemasaran Prinsip & Penerapan. Edisi 1. Yogyakarta. Andy.

___________. (2021). Top Brand Index 2021 Fase 1” (https://www.topbrand- award.com). Diakses pada 08 April 2021.

Warasto, H. N. (2018). Analisa Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pasta Gigi Pepsodent di Wilayah Jakarta Timur). Jurnal Semarak. P-ISSN 2615-6849 Vol. 1, No.1, Februari. (http://openjournal.unpam.ac.id)




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v7i2.6751

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter