Pengaruh Manajemen Waktu, Kompetensi, Media Pembelajaran Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Guru Smp Di Kota Makassar

Lutfi A. Kadir

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis  pengaruh manajemen waktu, kompetensi media pembelajaran terhadap kepuasan dan kinerja guru SMP di Kota Makassar. Dari hasil perhitungan ditemukan sampel sebanyak 360 responden yang selanjutnya dianalisis menggunakan Structural Equation Model menggunakan bantuan AMOS 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen waktu tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja tetapi berpengaruh positif terhadap kinerja guru, sedangkan kompetensi dan media pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan baik secara langsung maupun tidak langsung dalam meningkatkan kinerja guru SMP di Kota Makassar.

Kata Kunci: Manajemen Waktu; Kompetensi; Media Pembelajaran; Kepuasan Kerja; Kinerja


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afiah Mukhtar, Basri Modding, Baharuddin Latief, Hamzah Hafied. (2018), “The Influence of Competence, Organizational Culture and Work Stress on Job Satisfaction and Performance of Sharia Bank Employees in Makassar”.

Comfort R. Etor, Ph.D dan Ekpenyonganwan G. Anam. (2019), “Time management and teachers’ job performance in public secondary schools in Calabar education zone, Cross River State.”

Dchriesto. (2018), Pengertian Indikator dalam Penelitian Ilmiah. http://www.wikimedia.web.id/2018/02/06/pengertian-indikator-dalampenelitian-ilmiah/

Gusti NGR Krishna Raharjaya, Putu Kepramareni, Nengah Landra, AA Putu Agung. (2020), “Influence of Motivation of Work and Competence on Performance of Teacher with Job Satisfaction as Variable Mediation at SMK TI Bali Global Denpasar.”

Luqman MD, Mursalim Umar Gani, Syahrir Mallongi, Syamsu Nujum dan Mohammad Zulkifli Murfat. (2019), “Effect of Development of Professional Teacher, Competence, Facilities and Infrastucture of Education on the Performance of Teachers and Achievement Students SMA in Makassar.”

Nurrahmaniah. (2019), “Peningkatan Prestasi Akademik Melalui Manajemen Waktu (Time Management) dan Minat Belajar”. Andaragogi. Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam. Vol 1. No.1

Pahlevi. (2019), “Pengertian tanggung jawab manajemen waktu dan manfaatnya. https://www.pahlevi.net/pengertian-tanggung- jawab/

Priansa Juni, Donni. (2018), “Pengembangan Srategi dan Model Pembelajaran Inovatif, Kreatif, dan Prestatif Dalam Memahami Peserta Didik”. CV Pustaka Setia. Bandung.

Sania K. Rao. (2018), “Relationship Between Time Management Behaviour, Job Satisfaction and Job Performance of Teachers in Higher Education Institutions in India.”

Sitti Nurbaya, Ismail Rasulong, Muh. Nur. R. (2020), “Competence, Work Culture and Performance

Sri Langgeng Ratnasari, Gandhi Sutjahjo, Adam. (2019), “The Contribution Of Competence, Motivation, And Creativity Towards Teacher’s Performance Through Work Satisfaction”.

Sugiyanto dan Djoko Santoso. (2018), “Analisis Pengaruh Kompetensi, Sarana Pendukung Teknologi Informasi Dan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening Terhadap Kinerja SDM.”

Suryani, Nunuk dkk. (2018), “Media Pembelajaran Inovatif”. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v7i2.7047

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter