Pengaruh Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Pada UPTD Puskesmas Kecamatan Onohazumba Kabupaten Nias Selatan
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) terhadap kualitas pelayanan publik di UPTD Puskesmas Onohazumba, Kabupaten Nias Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei, dimana data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada masyarakat yang menerima layanan di puskesmas tersebut. Indeks Kepuasan Masyarakat diukur berdasarkan beberapa indikator, termasuk kecepatan pelayanan, keterampilan petugas, sarana dan prasarana, serta kejelasan informasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa Variabel Indeks Kepuasan Masyarakat mampu menjelaskan bahwa sebesar 0,698 dengan presentase sebesar 70% setelah disesuaikan terhadap sampel dan variabel independen sedangkan sisanya 30% dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian. Oleh karena itu, direkomendasikan agar UPTD Puskesmas Onohazumba terus melakukan evaluasi dan perbaikan berkelanjutan terhadap aspek-aspek yang mempengaruhi kepuasan masyarakat, guna mencapai pelayanan publik yang lebih baik dan memenuhi harapan masyarakat.
Kata Kunci: Indeks Kepuasan Masyarakat, Pelayanan Publik
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abdurachman, D., Ramdhan, R. M., Karsoma, A., Winarno, A., & Hermana, D. (2023). Integrating Leadership in Job Demand Resources (JD-R) for Personal Performance in Military Institution. Sustainability (Switzerland), 15(5), 1–13. https://doi.org/10.3390/su15054004
Buganová, K., & Šimíčková, J. (2019). Risk management in traditional and agile project management. Transportation Research Procedia, 40, 986–993. https://doi.org/10.1016/j.trpro.2019.07.138
Gergin, Z., Çolak, E., Kayalar, M., & Yavaşoğlu, C. D. (2022). A New Organizational Agility Assessment Approach Applied in the Logistics Industry. Journal of Business Research - Turk, 14(2), 1129–1147. https://doi.org/10.20491/isarder.2022.1431
Joiner, B. (2019). Leadership Agility for Organizational Agility. Journal of Creating Value, 5(2), 139–149. https://doi.org/10.1177/2394964319868321
Margherita, A., Sharifi, H., & Caforio, A. (2021). A conceptual framework of strategy, action and performance dimensions of organisational agility development. Technology Analysis and Strategic Management, 33(7), 829–842. https://doi.org/10.1080/09537325.2020.1849611
Schuh, G., Prote, J. P., Gützlaff, A., Ays, J., & Donner, A. (2019). Fixed cost management as an enabler for agile manufacturing networks. Procedia Manufacturing, 39(2019), 625–634. https://doi.org/10.1016/j.promfg.2020.01.435
Strode, D. E., Sharp, H., Barroca, L., Gregory, P., & Taylor, K. (2022). Tensions in Organizations Transforming to Agility. IEEE Transactions on Engineering Management, 69(6), 3572–3583. https://doi.org/10.1109/TEM.2022.3160415
Theodore, W., Kasali, R., Balqiah, T. E., & Sudhartio, L. (2022). The effects of task environment and organizational agility on perceived managerial discretion and strategy implementation in a pharmaceutical company. International Journal of Pharmaceutical and Healthcare Marketing, 16(2), 204–221. https://doi.org/10.1108/IJPHM-11-2021-0116
Troise, C., Corvello, V., Ghobadian, A., & O’Regan, N. (2022). How can SMEs successfully navigate VUCA environment: The role of agility in the digital transformation era. Technological Forecasting and Social Change, 174(April 2021), 121227. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2021.121227
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v7i3.7339
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional