Pengaruh Penerapan Good Corporate Governance dan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Kinerja Keuangan sebagai Variabel Moderasi

Adnan Faqih, ABD. Rakhman Laba, Andi Ratna Sari Dewi

Sari


Nilai perusahaan adalah ukuran penting yang digunakan untuk mengevaluasi keuangan perusahaan secara keseluruhan. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh Good Corporate Governance (Komite Audit, Dewan Komisaris Independen, kepemilikan institusional) sebagai faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan kemudian melihat peran Kinerja Keuangan dalam memoderasi. Data dikumpulkan dari laporan keuangan tahunan perusahaan sektor industri dasar dan kimia tahun 2023 yang berjumlah 73 perusahaan, dengan menggunakan data pada situs resmi BEI (www.idx.co.id), (www.finance.yahoo.com), dan situs resmi masing-masing perusahaan. Data dianalisis dengan menggunakan aplikasi Statistical Package for the Social Sciences (27) dalam bentuk regresi linear berganda dan regresi moderasi dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komite audit tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, sedangkan dewan komisaris independen, kepemilikan institusional, dan corporate social responsibility berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, dan kinerja keuangan mampu memoderasi pengaruh dewan komisaris independen dan corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan. Namun, kinerja keuangan tidak memoderasi pengaruh komite audit dan kepemilikan institusional terhadap nilai perusahaan.

 

Kata kunci : nilai perusahaan, good corporate governance, corporate social responsibility, kinerja keuangan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Achmad, Saiful, dan Ulum. (2023). Determination of A Firm Value with CSR as a Moderation Variable. Jurnal Manajemen & Keuangan, doi: 10.33059/jmk.v12i1.4484.

Akerlof, G. A. (1970). The Market for Lemons : Quality Uncertainly and the Market Mechanism. Quarterly Journal of Economic, Vol. 84 No. 3, pp. 488-500.

Ananda, N. A., Hermanto dan Nugraha. I. N. (2016) “PENGARUH PROFITABILITAS, GROWTH OPPORTUNITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN dengan STRUKTUR MODAL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PERUSAHAAN PROPERTY, REAL ESTATE &BUILDING CONSTRUCTION DI BEI Periode 2011 – 2014,” Jmm Unram - Master of Management Journal, 5(4), hal. 1–18. doi: 10.29303/jmm.v5i4.3.

Anwar, K. (2023). Pengaruh good corporate governance terhadap nilai perusahaan. Inovasi: Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Manajemen, 19(2), 282-288.

Basir, A. (2022). PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN RISIKO BISNIS TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN BUMN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2017-2020 (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS KHAIRUN)

Brigham, E. F., dan Houston, J. F. (2013). Dasar – Dasar Manajemen Keuangan. Edisi 11. Jakarta: Salemba Empat.

Budimanta, Arif, Prasetijo, A., dan Rudito, B., (2008). Corporate Social Responsibility alternatif bagi pembangunan Indonesia. Cetakan kedua. Jakarta: ICSD.

Hendrik, B. U. (2008). Corporate Social Responsibility. Jakarta: Sinar Grafika.

Herawaty, V. (2008). Peran Praktek Corporate Governance Sebagai Moderating Variabel dari Pengaruh Earning Management Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, Vol. 10 No. 2, November, 2008, hal: 97-108.

ISO. (2009). Draf Internasional Standar ISO 26000 : Guidance on Social Responsibility. (http://isotc.iso.org/livelink/livelink?func=ll&objId=393583).

Jensen, M. C. dan Meckling, W. H. (1976) “Theory of the firm: Managerial behavior, agency costs and ownership structure,” Journal of Financial Economics, 3(4), hal. 305–360. doi: 10.1016/0304-405X(76)90026-X.

Kaldor, N. (1966). Marginal productivity and macro-economic theories of distribution: comment on Samuelson and Modigliani. Review of Economic Studies, Vol. 33, No. 4 (Oct., 1966), pp. 309-319.

Kasmir. (2016). Analisis Laporan Keuangan. PT. Raja Grafindo Persada Jakarta.

Katharina, Kaupke., Dodo, zu, Knyphausen-Aufseß. (2022). Sustainability and firm value in the oil and gas industry—A vicious circle?. Corporate Social Responsibility and Environmental Management, doi: 10.1002/csr.2409.

Kusumo, C. Y. & Ari, D. (2018). Pengaruh Perputaran Modal Kerja Ukuran Perusahaan, dan Diversifikasi terhadap Profitabilitas (Studi pada Perusahaan Food and Beverage yang terdaftar di BEI periode 2013-2016). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 57 No.1, pp: 83-89.

Lako, A. (2011). Dekonstruksi Corporate Sosisal Responbility dan Reformasi Bisnis, Akuntansi. Jakarta: Erlangga.

McWilliams, D.A., Berglund, D. R., Endres, G. J. (2000). Corn growth and management quick. (guide.www.ag.ndsu.edu).

Mirnayanti, & Rahmawati, I. (2022). Pengaruh Komite Audit Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan & Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2019. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 15(01), 20–29.

Nainggolan, I., M., dan Wardayani. (2020). Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan dengan Pengungkapan Good Coraporate Governance dan Corporate Social Responsibility sebagai Variabel Moderasi. Civitas: Jurnal Studi Manajemen, 2(1) 20-25.

Rumajar, (2018). pengaruh pengungkapan corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi. JOM FEB, volume 1 edisi 1 (januari - juni 2018).

Spence, M. (1973). Job Market Signaling. The Quarterly Journal of Economics, Vol. 87, No. 3. (Aug., 1973), pp. 355-374.

Vina, juliana., Yetty, Murni., Shinta, Budi, Astuti. (2023). The Impact Of CSR, Institutional Ownership, Tax Avoidance, And Leverage On Firm Value That Moderated By Profitability. Jurnal Pajak dan Keuangan Negara, doi: 10.31092/jpkn.v4i2.2034Wahyudi, I. dan Azheri, B. (2008). Corporate Social Responsibility. Malang: Setara Press.

Widianingsih, D. (2018) “Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Komisaris Independen, serta Komite Audit pada Nilai Perusahaan dengan Pengungkapan CSR sebagai Variabel Moderating dan Firm Size sebagai Variabel Kontrol,” Jurnal Akuntansi dan Pajak, 19(1), hal. 38. doi: 10.29040/jap.v19i1.196.

Xiaoran, N., dan Zhang, H. (2019). Mandatory corporate social responsibility disclosure and dividend payouts: evidence from a quasi-natural experiment. Accounting and Finance Association of Australia and New Zealand,Vol. 58, Issue. 5, Page. 1581-1612.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v7i3.7371

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter