Pengaruh Influencer Terhadap Niat Membeli Produk Dengan Materialime dan Fear Of Missing Out (FOMO) Sebagai Variabel Mediasi
Sari
Era digital memudahkan seseorang untuk berinteraksi secara online, seperti influencer dengan pengikut di media sosial. Influencer yang baik mampu membantu bisnis dalam mendukung strategi pemasaran. Peran influencer merupakan salah satu aspek gaya hidup FOMO dan materialisme di masyarakat. Penelitian ini dilakukan guna mengetahui pengaruh influencer dengan gaya hidup FOMO dan materialisme terhadap niat untuk membeli produk endorsement. Penelitian ini menjelaskan perilaku influencer terkait pembelian produk yang mendukung fenomena gaya hidup di era digital. Metodologi yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik purposive sampling sehingga ukuran sampel sebanyak 120 responden. Pengujian instrumen meliputi uji validitas dan reabilitas yang mengkonfirmasi hasil penelitian yang valid dan reliabel. Temuan dalam penelitian ini mengungkapkan bahwa influencer dan gaya hidup FOMO secara signifikan mempengaruhi niat untuk membeli produk endorsement. Temuan ini menyiratkan bahwa generasi muda saat ini bijak dalam membuat keputusan pembelian produk dan lebih mementingkan kebutuhan daripada keinginan. Bagi pemasar, temuan ini dapat digunakan untuk mengembangkan bisnis dan mengetahui gaya hidup masyarakat, terutama perilaku FOMO dan materialisme di Indonesia.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Adinda Nora Farasandy, & Willy Arafah. (2023). Pengaruh Influencer Terhadap Purchase Intention Pada Platform Media Sosial. Jurnal Ekonomi Trisakti, 3(2), 2819–2830. https://doi.org/10.25105/jet.v3i2.17809
Ajzen, I. (2020). The theory of planned behavior: Frequently asked questions. Human Behavior and Emerging Technologies, 2(4), 314–324. https://doi.org/10.1002/hbe2.195
Anjani, E. R., & Simamora, V. (2022). Pengaruh Influencer, Harga Dan Kualitas Produk Skincare Scarlett Whitening Terhadap Keputusan Pembeli Generasi Z, Dki Jakarta. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(3), 1293–1308. https://doi.org/10.31955/mea.v6i3.2547
Boon, S., & Lomore, C. (2001). Admirer-celebrity relationships among young adults.. Human Communication Research, 27(3), 432–465. https://doi.org/10.1111/j.1468-2958.2001.tb00788.x
Cantikasari, Y., & Basiya, R. (2022). Pengaruh Motivasi Hedonis, Materialisme, Dan Shopping Lifestyle Terhadap Pembelian Impulsif. E-Mabis: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 23(2), 33–43. https://doi.org/10.29103/e-mabis.v23i2.857
Dinh, T. C. T., & Lee, Y. (2022). “I want to be as trendy as influencers” – how “fear of missing out” leads to buying intention for products endorsed by social media influencers. Journal of Research in Interactive Marketing, 16(3), 346–364. https://doi.org/10.1108/JRIM-04-2021-0127
Evans, N. J., Phua, J., Lim, J., & Jun, H. (2017). Disclosing Instagram Influencer Advertising: The Effects of Disclosure Language on Advertising Recognition, Attitudes, and Behavioral Intent. Journal of Interactive Advertising, 17(2), 138–149. https://doi.org/10.1080/15252019.2017.1366885
Falajunah, C. T., & Hendayani, R. (2024). Pengaruh FOMO (Fear Of Missing Out) by Tiktok Influencer Terhadap Minat Beli Produk Scarlett. Economic Reviews Journal, 3(1), 96–108. https://doi.org/10.56709/mrj.v3i2.340
Ferle, C., & Chan, K. (2008). Determinants for materialism among adolescents in Singapore. Young Consumers, 9(3), 201–214. https://doi.org/10.1108/17473610810901633
Handayani, H. (2023). Implementasi Sosial Media Influencer terhadap Minat Beli Konsumen: Pendekatan Digital Marketing. Jesya, 6(1), 918–930. https://doi.org/10.36778/jesya.v6i1.1023
Hashim, N. A. A. N., Awang, Z., Yusoff, A. M., Safri, F. H. M., Fatt, B. S., Velayuthan, S. K., Hashim, H., & Novianti, S. (2020). Validating the measuring instrument for determinants of tourist’s preferences toward revisit intention: A study of genting highland. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems, 12(7 Special Issue), 2236–2240. https://doi.org/10.5373/JARDCS/V12SP7/20202349
Hermawan, F., & Ina Oktaviana Matusin. (2023). the Influence of Social Media Advertisements To Purchase Intention. Jurnal Ekonomi Trisakti, 3(1), 1623–1636. https://doi.org/10.25105/jet.v3i1.16185
Indriana, A., Sholahuddin, M., Kuswati, R., & Soepatini. (2022). The Impact of e-WOM and Celebrity Endorser on Purchase Intention Mediated by Brand Image: A Study on Halal Cosmetic Products. Journal of Business and Management Studies, 4(4), 197–210. https://doi.org/10.32996/jbms.2022.4.4.29
Laheba, T. R. (2020). Analisis Pengaruh Atribut Influencer Marketing Produk Elektronik pada Platform Youtube terhadap Customer Purchase Intention. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 7(2), 118–125. https://doi.org/10.26905/jbm.v7i2.4571
Liu, X., & Zheng, X. (2024). The persuasive power of social media influencers in brand credibility and purchase intention. Humanities and Social Sciences Communications, 11(1), 1–12. https://doi.org/10.1057/s41599-023-02512-1
McCracken, G. (1983). an Epigenetic Theory of Emotions in Early Development. Emotions in Early Development, 16(December), 315–349. https://doi.org/10.1016/b978-0-12-558702-0.50017-0
Niswah Maghfira, Umi Widyastuti, & Dicky Iranto. (2024). Pengaruh Financial Literacy Dan Compulsive Buying Terhadap Propensity To Indebtedness. Journal of Social and Economics Research, 5(2), 2156–2168. https://doi.org/10.54783/jser.v5i2.314
Onggono, J. N., & Virlia, S. (2021). Pengaruh Social Media Addiction terhadap Depresi dengan Social Comparison Sebagai Variabel Moderator pada Pengguna Instagram. Psychopreneur Journal, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.37715/psy.v5i1.1868
Pramadani, F. (2020). Pengaruh Materialisme, Prestise, dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Kafe Mewah di Kota Malang. Universitas Brawijaya, 1(0), 1–23.
Radianto, A. J. V., & Kilay, T. N. (2024). Pengaruh Fomo (Fear of Missing Out) Dan Influencer Terhadap Niatan Untuk Membeli Pada E-Commerce. Jurnal Revenue: Jurnal Akuntansi, 4(2), 490–495.
Rafik, A. &, & Suardhita, N. (2023). ketetapan malhotra.pdf (pp. 11–22). Jurnal manajemen dan bisnis.
Salsabila, S., Rahmawati, D., & Wibowo, F. E. (2023). Pengaruh Iklan dan Influencer di Applikasi TikTok terhadap Minat Beli Konsumen. Journal of Student Development Informatics Management, 3(November), 348–358.
Shadrina, R. N., & Sulistyanto, Y. (2022). Analisis Pengaruh Content Marketing, Influencer, dan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Terapan, 5(2), 78–83. https://doi.org/10.31849/jmbt.v5i2.14231
Shen, Z. (2021). A persuasive eWOM model for increasing consumer engagement on social media: evidence from Irish fashion micro-influencers. Journal of Research in Interactive Marketing, 15(2), 181–199. https://doi.org/10.1108/JRIM-10-2019-0161
Stevani, N., & Junaidi, A. (2021). Pengaruh Influencer terhadap Minat Beli Produk Fashion Wanita pada Instagram. Prologia, 5(1), 198. https://doi.org/10.24912/pr.v5i1.10121
Supriyadi, S., Wiyani, W., & Nugraha, G. I. K. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 4(1), 74–85. https://doi.org/10.26905/jbm.v4i1.1714
Syafaah, N., & Santoso, I. H. (2022). Fear of Missing Out dan Korean Wave : Implikasinya pada Keputusan Pembelian Kosmetik asal Korea. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 5(3), 405–414. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v5i3.239
Wulandari, K. (2018). Pengaruh Kecanduan Internet Dan Materialisme Terhadap Perilaku Pembelian Kompulsif Online. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(2), 1021. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2018.v7.i02.p17
Yamin, S. (2023). Smartpls 3 Smartpls 4.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.7772
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional