Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat Dan Promosi Penjualan Terhadap Minat Menggunakan E-Wallet Shopeepay Pada Mahasiswa Universitas Pelita Bangsa
Sari
E-wallet adalah sebuah aplikasi yang digunakan oleh seseorang melalui smartphone yang dapat menyimpan uang secara digital dan melakukan transaksi secara online. Salah satu contoh dari e-wallet adalah ShopeePay yang dapat diakses melalui aplikasi Shopee. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh promosi penjualan, persepsi manfaat dan persepsi kemudahan terhadap minat menggunakan e-wallet shopeepay pada mahasiswa Universitas Pelita Bangsa Cikarang. Sampel penelitian adalah sebanyak 60 orang responden dengan pengambilan sampel purposif sampling. Analisis data berupa uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, koefisien determinasi, regresi linear berganda, serta uji hipotesis yaitu uji t dan uji F. Berdasarkan hasil uji hipotesis khususnya uji F ditemukan bahwa model penelitian yang terdiri dari Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat dan Promosi Penjualan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Minat Menggunakan eWallet Shopeepay pada Mahasiwa Universitas Pelita Bangsa. Model ini berlaku pada mahasiswa FEB Pelita Bangsa Cikarang. Berdasarkan hasil uji hipotesis ditemukan bahwa persepsi kemudahan dan persepsi manfaat memiliki pengaruh yang signifikan dan positif secara parsial terhadap terhadap minat membeli secara online, sedangkan promosi penjualan ditemukan tidak memiliki pengaruh yang signifikan dan berpengaruh negatif secara parsial terhadap terhadap minat membeli secara online. Persepsi kemudahaan merupakan variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap minat membeli secara online. Persepsi manfaat subjektif merupakan variabel kedua paling berpengaruh terhadap minat membeli secara online dalam penelitian ini. Saran yaitu perusahaan pemasar online dapat menyasar penjualan secara online pada konsumen khususnya konsumen mahasiswa di Cikarang.
Kata Kunci: Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat, Promosi Penjualan, dan Minat Penggunaan e-wallet shopeepay
Abstract
E-wallet is an application used by someone through a smartphone that can store money digitally and make transactions online. One example of an e-wallet is ShopeePay which can be accessed through the Shopee application. This study aims to analyse the effect of sales promotions, perceived benefits and perceived convenience on interest in using e-wallet shopeepay on Pelita Bangsa University Cikarang students. The research sample was 60 respondents with purposive sampling. Data analysis in the form of validity and reliability tests, classical assumption tests, coefficient of determination, multiple linear regression, and hypothesis testing, namely the t test and F test. Based on the results of hypothesis testing, especially the F test, it is found that the research model consisting of Perceptions of Ease, Perceptions of Benefits and Sales Promotion has a positive and significant influence on Interest in Using Shopeepay eWallet on Pelita Bangsa University Students. This model applies to FEB Pelita Bangsa Cikarang students. Based on the results of hypothesis testing, it is found that perceived convenience and perceived benefits have a significant and partially positive effect on interest in buying online, while sales promotion is found to have no significant effect and a partially negative effect on interest in buying online. Perceived convenience is the most dominant variable affecting the interest in buying online. Perceived subjective benefit is the second most influential variable on interest in buying online in this study. The suggestion is that online marketing companies can target online sales to consumers, especially student consumers in Cikarang.
Keywords: Perceived Ease of Use, Perceived Benefits, Sales Promotion, and Interest in Using e-wallet shopeepay
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ahmad, and Bambang Setiyo Pambudi. 2013. “Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Keamanan Dan Ketersediaan Fitur Terhadapminat Ulang Nasabah Bank Dalam Menggunakan Internet Banking (Studi Pada Program Layanan Internet Banking Bri).” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9):1689–99.
Ardianto, Khowin, and Nurul Azizah. 2021. “Analisis Minat Penggunaan Dompet Digital Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) Pada Pengguna Di Kota Surabaya.” Jurnal Pengembangan Wiraswasta 23(1):13. doi: 10.33370/jpw.v23i1.511.
Boggie, Gabriel, Indrian Kusuma, and I. Made Bayu Dirgantara. 2021. “Analysis An Intention to Use Electronic Wallet during Covid-19 Pandemic.” Management Analysis Journal 10(4):359–68.
Dirwan, and Fitriani Latief. 2020. “Aspek Yang Mempengaruhi Minat Penggunaan Uang Digital Di Kota Makassar.” Jurnal Mirai Management 6(1):288–98.
Lalu Agustino. 2021. “Pengaruh Promosi, Persepsi Kemudahan Dan Persepsi Manfaat Terhadap Minat Penggunaan E-wallet Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Mediasi Pada Pengguna E-wallet Di Kota Banjarmasin.” Kindai 17(3):401–22. doi: 10.35972/kindai.v17i3.631.
Marey, Dian Ramadhani Elyosha, and E. Purwanto. 2020. “Model Konseptual Minat Penggunaan E-wallet: Technology Acceptance Model (TAM).” Technology Adoption: A Conceptual Framework (December 2019):31–50.
Mawardani, Fitri, and Renny Dwijayanti. 2021. “Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan Dan Promosi Cashback Terhadap Minat Mahasiswa Dalam Menggunakan Dompet Digital Shopeepay Pada Aplikasi Shopee.” Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) 9(3):1455–63.
Miaw, Harry Yonathan Kevin. 2016. “Motivasi Konsumen Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian WICD.” Manajemen Dan Star-Up Bisnis Volume 1:Hal 567-575.
Oentario, Yudianto, Agung Harianto, and Jenny Irawati. 2017. “Pengaruh Usefulness, Ease of Use, Risk Terhadap Intentionto Buy Onlinepatisserie Melalui Consumer Attitude Berbasis Media Sosial Di Surabaya.” Jurnal Manajemen Pemasaran 11(1):26–31. doi: 10.9744/pemasaran.11.1.26-31.
Panasea, I. Gede Nandya Oktora. 2021. “The Role of Sales Promotion in Modifying the Implementation of the Technology Acceptance Model (TAM) on Intentions to Use E-wallet in Denpasar.” 289–301.
Pradipta, Indry Aristianto, and Meisy Tresia. 2021. “Analysis of Factors Affecting the Acceptance or Use of E-wallet in Jakarta.” Journal of Economics and Business Letters 1(4):27–32.
REZKY, & Y. (2022). Pengaruh Promosi Cashback, Persepsi Manfaat dan Persepsi
Kemudahan terhadap Minat Bertranksasi Menggunakan Dompet Digital Shopeepay. 1–28.
Rodiah, Siti Rodiah, and Inaya Sari Melati. 2020. “Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kemanfaatan, Risiko, Dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan E-wallet Pada Generasi Milenial Kota Semarang.” Journal of Economic Education and Entrepreneurship 1(2):66. doi: 10.31331/jeee.v1i2.1293.
Rusmin. (2017). PENGARUH PROMOSI PENJUALAN, PERSEPSI KEMUDAHAN DAN PERSEPSI MANFAAT TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN E-MONEY (Studi pada Pengunjung Pusat Perbelanjaan Mall Olympic Garden Malang). UMM.
Sati, R. A. S., & Ramaditya, M. (2019). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Menggunakan E-Money (Studi Kasus Pada Konsumen Yang Menggunakan Metland Card). Management, 1–20.
Susanti, Andi Hepy, Ghea Paulina Suri, and Atman Lucky Fernandes. 2021. “Analisis Technology Acceptance Model Pada Pengguna Dompet Digital Di Daerah Batam.” Economic and Business Management International Journal (EABMIJ)
(01). doi: 10.26460/jm.v10i2.1702.
Yogananda, Andrean Septa, and I. Made Bayu Dirgantara. 2017. “Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Untuk Menggunakan Instrumen Uang Elektronik.” Diponegoro Journal of Management 6(4):1–7.
Arifin, Rois dan Helmi Muhammad. 2016. Pengantar Manajemen. Malang: Empatdua.
Assauri, Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Ghozali. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Handoko, T. Hani. 2012. Manajemen Personalia Dan Sumberdaya Manusia. Yogyakarta: BPFE.
Agus. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Keller, Philip Kotler &. Kevin Lane. 2014. Marketing Management. 14th ed. New Jersey: Prentice Hall.
Kotler, Philip. 2012. Manajemen Pemasaran. 13. bhasa. Jakarta: Rajawali.
Kotler, Philip &. gary Amstrong. 2012. Prinsip Pemasaran. 13th ed. Jakarta: Erlangga. Kotler, Philip &. Gary Amstrong. 2014. Principle Of Marketing. 15th ed. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Oentoro, Deliyanti. 2012. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Laksbang PRESSindo. Peter, J. Paul and Jerry C. Olson. 2013. Perilaku Konsumen Dan Strategi Pemasaran. 9th ed. Jakarta: Salemba Empat.
Rohman, Abd. 2017. Dasar-Dasar Manajemen. Malang: Inteligensia Media.
Sekaran, Uma dan Roger Bougie. 2017. Metode Penelitian Untuk Bisnis : Pendekatan Pengembangan - Keahlian. edisi 6 bu. Jakarta selatan: Salemba Empat.
Silaen, Sufur. 2018. Metodologi Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Annur, C. M. (2021, September 06). ShopeePay Jadi E-Wallet Paling Favorit Konsumen untuk Kejar Promo. Retrieved Februari 18, 2022, from Databoks: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/09/06/shopeepay-jadi- e-wallet-paling-favorit-konsumen-untuk-kejar-promo
Javier, F. (2022, Januari 13). E-wallet Jadi Alat Pembayaran Digital Terpopuler di 2021 . Retrieved Februari 18, 2022, from data.tempo.co: https://data.tempo.co/data/1316/e-wallet-jadi-alat-pembayaran-digital- terpopuler-di-2021
Lidwina, A. (2021, Maret 14). Dompet Digital Jadi Metode Pembayaran Terfavorit saat Belanja Online. Retrieved Februari 18, 2022, from Databoks: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/04/14/dompet -digital- jadi-metode-pembayaran-terfavorit-saat-belanja-online
Makronesia, R. (2020, Agustus 24). Penggunaan E-wallet ShopeePay Ungguli Semua Kompetitornya. Retrieved Februari 23, 2022, from Makronesia.id: https://www.makronesia.id/penggunaan-e-wallet-shopeepay-ungguli- semua-kompetitornya/
Ramadhanty, D. A. (2021, November 24). Ketahui 5 Dompet Digital Paling Banyak Digunakan di Indonesia 2021. Retrieved from goodnewsfromindonesia: https://www.goodnewsfromindonesia.id/2021/11/24/ketahui-5-dompet- digital-paling-banyak-digunakan-di-indonesia-2021
Ramadhanty, D. A. (2021, November 24). Ketahui 5 Dompet Digital Paling Banyak Digunakan di Indonesia 2021. Retrieved Februari 09, 2022, fromgoodnewsfromindonesia:https://www.goodnewsfromindonesia.id/2021/11/24/ketahui-5-dompet- digital-paling-banyak-digunakan-di-indonesia-2021
Sebayang, R. (2021, Maret 03). Pengguna Dompet Digital Melonjak, Mana E-Wallet Terpopuler? Retrieved Februari 2022, 09, from idntimes: https://www.idntimes.com/business/economy/rehia-indrayanti-br- sebayang/pengguna-dompet-digital-melonjak-mana-e-wallet-terpopuler/3
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v7i2.6814
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional