Peningkatan Kreativitas Strategi Pemasaran melalui Implementasi teknologi digital untuk mendukung Kinerja : Studi pada UMKM Kawasan Wisata Boyolali

Firdaus Daniarta, Liana Mangifera

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk membantu mengetahui peran implementasi teknologi digital, kreativitas strategi pemasaran dan kinerja usaha. UMKM di kawasan wisata Boyolali menghadapi tantangan dalam mempertahankan daya saing dan meningkatkan kinerja usaha di tengah perkembangan teknologi digital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh implementasi teknologi digital dalam meningkatkan kreativitas strategi pemasaran dan kinerja usaha pada UMKM di kawasan wisata Boyolali. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan metode analisis data Partial Least Square (PLS) berbasis perangkat lunak SmartPLS 3.0. Data dikumpulkan melalui kuesioner dengan skala Likert dengan jumlah responden 175 dari para pelaku UMKM di kawasan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi teknologi digital berpengaruh positif dan signifikan terhadap strategi pemasaran, yang pada akhirnya mendorong kinerja usaha secara optimal. Selain itu, ditemukan bahwa kinerja usaha juga meningkat seiring dengan penerapan teknologi digital yang membantu meningkatkan kepuasan pengunjung melalui peningkatan fasilitas dan kualitas layanan. Implikasi penelitian ini menunjukkan pentingnya peningkatan implementsi teknologi digital dan pengembangan kreativitas strategi pemasaran yang kreatif bagi UMKM untuk bersaing di kawasan wisata. Penelitian selanjutnya disarankan untuk memperluas wilayah studi, seperti keterampilan digital dan modal sosial, untuk memperkaya pemahaman mengenai UMKM.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andrew, 3. and DC Smith, 1996. In Search Of The Marketing Imagination Factors Affecting The Creativity of Marketing Programs for Mature Prodom Journal of Marketing Research, 33: 174-187

Barney and Jay, 1991 Farm Resources and Sustained Competitive Advantage Joumal of Management, Pp: 17-21

Darsoprajitno, S.H. 2013.Pariwisata (Tata Laksana Pengelolaan Objek dan Daya Tarik Wisata). Edisi Revisi. Penerbit Angkasa. Bandung.

Day, G., 1994 The Capabilmes of Market-Driven Organizations J. Mark, 58. 37-51

Dewi Andriani, Mengembangkan Strategi Pemasaran pada Tahap Daur Hidup Produk, Jurnal Manajemen & Bisnis, Vol. 4 No. 2 Oktober 2004. Prodi

Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Isa, M., Farid Wajdi, M., Mangifera, L., Mardalis, A., & Kamarulzaman, N. H. (2023). Value Chain and Stakeholders’ Analyses of Batik Tulis Industry in Indonesia. Journal of Evolutionary Studies in Business, 8(2), 138–167. https://doi.org/10.1344/jesb2023.8.2.38898

Isa, M., Mangifera, L., Praswati, A. N., Sina, H. K., Wahyudi, A., Suwondo, A., & Kurniawan, W. (2023). Model Penguatan Kelembagaan Usaha Mikro Dan Kecil Untuk Pengentasan Kemiskinan. Jurnal Kebijakan Pembangunan Daerah, 7(1), 108–123. https://doi.org/10.56945/jkpd.v7i1.221

Krisdanti, G., & Rodhiyah, R. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Ukm Pada Sektor Industri Pengolahan Makanan Di Kota Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(4). Retrieved

From https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/13379

Mangifera, L., Perwithosuci, W., Aisyah, S., & Widawati, M. W. (2024). Does Financial Resource Development Effort Affect the Dynamic Entrepreneurial Capability and Performance of SMEs? Jurnal Manajemen Universitas Bung Hatta, 19(1), 92–103. https://doi.org/10.37301/jmubh.v19i1.24553

Mangifera, L., Wajdi, F., Amalia, F., & Uswatun Khasah, A. (2022). The Role of Digital Innovation in SMEs: A Financial Performance Perspective. Jurnal Manajemen Universitas Bung Hatta, 17(2), 157–170. https://doi.org/10.37301/jmubh.v17i2.20184

Miles, R and C Snow, 1978. Organization Strategy, Structure and Poocem, NY, McGraw-Hill.

Nell, S and GM Roset, 2006 The Effect of Strategie Complexity on Marketing Strategy and Organizational Performance. Journal of Business Research, 59: 1-10.

Olson, EM, SF. Slater and G.TM. Hult, 2005. The Importance of Structure and Process to Strategy Implementation Business Horizons, 48: 47-54

Porter, 1980 Competitive Strategy, New York: Free

Prasiasa, D. 2013. Destinasi Pariwisata Berbasis Masyarakat. Penerbit Salemba Humanika. Jakarta.

Ratnasari, K., & Levyda, L. (2021). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Perusahaan : Studi Kasus Umkm Pendukung Wisata Kuliner Di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 6 (2), 1–10.

Sahabuddin, R. (2016). Meningkatkan Kinerja Usaha (Mikro, Kecil, dan Menengah Dalam Perspektif Kewirausahaan). Makasar : Carabaca.

Sarfiah, S., Atmaja, H., & Verawati, D. (2019). UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan), 4(2), 1–189. https://doi.org/10.31002/rep.v4i2.1952

Suryana. (2017). Kewirausahaan: Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta : Salemba Empat.

Slater, S.F. GTM Hult and EM. Olaon, 2010a Factors Influencing the Relative Importance of Marketing Strategy Creativity and Marketing Strategy Implementation Effectiveness Industrial Marketing Management, 19: 551-559

Yoeti, O. 2008. Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata. Penerbit Pradaya Paramita. Jakarta.

Zeithaml, Valery A., Leonard L. Berry, A. Parasura-man, 1996. The Behavioral Consequences of Service Quality, Journal of Marketing, Vol 60 (April) pp. 31-46.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v7i2.7679

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter