Model Strategi Peningkatkan Kunjungan Wisatawan dalam industri Pariwisata; Analisis SWOT dan Implementasi Praktis
Sari
Industri pariwisata merupakan salah satu sektor penting dalam perekonomian global. Persaingan antar destinasi wisata semakin ketat, sehingga diperlukan strategi pemasaran yang efektif untuk menarik wisatawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman (SWOT) yang dihadapi oleh destinasi wisata tertentu dan merumuskan strategi pemasaran yang efektif berdasarkan analisis SWOT. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa destinasi wisata memiliki beberapa kekuatan, seperti keindahan alam, budaya yang unik, dan infrastruktur yang memadai.(Khusaini et al. 2022)t Namun, destinasi wisata juga memiliki beberapa kelemahan, seperti aksesibilitas yang terbatas, promosi yang belum optimal, dan sumber daya manusia yang belum terampil. Berdasarkan analisis SWOT, penelitian ini merumuskan beberapa strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan kunjungan wisatawan. Strategi tersebut meliputi pertama Meningkatkan aksesibilitas destinasi wisata, kedua Mengoptimalkan promosi destinasi wisata melalui berbagai media.Ketiga Meningkatkan kualitas sumber daya manusia di sektor pariwisata.Keempat Mengembangkan produk dan layanan wisata yang inovatif. Kelima Membangun kerjasama dengan stakeholder pariwisata. Dengan demikian Implementasi strategi pemasaran yang efektif dapat meningkatkan kunjungan wisatawan dan memberikan kontribusi positif bagi perekonomian destinasi wisata.
Kata Kunci: Industri Pariwisata, Strategi Pemasaran, Kunjungan Wisatawan, Analisis SWOT, Implementasi Praktis
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Herawati, Linda et al. 2016. ‘The Strategy for Ecotourism Development in Plantation Area: A Case Study from Kalibendo Plantation, Banyuwangi East Java’. Journal of Indonesian Tourism and Development Studies 4(1): 31–36.
Hermawan, Hary. 2017. ‘Pengembangan Destinasi Wisata Pada Tingkat Tapak Lahan Dengan Pendekatan Analisis SWOT’. Jurnal Pariwisata 4(2): 64–74.
Idris, M, and S T Salmia LA. 2016. ‘Strategi Pengembangan Pariwisata (Wisata Pantai Balekambang) Guna Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Di Kabupaten Malang’. Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri 2(2): 1–6.
Khusaini, Moh et al. 2022. ‘Regional Competitiveness: Infrastructure, Education, And Health Sectors Approach’. In Journal of International Conference Proceedings, , 362–71.
Mantegazzi, Daniele, Maria Giulia Pezzi, and Gabriella Punziano. 2021. Tourism Planning and Tourism Development in the Italian Inner Areas: Assessing Coherence in Policy-Making Strategies. Springer.
Maski, Ghozali, Vietha Devia S S Murniati, and Khusnul Ashar. ‘Tourism Visits and Tourism Development Strategies: A Review of Supply and Demand Side Attributes Perspective’.
Maski, Ghozali, Iswan Noor, and Marlina Ekawaty. 2024. ‘The Determinant of Demand and Supply to Increase Tourism Visit Sustainably by Using Principal Component Regression Analysis’. Journal of Law and Sustainable Development 12(1): e3261–e3261.
Murniati, Murniati. 2017. ‘ANALISIS DAMPAK PEMEKARAN WILAYAH TERHADAP PENDAPATAN PERKAPITA DIKABUPATEN KERINCI’. J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains) 2(1): 121–32.
Murniati. 2023. ‘Strategy Pengembangan Pariwisata Kabupaten Malang Dengan Pendekatan GIS Dan Photo Mapping’. Economics and Digital Business Review 4(1): 462–69.
Murniati, Murniati, Ghozali Maski, Iswan Noor, and Marlina Ekawaty. 2021a. ‘Entrepreneurship in the Tourism Industry: Implication on Sustainable Economic Development’. In Environmental, Social, and Governance Perspectives on Economic Development in Asia, Emerald Publishing Limited.
Murniati. 2021b. ‘Identification of Tourism Potential and Investment Strategy-A Case Study of Banyuwangi Regency.’ Studies of Applied Economics 39(12).
Murniati, Murniati, and Haidi Putra. 2018. ‘Partisipasi Masyarakat Dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Di Kecamatan Siulak’. AGREGATE 1(001): 23–37.
Priyanto, Eddy, Ema Sulisnaningrum, and Murniati Murniati. 2023. ‘Impact of Communication and Information Technology on Finance and Human Capital in Government Systems’. Asia Pacific Journal of Management and Education (APJME) 6(2): 12–26.
Ramaano, Azwindini Isaac. 2022. ‘The Implied Significance of Integrative Geographical Information Systems in Sustainable Tourism and Comprehensive Community Development in Musina Municipality, South Africa’. Technological Sustainability 1(1): 42–63.
Saleh, H Muhammad Yusuf, and S E Miah Said. 2019. 1 Konsep Dan Strategi Pemasaran: Marketing Concepts and Strategies. Sah Media.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Utama, I Gusti Bagus Rai. 2017. Pemasaran Pariwisata. Penerbit Andi.
Utama, IGBR. 2017. Metodologi Penelitian Pariwisata & Hospitalitas Dilengkapi Studi Kasus Penelitian. Pustaka Larasan.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v7i2.7036
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional