Fenomena Bisnis Ritel E-Commerce di Indonesia Serta Dampak dan Peluangnya Terhadap Bisnis Ritel Tradisional
Sari
Perkembangan internet dan teknologi informasi telah membawa perubahan signifikan pada berbagai aspek kehidupan manusia, juga kedalam dunia bisnis. Munculnya e-commerce sebagai platform perdagangan elektronik memungkinkan konsumen untuk melakukan transaksi pembelian dan bertransaksi secara online. Beberapa dekade terakhir, e-commerce mengalami peningkatan yang pesat dan menjadi salah satu sektor bisnis yang menjanjikan. Hadirnya e-commerce telah merubah cara konsumen berbelanja serta berinteraksi dengan pengecer.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ahmadi, Farid., Sunyoto & Ardiansari, Anindya. (2018). Pengaruh Perdagangan Online Terhadap Perilaku Masyarakat Kota Semarang. Riptek. I2 (2).
Ardiansyah, Muhammad. (2022). Dampak Perkembangan E-Commerce Terhadap Bisnis Ritel Tradisional: Peluang Dan Tantangan. J-MABISYA. 3 (2).
Bathni, Ismul., Darmawan, Deni & Turkamun. (2021). Pengaruh Jual Beli Online Terhadap Pasar Tradisional Pedagang Pakaian Dan Tas Di Pasar Ciputat. Proceeding Seminar Nasional. 1 (2).
Chusumastuti, Dhety., Elisabeth, Christine Riani., Nurali., Suryadharma, Mochamad & Sinaga, Hommy Dorthy Ellyany. (2023). Gangguan Digital dan Transformasi Ekonomi: Menganalisis Dampak E-commerce terhadap Industri Tradisional. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan West Science. 1 (3).
Deny, Septian (03 Oktober 2023). Meski E-Commerce Naik Daun, Orang Indonesia Masih Gemar Belanja Offline. https://www.liputan6.com/bisnis/read/5413766/meski-e-commerce-naik-daun-orang-indonesia-masih-gemar-belanja-offline?page=3.
Desi, Regita (13 November 2023). Transformasi e-commerce dan dampaknya pada ekonomi ritel. https://www.kompasiana.com/regitadesi8393/65518199ee794a0a801445e2/transformasi-e- commerce-dan-dampaknya-pada-ekonomi-ritel
Egidia A, Anastasya & Muhammad, Irvan Wahyu ( 25 September, 2023). Persami Juli: Perubahan Pasar Ekonomi Jual Beli Masa Depan Transaksi Dagang Online dan Offline di Indonesia. https://egsa.geo.ugm.ac.id/2023/09/25/persami-juli-perubahan-pasar-ekonomi-jual-beli-masa- depan-transaksi-dagang-online-dan-offline-di-indonesia/
Febriant, Nadia Ulva., Zahrafani, Shalsa Aina Widi & Afifah, Wafiatul. (2023). Pengaruh Tiktok Shop terhadap Pedagang Pasar Tradisional di Pasar Tanjung dan Ambulu Kabupaten Jember. TUTURAN: Jurnal Ilmu Komunikasi, Sosial dan Humaniora. 1 (4).
Handrawan, Muh. Audi Rahmadani., Setyaningrum, Idfi & Ariani, Mintarti. (2021). Perkembangan Dan Dampak Positif Dan Negatif E‐Commerce Bagi Umkm Sektor Furnitur Dan Konsumen. CALYPTRA: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya. 9 (2).
Hidayatullah, Mochammad Ryan (13 September 2023). Jerit Soleh dan Pedagang Pasar Tanah Abang Sepi 'Terbunuh' TikTok Shop. https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20230913084336-92-998300/jerit-soleh-dan-pedagang-pasar-tanah-abang-sepi-terbunuh-tiktok-shop.
Kadeli, Wellin Yetna., Hasanah, Miftahul & Akbar, Rayhan. (2023). Analisis Potensi Pertumbuhan Pasar E-Commerce Di Daerah Pedesaan. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis. 1 (2).
Lenda, Aka Gita & Mahendra, Dimas Majid. (2021). Ekonomi Dan Perdagangan Online di Masa Pandemi. Seminar Nasional Sistem Informasi. UNMER Malang.
Lindiawatie., Shahreza, Dhona & Wati, Lisna. (2024). Analisis Perbandingan Penjualan Offline Dan Online Produk Fashion Meccanism Sebagai Cara Menarik Konsumen. CEMERLANG : Jurnal Manajemen dan Ekonomi Bisnis. 4 (1).
Lokhande, M. J. (2022). Online and Offline Shopping: A Comparative Study. International Journal of All Research Education and Scientific Methods (IJARESM). 10 (12).
Malazaneti, Nur., Aji, Gunawan & Rohmah., Farida. (2023). Analisis Dampak Online Shop Terhadap Para Pedagang Di Pasar Tradisional Paninggaran. Jurnal Sahmiyya. 2 (2).
Muniarty, Puji., Rimawan, M., Dwiriansyah, M Syukur & Nurullah, Dhini. (2023). Pengaruh E-Commerce Terhadap Prilaku Konsumen (Studi Kasus Pada Konsumen Pengguna Shopee di Kota Bima). Jurnal Bisnis Manajemen. 1 (2).
Nazar, Mohammad Rafki., Oloando, Alessandro Timotius., Putri, Muthia Aisha., Berri, Cakra & Tazkia, Maura. (2023). Pengaruh Perkembangan Teknologi terhadap E-Commerce. Jurnal Pendidikan Tambusai. 7 (1).
Nur’aeni., Ainulyaqin, MH & Edy, Sarwo. (2024). Dampak Fenomena E-Commerce Pada Tingkat Penjualan di Pasar Tradisional Ditinjau Dari Psikologi dan Ekonomi Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 10 (1).
Orinaldi, Mohammad. (2020). Peran E-commerce dalam Meningkatkan Resiliensi Bisnis diera Pandemi. Iltizam Journal of Shariah Economic Research. 5 (2).
Prasetyo, Rizky Bima. (2023). Pengaruh E-Commerce dalam Dunia Bisnis . Jurnal Manajemen Ekonomi & Bisnis. 1 (1).
Pratama, Bambang (31 Maret 2017). Akankah Toko Online Membunuh Toko Offline? https://business-law.binus.ac.id/2017/03/31/akankah-toko-online-membunuh-toko-offline/
Putri, Manie Sari Ama., Azizah, Puteri Adiba Wan Noer & Amallia, Dhea. (2023). Dampak Adanya E – Commerce Terhadap Penurunan Harga di Pasar Tradisional Pada Pasar Tanjung Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember . MANDUB: Jurnal Politik, Sosial, Hukum Dan Humaniora. 1 (4).
Rafanda, Shelly., Kurniawati, Fitri & Awali, Husni. (2024). Pengaruh Penggunaan Platform E- Commerce Terhadap Kinerja Penjualan Toko Offline Muda Mudi di Era Digital. Jurnal Sahmiyya. 3 (1).
Rahmi, Cinta., Maulana, Fadli., Matahari, Tegar Pijar., Syahrani , Emelly Aldina., Anwar, Khairul & Yuningsih, Sri Rahayu. 2024. Pengaruh Online Shop Terhadap Penjualan Di Pasar Tanah Abang Yang Semakin Sepi. Jurnal Media Akademik. 2 (6).
Ramadhani, Shabrina Nur (2 Desember 2023). Dampak Maraknya Perdagangan Online Terhadap Pedagang Konvensional. https://bekasimedia.com/2023/12/02/dampak-maraknya-perdagangan-online-terhadap-pedagang-konvensional/
Rianty, Martha & Rahayu, Pipit Fitri . (2021). Pengaruh E-Commerce Terhadap Pendapatan UMKM Yang Bermitra Gojek Dalam Masa Pandemi Covid-19. Akuntansi dan Manajemen, 6 (12).
Saraswati, Ni Ketut Cahya Deta (18 September 2023). Kian Sepi Pengunjung, Lika-liku Keluhan Pedagang Pasar Tanah Abang Soal e-Commerce. https://wartaekonomi.co.id/read514459/kian-sepi-pengunjung-lika-liku-keluhan-pedagang-pasar-tanah-abang-soal-e-commerce.
Sihadi, Nuniati., Roslan, Suharty & Sarpin. (2022). Dampak Penjualan Secara Online Terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Pedagang Pakaian Di Kota Kendari. SOCIETAL: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Sosiologi. 9 (1).
Sudaryono., Rahwanto, Efana & Komala, Ratna. (2020). E-Commerce Dorong Perekonomian Indonesia, Selama Pandemi Covid 19 Sebagai Entrepreneur Modern Dan Pengaruhnya Terhadap Bisnis Offline. Jurnal Manajemen Dan Bisnis (Jumanis) Prodi Kewirausahaan . 2 (2).
Sulistyawati. (2023). Buku Ajar Metode Penelitian Kualitatif. Penerbit K-Media. Yogyakarta.
Wati, Rizki Wahyu Aprilia. (27 September 2023). Pengaruh Keberadaan Pasar Digital Terhadap Pedagang Offline, https://www.kompasiana.com/rizkiwahyuapriliawati0094/65143eb308a8b515dc539843/pengaruh-keberadaan-pasar-digital-terhadap-pedagang-offline21:50
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v7i3.7553
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional