Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Ban Pada PT Adaban Makmur Sukses

James James, Realize Realize

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana kualitas produk, citra merek, dan promosi memengaruhi keputusan pembelian ban di PT Adaban Makmur Sukses. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, dengan populasi penelitian terdiri dari 318 pelanggan PT Adaban Makmur Sukses. Sampel yang digunakan sebanyak 177 responden, yang ditentukan menggunakan rumus Slovin dan dipilih melalui teknik simple random sampling. Berbagai uji statistik dilakukan dalam penelitian ini, termasuk uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji pengaruh, dan uji hipotesis. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa kualitas produk memberikan kontribusi sebesar 22,4% terhadap keputusan pembelian. Citra merek berkontribusi sebesar 29,1%, sedangkan promosi menyumbang 21,1% dalam mempengaruhi keputusan pembelian. Koefisien determinasi (R²) mengindikasikan bahwa secara kolektif, ketiga variabel tersebut menjelaskan 55,6% variasi dalam keputusan pembelian. Uji t dan uji F yang dilakukan mengonfirmasi bahwa kualitas produk, citra merek, dan promosi secara individual maupun bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aldiesi, D. R., & Wahyudin, N. (2024). The Influence Of Brand Image, Service Quality And Price On Indomaret Consumer Purchasing Decisions Through Competitive Advantage As An Intervening Variable. Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Bisnis, 10(1), 301–311.

Ependi, W. A., & Realize. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Pesan Iklan Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Marina. Bina Manajemen, 12(1), 393–411.

Maharani, N. W. S. D., Wimba, I. G. A., & Wulandari, N. L. A. A. (2022). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian yang Dimediasi Oleh Minat Beli. Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 4(4), 2003–2005.

Mahiri, E. A. (2020). Pengaruh Brand Image dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Mart Banjaran. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 11(3), 227–238. https://doi.org/10.32670/coopetition.v11i3.154

Mauludi, A., Haryanti, N., & Putri, I. N. K. (2023). The Influence of Brand Ambassadors and Promotions on Purchase Decisions Through Brand Image as an Intervening Variable in Tokopedia E-Marketplace in East Java. International Journal of Economy, Education, Abd Entrepreneur, 3(2), 368–376. https://doi.org/10.53067/ije3.v3i2

Merta, I. P. G. B., Trinanasari, N., & Bagia, I. W. (2022). Influential Factors of Online Shopping Decision. International Journal of Social Science and Business, 6(2), 246–252. https://doi.org/10.23887/ijssb.v6i2.44077

Nadirah, A., Risal, M., & Ikhwan, N. (2023). Effect of Product Quality and Promotion on Purchasing Decisions. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, 17(2), 390–398. https://doi.org/10.55208/jebe.v17i2.444

Nurhaida, & Realize. (2023). Pengaruh Citra Merek , Kualitas Produk dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Bukalapak di Kota Batam. ECo-Buss, 5(3), 907–920.

Setriani, W., & Realize, R. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT Lautan Sarana Nusantara. Jurnal Ilmiah Core IT: Community Research …, 8(1). http://ijcoreit.org/index.php/coreit/article/view/151%0Ahttp://ijcoreit.org/index.php/coreit/article/viewFile/151/181

Simbolon, F. P., Handayani, E. R., & Nugraedy, M. (2022). The Influence of Product Quality, Price Fairness, Brand Image, and Customer Value on Purchase Decision of Toyota Agya Consumers: A Study of Low Cost Green Car. Binus Business Review, 11(3), 187–196. https://doi.org/10.21512/bbr.v11i3.6420

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D (Sutopo (ed.); ke 2). Alfabeta.

Syaifuddin, S. (2024). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Elco Indonesia Sejahtera. Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 6(1), 240–245. https://doi.org/10.37034/infeb.v6i1.856

Tamima, F. A., Rusminah, & Permadi, L. A. (2024). Pengaruh Citra Merek Pada Keputusan Pembelian Produk Iphone Di Kalangan Gen-Z Kota Mataram Dengan Gaya Hidup Sebagai Variabel Interverning. Jmm Unram - Master of Management Journal, 13(1), 1–9. https://doi.org/10.29303/jmm.v13i1.804

Wahyuni, Y., & Lenti, N. (2024). Pengaruh Citra Merek Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Pesawat Pada Konsumen Tiket.Com. Jurnal Bisnis Manajemen Dan Akuntansi, 11(1).

Wijaya, A. P., & Annisa, I. T. (2020). The Influence of Brand Image, Brand Trust and Product Packaging Information on Purchasing Decisions. Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi, 18(1), 24–35. https://doi.org/10.31603/bisnisekonomi.v18i1.3077




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v7i2.7026

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter