Prosedur Pelayanan Gadai pada PT Pegadaian Cabang Sungguminasa Kabupaten Gowa

Muhammad Arfah

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelayanan gadai pada PT Pegadaian cabang Sungguminasa.

Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dimana penulis menggambarkan hasil observasi dan menganalisa data-data yang diperoleh di lapangan. Penulisan tugas akhir ini merupakan hasil penelitian yang dilakukan di PT Pegadaian Cabang Sungguminasa mulai pada bulan April 2024 sampai Juni 2024.

Setelah melakukan penelitian dan menganalisa, maka dapat disimpulkan bahwa prosedur pelayanan gadai dimulai dari nasabah, nasabah datang ke kantor pegadaian terdekat dengan membawa persyaratan yang dibutuhkan. Kemudian menyerahkan seluruh persyaratan serta barang jaminan ke penaksir dan melakukan musyawarat uang pinjaman setelah sepakat. Penaksir akan menyerahkan data nasabah beserta nominal uang pinjaman ysng dikehendaki nasabah kepada kasir lalu mencairkan pada saat itu juga. Pelayanan gadai akan cepat dan mudah bila semua persyaratan terpenuhi dengan benar.

Kata Kunci : Prosedur, Pelayanan, Gadai


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kasmir. (2013). Pengertian Usaha Gadai. Kasmir (2013:233), 1-3.

Mulyadi, A. E. (2018, 2020, 2015, 2013). Prosedur. Mulyadi (2018:5), Ashar

(2020:195), Evita (2015:3), dan Ardiyose (2013:734), 8-9.

Sinembela, Daryanto., Lupiyoadi, R., dan Ramdani, A. (2011, 2014, 2009, 2014). Pelayanan. Sampara (2011:5), Kotler (2014:135), Gronroos

(2009:174), dan Gronroos (2014:135), 9-11.

Ratnasari, R, Tri., dan Aksa, M. (2011). Karakteristik Jasa. Griffin (2011:3), 11.

Tjiptono, dan Chandra. (2016). Kualitas Jasa Seberapa Bagus Tingkat Layanan yang Diberikan Mampu Sesuai dengan Ekspektasi Pelanggan. Lewis & Booms (2016:125), 12.

Prof. Dr. Jasfar, F, M.E. (2009). Lima Dimensi Kualitas Pelayanan Jasa yang Harus Dipenuhi. Pasuruan (2009), 12.

Agustina, T. (2009). Gadai. Kamus Besar Bahasa Indonesia (2009), 14. Widiyono, T. (2009). Gadai. Pasal 1150 Sampai dengan 1160 (2009:238), 14.

Irnawati. (2017). Analisis Kebijakan Pemberian Kredit Gadai Terhadap Peningkatan Jumlah Nasabah Pada PT. Pegadaian Cabang Limbung di Gowa. (Skripsi Sarjana : Universitas Muhammadiyah Makassar).

Samsam. (2019). Preferensi Masyarakat Terhadap Produk Gadai Emas PT. Pegadaian Syariah Pada Cabang Pinrang. (Skripsi Sarjana : Institut Agama Islam Negeri Parepare).

Muktiyatul Ulya Muhsin. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Gadai KCA Pada PT. Pegadaian UPC Tanggul Wetan Jember. (Skripsi Sarjana : Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember).

Mutiara Putri Nur Hayati. (2023). Prosedur Pelayanan PT Pegadaian Cabang Demak. (Laporan Kerja Praktek Ahli Madya : Universitas Semarang)




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v7i2.7385

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter