Pengaruh Faktor Fundamental, Pengungkapan Risk Management, dan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Nilai Perusahaan

Andi Chandra Purnama Lestari, Mursalim Nohong, Erlina Pakki

Sari


This study aims to examine the influence of Fundamental Factors including Current Ratio, Total Debt to Total Assets, Net Profit Margin, and Fixed Assets Turnover Ratio, as well as Risk Management Disclosure, and Corporate Social Responsibility (CSR) on the Value of Manufacturing Companies on the IDX. This study took samples on manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange in 2019-2021 with the use of an annual period. The data of this study uses secondary data, namely a continuous annual report for the last 3 years using meode purposive sampling. The analysis method of this study is by Descriptive Statistical Test, Classical Assumption Test, Multiple Regression Equation Model and Hypothesis Test.

Keywords: Fundamental Factors, Current Ratio, Total Debt to Total Assets, Net Profit Margin, Fixed Assets Turnover Ratio, Risk Management Disclosure, Corporate Social Responsibility (CSR)


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Edukasi Konsumen OJK. 2021. Pentingnya Literasi dan Perlindungan Konsumen Di Era Digital, (https://sikapiuangmu.ojk.go.id)

Efendi, Iwan. 2021. Eksistensi Generasi Milenial dalam Invesatsi Pasar Modal, (https://www.pajak.com)

Indraswari, Debora Laksmi. 2022. Geliat Kaum Muda Berinvestasi, (https://www.kompas.id)

Iswajuni, Soegeng Soetedjo dan Arina Manasikana. 2018. Pengaruh Enterprise Risk Management (ERM) Terhdap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manifaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek. Journal Of Applied Managerial Accounting, Vol. 2, No. 2, Page 147-153

Ivan. 2018. Analisis Faktor-faktor Fundamental Terhadap Harga Saham (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2021-2015). Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis, Vol. 2, No. 1, Page 254-262

Meiranto, Wahyu., dan Paramita Prasetyani. 2019. Pengungkapan Manajemen Risiko Terhadap Nilai Perusahaan (Penelitian Empiris pada Perusahaan non- Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017). Diponegoro Journal Of A Accounting, Vol. 8, No. 3

Nurul, A. Dzikir., Syahnur dan Tenriwaru. 2020. Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perushaaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris Pada Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2018). Atma Jaya Accounting Research, Vol. 3 No. 2, Page 219-235

Rahmasari, Suci., dan Wuryan Andayani. 2019. Pengaruh Pengungkapan Atas Manajemen Risiko Perusahaan, Modal Intelektual, Dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya, Vol. 7, No. 2

Ramona. Suci. 2017. Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating. Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Pasir Pengaraian

Riyanta, Desita Mitra Karina., dan iwan Setiadi. 2020. Pengaruh CSR Terhadap Nilai Perusahaan Dengan GCG Sebagai Pemoderasi. Jurnal Riset Akuntansi Mercu Buana, Vol. 6, No.1

Setiyono, Wahyu., Diyah Santi Hariyani, Anggita Langgeng Wijaya dan Apriyanti. 2018. Analisis Pengaruh Faktor Fundamental Terhadap Return Saham. Jurnal Kajian Akuntansi, Vol 2, Page 123-133

Sunardi, Nardi. 2018. Manajemen Produksi & Operasi. Edisi 1. Unpam Press, Jakarta.

Veronica, Meilin., dan Reny Aziatul Pebriani. 2020. Pengaruh faktor Fundamental Dan Makro Ekonomi Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Industri Properti di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Perbankan Syariah, Vol. 6




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v6i3.7066

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter