Pengaruh Tagline Gratis Ongkir Dan Cash On Delivery Terhadap Keputusan Pembelian Di Market Place Shopee (Studi Kasus Pengguna Shopee)

Siti Rahmawati Gude, Umin Kango, Yulinda L Ismail

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pengaruh Tagline Gratis Ongkir Terhadap Keputusan Pembelian Di Market Place Shopee 2) Pengaruh Cash On Delivery Terhadap Keputusan Pembelian Di Market Place Shopee 3) Pengaruh Gartis Ongkir Dan Cash On Delivery Terhadap Tingkat Pembelian Di Market Place Shopee. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif denan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden  Alat uji analisis yang di gunakan dalam menguji penelitian ini yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, dan pengujian hipotesis.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) variabel Gratis Ongkir memperoleh nilai Thitung sebesar 6,010 > Ttabel1,984 dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 maka secara parsial bepengaruh positif dan sigifikan terhadap keputusan pembelian 2) variabel Cash On Delivery memperoleh nilai Thitung sebesar 44,572 > Ttabel 1,984 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05 maka secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian 3) variabel Gartis Ongkir dan Cash On delivery memperoleh nilai Fhitung sebesar 72,103 > Ftabel 3,09 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05 maka secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di market place shopee.

Kata Kunci: Gratis Ongkir, Cash On Delivery, Keputusan Pembelian


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amalia, R. D., & Wibowo, S. (2019). Analisis Siaran Iklan dan Gratis Ongkos Kirim sebagai Tipu Muslihat di Youtube Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Pada E-Commerce Shopee) Universitas Telkom. 5(2), 571–579

Azizi, F., & Yateno, Y. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Diskon dan Tagline

“Gratis Ongkir” terhadap Keputusan Pembelian Pada Market Place Shopee

(Studi Kasus Pada Mahasiswa FEB, Universitas Muhammadiyah Metro)

Jurnal Manajemen Diverivikasi, 1(2), 260–277

Assauri, s. 2010. Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep dan Strategi. PT Raja Grafindo Persad.s

BPS (2023). Data penduduk/jiwa se Provinsi Gorontalo. Diakses tanggal 13 September 2023

Databoks.katadata.(2023). E-commerce dengan pengunjung terbanyak kuartal I 2023. Diakses pada tanggal 12 September 2023

Dukalang, R, et al, (2022) Pengaruh Model promosi Flash Sale Dan Tagline Gratis Ongkir terhadap Keputusan Pembeli di Tokopedia Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS.

Yogyakarta: Universitas Diponegoro

Ghozali, Imam, (2018) Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (9th ed). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Halaweh, M. (2017). Intention to Adopt the Cash on Delivery (COD)

Payment Model for E-commerce Transactions : An Empirical

Study [Al Falah University].

Halaweh, M. (2018). Cash on Delivery (COD) as an Alternative Payment Method for E-Commerce Transactions : Analysis and Implications.

Sociotechnology and Knowledge Development, 10(4), 1–12.

Himayati. (2008). Eksplorasi Zahir Accounting. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Hansson, S. O. (2005). Decision Theory: A Brief Introduction (p. 1).

Hsb Zuhada M,F,R et al,. (2023) Pengaruh Metode Pembayaran Cash On Delivery Pada Aplikasi Shopee Terhadap DayaBeli Konsumen Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Hajati,I,D.(2022) The Effect Of Cash on Delivery, Online Consumer rating and Reviews on the Online Product Purchase decisions Politeknik Kotabaru.

Istiqomah, M., & Marlena, N. (2020). Pengaruh promo gratis ongkos kirim dan online customer rating terhadap keputusan pembelian produk fashion. Jurnal Manajemen, 12(2), 288-298

Irawan, P, R, et al, (2023) Pengaruh Sistem Cash On delivery Dan Gratis Ongkos Kirim Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada MarketPlace TikTok Shop Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Berau

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. (2018). Principles of Marketing. Edisi 15

Global Edition.Pearson.

Kotler dan Armstrong. (2014). Prinsip-Prinsip Pemasaran (12th–13th ed.). Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. (2009). Manajemen Pemasaran . Jakarta : Erlangga.

Kotler, keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Kotler,Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 Dan 2. Jakarta : PT Indeks Kelompok Gramedia.

Larensia, G. A., Susilawati, I. R., & Akhrani, L. A. (n.d.). Peran Persepsi Terhadap Tagline Merek Kosmetik Wardah “Inspiring Beauty” Dalam Iklan Televisi Pada Brand Awareness Konsumen (Studi Pada Mahasiswi Universitas Brawijaya Malang).

Lupiyoadi,R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : Salemba Empat

Maisyura, Sukmawati,C, Dewi,R, & Arinanda (2021) Analysis Of Cash On Delivery (Cod) Payment Methods In Online Shopping Transctioms in Indonesia. Political & Social Science Faculty Of Malikussaleh University

Nugroho J. Setiadi, 2018. Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi Untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran, Jakarta.

Osak, D. J., & Pasharibu, Y. (2020). Pengaruh brand ambassador dan tagline

terhadap keputusan pembelian online dengan mediasi brand awareness. E-

Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 357–380.

Riduwan. (2015). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Reza Alfarozi. (2022). Pengaruh free ongkir kirim dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan online shop (Studi pada pengguna mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis Universitas Potensi Utama).

Solihin, D. (2020). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. JURNAL MANDIRI: Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 4(1), 38–51.

Shafa, P. M., & Hariyanto, J. (2020). Pengaruh Harga, Ulasan Produk, Dan

Metode Pembayaran Terhadap Keputusan Pembelian Dalam Berbelanja

Online Melalui Aplikasi Shopee (Studi Kasus Pada Pengguna Aplikasi

Shopee Di Bekasi).

Silviasari. (2020). Penyelesaian sengketa Konsumen dan Pelaku Usaha Dalam Transaksi E-commerce Melalui Sistem Cash On Delivery. Media of Law and SHARIA, 1(3).

Sugiyono.(2015). Metode penelitian kuntitatif, kualitatif, Dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono.(2017). Metode penelitian kuntitatif, kualitatif, Dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:

PT Alfabet.

Susanto. 2014. Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Dan Dampaknya terhadap Kepuasan Kosnsumen. Vol. 48, No. 1. Hal 4.

Tjiptono, Fandy. 2019. Kepuasan Pelanggan. Penerbit Andy, Yogyakarta.

Utami, N. W. (2011). Memahami Promo free Ongkir Yang Semakin Berkembang. Jurnal.id.

Widodo,R (2022) Pengaruh Gratis Ongkir, FlashSale dan Cash On Delivery,Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Online Shopee Pada Masyarakat Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Binawidya Kota Pekan Baru Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau PekanBaru.

Zaky Aulia, S,N et al (2022) Pengaruh E-service Quality dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada E-commerce Shopee) Departemen Administrasi Bisnis, FISIP, Universitas diponegoro.

Zusrony, E. (2021) Perilaku Konsumen Di Era Modern

Zusmawati, Rani,A (2023) Pengaruh Layanan Cash On delivery (COD) dan Custumer Review (OCR) Terhadap Keputusan Pembelian Pada (E-comerce) shopee di Kota Pariaman Manajemen,Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi KBP Padang




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v7i3.7091

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter