Pengaruh Customer Trust, Kualitas Layanan, Brand Preference Terhadap Loyalitas Nasabah BPR Sungkunandhana Tahunan

Mazia Nur Khaliza, Mohamad Rifqy Roosdhani

Sari


Loyalitas Nasabah di sebuah perusahaan perbankan sangat penting untuk di perhatikan. Karena ketika nasabah mempunyai loyalitas yang bagus, maka nasabah akan kembali menggunakan produk di perusahaan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Customer Trust, Kualitas Layanan dan Brand Preference terhadap Loyalitas Nasabah di BPR Sungkunandhana Tahunan Jepara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Nasabah Di BPR Sungkunandhana Tahunan Jepara. Sampel dalam penelitian ini Berjumlah 100 Responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan wawancara. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik Structural Equation Modelling (SEM) dengan bantuan alat Smart-PLS Versi 4.0. penelitian ini terdiri dari output Outer model, inner model, dan pengukuran hipotesis mediasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan Berpengaruh positif dan signifikan terhadap Customer Trust, Kualitas Pelayanan Berpengaruh Positif dan Signifikan terhadap Brand Preference, Kualitas Layanan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap loyalitas nasabah, Customer Trust berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Loyalitas Nasabah dan Brand Preference Berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah.

Kata Kunci: Kualitas pelayanan, Customer Trust, Brand Preference, Loyalitas Nasabah.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Antoni, J., & Meliana, V. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan dan Store AtmosphereTerhadap Brand Preference Bangi Kopitiam Kelapa Gading. KALBISIANA Jurnal Sains, Bisnis dan Teknologi 8(4), 4293-4306.

Aprilianto, B., Welsa, H., & Udayana, I. B. N. J. W. M. (2022). Pengaruh Commitment, Trust terhadap Customer Satisfaction dan Customer Loyalty. 4(1), 1-11.

Azmi, F. P., Nurbaiti, N., & Harahap, M. I. (2023). Pengaruh Pelayanan dan Besaran Premi Terhadap Loyalitas Nasabah Asuransi Jiwa Dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening (Studi kasus: Pada PT Sun Life Financial Syariah Cabang Medan). JIKEM: Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen, 3(2), 5667-5687.

Damayanti, S. (2023). Pengaruh Social Media Marketing Instagram Dan Preferensi Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Starbucks Tangcity Mall Kota TangeranG. Prosiding Simposium Nasional Multidisiplin, 4, 464-478.

Fitri, B. N., & Nugroho, D. A. J. J. M. P. d. P. K. (2023). Pengaruh Customer Satisfaction, Brand Preference, Dan Perceived Brand Benefits Terhadap Reuse Intentions Platform Digital Payment. 2(2).

Herman, H., Ramli, R., Adinugroho, I., & Business. (2023). Pengaruh Marketing Mix Dan Self Service Technology Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Bank Muamalat Kantor Cabang Mamuju. SEIKO: Journal of Management, 6(2).

Lutfi, A. M., Yanti, S., Suhardis, A., & Rumengan, M. T. (2023). Pengaruh Citra Merek, Identitas Merek, Preferensi Merk Dan Kepercayaan Konsumen, Terhadap Minat Beli Ulang Pada Merek Toyota Di Batam. Jurnal Cafetaria, 4(1), 165-174.

Nasution, I. H., & Frimayasa, A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah di PT. Bank Rakyat Indonesia KCP Kota

Wisata Kabupaten Bogor. Jurnal Portofolio: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1(2), 123- 132.

Prayoga, A., & Arianto, T. J. J. E. d. M. S. (2023). Pengaruh Brand Equity, Brand Trust Dan Brand Preference Terhadap Loyalitas Pelanggan Three Second Di Bencoolen Indah Mall Bengkulu. 4(1), 176-186.

Putera, A. D., Dalle, J., & Syafari, M. R. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan nasabah terhadap kepercayaan nasabah dan loyalitas nasabah penabung aktif PT bank Bukopin cabang Banjarmasin. Jurnal Bisnis dan Pembangunan, 10(2), 1-10.

Sa’adah, D. L., & Setiawan, M. B. (2023). Pengaruh Kepercayaan, Kualitas Pelayanan Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Nasabah Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Pada Nasabah PT. BPR BKK Demak Kantor Pusat Operasional). Management Studies Entrepreneurship Journal, 4(5), 5957-5970.

Solehati, A., Mustafa, F., Hendrayani, E., Setyawati, K., Kusnadi, I. H., Suyoto, Y. T., & Tannady, H. J. J. K. (2022). Analisis Pengaruh Store Atmosphere dan Service Quality Terhadap Brand Preference (Studi Kasus Pelanggan Gerai Ritel Kopi di DKI Jakarta). 6(2), 5146-5147.

Trisusanti, Y., & Karneli, O. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi pada Bank BNI Syariah Kantor Cabang Pekanbaru). Jurnal OM FISIP, 4(2).

Widagdo, T. H., & Ali, A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Inti Dan Kualitas Pelayanan Peripheral Terhadap Kepercayaan Pelanggan Dan Brand Image Serta Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian. Jibaku: Jurnal Ilmiah Bisnis, Manajemen dan Akuntansi 2(2), 32-43.

Yuliansyah, A., & Khadafi, R. (2023). The Influence of Trust, Customer Value and Customer Relationship Management (CRM) on Loyalty Through Customer Satisfaction of Republic of Indonesia Employee Cooperatives University of Jember. Indonesian Journal of Economic Management Sciences, 1(4), 577-596.

Yusra, I., & Rizki, W. W. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Kepercayaan Pelanggan (Konsumen) di Erha Skin Padang. Indonesian Journal of Applied Accounting and Finance, 1(1), 85-113.

Yusup, A., & Mulyandi, M. R. (2023). Pengaruh Customer Satisfaction dan Customer Trust Terhadap Customer Loyalty Pada Rumah Sakit X Di Gading Serpong Tangerang. Jurnal Manajemen dan Ekonomi Kreatif, 1(1), 01-15.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v7i3.7302

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter