Analisis Perbandingan Peranan Tagline Pada Iklan Le Minerale Dan Aqua Terhadap Brand Aweraness Kota Balikpapan

Audria Balqis, Nur Ajiziyah, Indri Tiara Peprianti, Anhar

Sari


Penelitian ini membahas perbandingan efektivitas tagline pada iklan Le Minerale dan Aqua dalam membangun kesadaran merek (brand awareness) di Kota Balikpapan. Menggunakan pendekatan deskriptif dan komparatif, data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 60 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tagline "Kaya ada manis-manisnya" dari Le Minerale lebih berhasil menarik perhatian konsumen dibandingkan dengan tagline "Aqua dulu" dari Aqua, dengan 48,3% responden menganggap tagline Le Minerale sangat efektif. Selain itu, aspek lain seperti media promosi dan rekomendasi dari teman turut mempengaruhi peningkatan kesadaran merek. Berdasarkan temuan ini, rekomendasi strategis bagi perusahaan mencakup optimalisasi penggunaan media sosial dan televisi sebagai platform utama untuk memperkuat kesadaran merek di kalangan konsumen.

Keywords: Tagline, Brand Awareness, Le Minerale, Aqua, pemasaran.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anwar, H. (2019) ‘Pengaruh Kualitas Iklan Televisi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Air Mineral’, Jurnal Manajemen Pemasaran, 5(1), pp. 31–40.

Anhar, (2022). Pergeseran Ideologi Agama dalam Puisi Almustafa Karya Kahlil Gibran. Bahasa: Jurnal Keilmuan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. https://doi.org/10.26499/bahasa.v4i2.287

Anhar, (2023). Optimalisasi Materi Inklusi Kesadaran Pajak bagi Dosen Mata Kuliah Wajib Umum dengan Pendekatan Teks Akademik Genre Makro. ADMA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat. https://doi.org/10.30812/adma.v3i2.2709

Anhar, (2024). Krisis Identitas Budaya Generasi Z: Antara Lema Bahasa Bahasa Nasional, Bahasa Daerah Dan Bahasa Alay. SOCIETIES: Journal of Social Sciences and Humanities. https://doi.org/10.26858/societies.v4i1.64557

Arief, M. (2017) ‘Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Brand Awareness Produk Air Mineral pada Kalangan Remaja’, Jurnal Ilmu Pemasaran, 12(1), pp. 56–64.

Gunawan, A. (2016) Pemasaran Produk dan Jasa di Era Digital. Bandung: Alfabeta.

Hidayat, R. (2015) ‘Pengaruh Brand Awareness terhadap Keputusan Pembelian Produk Air Minum dalam Kemasan’, Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 7(1), pp. 45–53.

Kasali, R. (2007) Membidik Pasar Indonesia: Segmentasi, Targeting, dan Positioning. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kurniawan, F. (2018) ‘Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Iklan Terhadap Brand Awareness Produk Air Mineral’, Jurnal Ilmu Manajemen, 10(2), pp. 213–227.

Mulyadi, D. (2015) ‘Efektivitas Iklan Media Sosial dan Pengaruhnya Terhadap Brand Awareness Produk Konsumen’, Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 7(3), pp. 55–67.

Nugroho, H. (2018) ‘Peran Iklan dalam Peningkatan Brand Awareness Produk Makanan dan Minuman’, Jurnal Ekonomi dan Pemasaran, 11(2), pp. 78–89.

Putri, D. A. E. and Aulia, D. (2016) ‘Senantiasa Di Sisi Anda Sebagai Branding Tagline Dalam Membentuk Citra Terpercaya Nasabah Bank Central Asia (BCA) Samarinda’, Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(4), pp. 149–160.

Rangkuti, F. (2009) Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sari, D. (2019) ‘Pengaruh Iklan di Media Sosial terhadap Brand Awareness Produk Minuman Kemasan’, Jurnal Pemasaran Digital, 3(1), pp. 88–97.

Semuel, H. and Setiawan, K. Y. (2018) ‘Manajemen Pemasaran’, Jurnal Manajemen Pemasaran, 12(1), pp. 47–52. doi: 10.9744/pemasaran.12.1.47.

Suryadi, D. (2011) ‘Peran Iklan dalam Meningkatkan Brand Awareness Produk Minuman dalam Kemasan’, Jurnal Komunikasi Indonesia, 4(2), pp. 124–134.

Susanti, A. (2014) ‘Pengaruh Tagline terhadap Peningkatan Brand Awareness pada Produk FMCG’, Jurnal Komunikasi Pemasaran, 6(2), pp. 112–122.

Wahendarso, G. F. (2014) ‘Analisa Pengaruh Iklan Televisi untuk Anak-Anak terhadap Keputusan Pembelian Orang Tua’, E-Journal Graduate Unpar, 1(2), pp. 192–198.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v7i3.7556

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter