Konteks Globalisasi Dalam Manajemen Syariah
Sari
Artikel ini membahas tentang bentuk dari globalisasi dalam manajemen syariah yang menghadirkan berbagai peluang dan tantangan bagi penerapan manajemen syariah. Di satu sisi, globalisasi membuka akses terhadap pasar dan modal baru, memungkinkan pengembangan produk dan layanan syariah yang inovatif, serta mendorong kolaborasi antar institusi syariah di berbagai negara. Di sisi lain, globalisasi juga membawa potensi masuknya nilai-nilai dan praktik yang bertentangan dengan prinsip-prinsip syariah, sehingga diperlukan strategi yang tepat untuk menghadapinya.
Manajemen syariah dalam konteks globalisasi harus berlandaskan pada prinsip-prinsip Islam yang universal, namun juga fleksibel dan adaptif terhadap perubahan zaman. Penting untuk mengembangkan model manajemen syariah yang kontekstual, dengan mempertimbangkan budaya, regulasi, dan kebutuhan masyarakat di berbagai negara
Kata Kunci : Konteks, Globalisasi, Manajemen Syariah
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ahmad Suminto, S.H., M.E., dkk, Ekonomi Dalam Pandangan Islam: Serta Perannya Dalam Peningkatan Sumber Daya Manusia Dan Ekonomi Pembangunan Islam, Hasan Al-Banna, Risalah Pergerakan,2021, Hal 1-28
Anwar, D. R., Mahmud, M., Ista, A., & Sutomo, A. (2024). Konsep Kepemilikan Harta Dengan Maksimalisasi Laba Dalam Persfektif Islam. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(5).
Anwar, D. R., Uluelang, M. L., Mahmud, M., Amalia, R., Arham, A., & Hikmawati, H. (2024). Perencanaan Manajemen Keuangan Berbasis Syariah Pada Koperasi. YUME: Journal of Management, 7(2), 1168-1177.
Dr. Joni Tamkin b. Borhan. Peranan Dan Cabaran Ekonomi Islam Dalam Era Globalisasi. Afkar-Bil. 2001;141-164
Hasan Sultoni, DKK. Bank Syariah Di Dunia Internasional. Jurnal Eksyar. Vol 7(2), 2020; 35-51
Kokom Komariah. Strategi Manajemen Syariah Dalam Menghadapi Era Digital Dan Memenangkan Persaingan Pasar Di Samarinda Kalimantan Timur. Darul Ulum. Vol 10 (2). 2019; 115-136
Muhammad Nasikhin, Pengembangan Ekonomi Berbasis Syariah Di Era Globalisasi.Sekolah Tinggi Aagama Islam (STAI) At-Taqwa Bondowoso, 2016; 55-67
Muhammad Nasikhin. Pengembangan Ekonomi Berbasis Syariah Di Era Globalisasi. Sekolah Tinggi Aagama Islam (STAI) At-Taqwa Bondowoso. 2016; 55-67
Musthofa Ibrahim Shalah Syahadah, dkk, Islam Dan Globalisasi, JISMA Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, dan Akuntansi. Vol 2 (2),2023:1-13
Musthofa Ibrahim Shalah Syahadah, Dkk. Islam Dan Globalisasi. Melati journal. Vol. 2(2). 2023; 905-917
Nur Kholis, Masa Depan Ekonomi Islam dalam Arus Trend Ekonomi Era Global, Universitas Islam Indonesia. 2008; 1-23
Rizal, R., Natzir, A. W., Sukmawati, S., & Anwar, D. R. (2024). Pengaruh Etika Pengelolaan Dan Persaingan Dalam Bisnis Online Shop. YUME: Journal of Management, 7(1), 720-728.
Siti Nikmah Marzuki. Bank Syariah Di Indonesia. Jurnal Ekonomi Syariah. Vol 1(1),2018; 71-90
Siti Zulaikha, Pengaruh Globalisasi Ekonomi Terhadap Hukum Ekonomi Islam Di Indonesia, STAIN Jurai Siwo Metro. 2013; 1-14
Sukardi, S., Halim, H., & Anwar, D. R. (2024). Akuntabilitas Dan Ekuitas Syariah Terhadap Konsep Biaya Hutang Dalam Bisnis Syariah. YUME: Journal of Management, 7(1), 729-736.
Tira Nur Fitria. Perkembangan Bank Syariah Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam. Vol 1 (2).2015; 75-87
Wening Purbatin Palupi Soenjoto. Tantangan Bank Syariah Di Era Globalisasi. el Barka: Journal of Islamic Economics and Business.Vol.1(1),2018;79-103
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v7i2.7596
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional