Pengaruh Keamanan, Kepercayaan, dan E-Service Quality Terhadap Loyalitas Pelanggan Grab di Kota Batam

Daffa Ramadhan, Inda Sukati

Sari


Penelitian ini untuk menguji dan menganalisis pengaruh keamanan, kepercayaan, dan e-service quality terhadap loyalitas pelanggan. Dalam penelitian ini adalah aplikasi Grab. Populasi dalam penelitian ini yaitu pelanggan Grab di kota Batam. Pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dengan penentuan waktu selama 2 minggu, sehingga dalam kurun waktu tersebut diperoleh 104 responden sebagai unit analisis. Pendekatan kuantitatif digunakan melalui penggunaan regresi berganda dengan menggunakan SPSS Statistik versi 26. Hasil analisis deskriptif memberikan bukti bahwa privasi dan keamanan adalah indikator e-service quality yang paling penting, kesesuaian saran yang paling penting untuk peningkatan kualitas keamanan sehingga menimbulkan rasa kepercayaan merupakan indikator dominan dari keamanan dan evaluasi alternatif untuk loyalitas pelanggan. Hasil pengujian memberikan bukti bahwa semakin tinggi tingkat keamanan aplikasi Grab yang dilakukan dan semakin tinggi pula juga rasa percaya dari pelanggan yang akan berbanding lurus terhadap loyalitas pelanggan untuk terus menggunakan aplikasi tersebut, dan terbukti juga peningkatan e-service quality juga berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan yang ikut tinggi. Variabel keamanan, kepercayaan dan e-service quality masing masing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan Grab di Kota Batam Kata kunci: Keamanan, Kepercayaan, E-Service Quality, Loyalitas Pelanggan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abriandi, & Rada Dea Ananda Puspa. (2023). E-Word of Mouth, Perceived Service Quality, dan Repurchase Intention Konsumen Mixue: Lifestyle sebagai Pemoderasi. JKBM (JURNAL KONSEP BISNIS DAN MANAJEMEN), 9(2),

–148. https://doi.org/10.31289/jkbm.v9i2.9561

Anisa Ayu Gyanmar, F., Achmad, N., & Ekonomi Dan Bisnis, F. (2024). PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP TURNOVER INTENTION DENGAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI STUDI KASUS

PADA CV. INDOJATI (Vol. 8, Issue 2).

Callista Alessandro, L., Japarianto, E., & Sondang Kunto, Y. (2023). PERAN MEDIASI BRAND IMAGE PADA PENGARUH CELEBRITY ENDORSEMENT TERHADAP PURCHASE INTENTION PRODUK SKIN

CARE NATURE REPUBLIC. Jurnal Manajemen Pemasaran, 17(1), 24–30. https://doi.org/10.9744/pemasaran.17.1.24-30

Chandra, J. R., & Adiwijaya, M. (2023). PENGARUH CUSTOMER EXPERIENCES DAN BRAND TRUST TERHADAP REPURCHASE INTENTION DENGAN MODERASI SALES PROMOTION PADA SPBU SHELL SURABAYA.

Jurnal Manajemen Pemasaran, 17(1), 41–52. https://doi.org/10.9744/pemasaran.17.1.41-52

Dessy Yunita, Ahmad Nazaruddin, & Lisnawati. (2023). Membangun Loyalitas Online: Pengaruh Kepercayaan Merek, Keterikatan Merek dan Penerimaan Teknologi. JKBM (JURNAL KONSEP BISNIS DAN MANAJEMEN), 9(2), 188–201. https://doi.org/10.31289/jkbm.v9i2.8848

Febriansyah, R. Y., Sidiq, F., & Prabowo, A. (2023). Studi pada UMKM Binaan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Jawa Barat Tahun 2021 Sektor Kuliner. Jurnal Manajemen Pemasaran, 17(1), 1–10. https://doi.org/10.9744/pemasaran.17.1.1-10

Meillycent, J., Oslan, S. J., & Aprilia, A. (2023). PENGARUH DINING EXPERIENCE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI RUSTIC MARKET BY THE LAKE RESTORAN GRAHA NATURA SURABAYA.

Jurnal Manajemen Pemasaran, 17(1), 31–40. https://doi.org/10.9744/pemasaran.17.1.31-40

Prima Lita, R. (2023). Mediating role of consumer trust in local food restaurants on the relationship between social media marketing and consumer purchase intention in Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa, 16(1), 13– 28. https://doi.org/10.25105/jmpj.v16i1.15513

Santoso, A. L., Japarianto, E., Tandijaya, T. N. B., & Andreani, F. (2023a). PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP CUSTOMER LOYALTY MELALUI CUSTOMER ENGAGEMENT SEBAGAI VARIABEL

INTERVENING DARI IKEA CIPUTRA WORLD. Jurnal Manajemen Pemasaran, 17(2), 81–89. https://doi.org/10.9744/pemasaran.17.2.81-89

Santoso, A. L., Japarianto, E., Tandijaya, T. N. B., & Andreani, F. (2023b). PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP CUSTOMER LOYALTY MELALUI CUSTOMER ENGAGEMENT SEBAGAI VARIABEL

INTERVENING DARI IKEA CIPUTRA WORLD. Jurnal Manajemen Pemasaran, 17(2), 81–89. https://doi.org/10.9744/pemasaran.17.2.81-89

Suginam, S., Afriany, J., Julitawaty, W., & Nurlaila, N. (2022). Pengaruh Promosi Jabatan, Kenaikan Gaji, Leadership Terhadap Meningkatnya Kualitas

Sumber Daya Manusia The Effect of Position Promotion, Salary Increase, Leadership on Improving the Quality of Human Resources. JKBM (JURNAL KONSEP BISNIS DAN MANAJEMEN), 8(2), 203–214.

https://doi.org/10.31289/jkbm.v8i2.7318

Suharto, S., & Hoti, A. (2023). Relationship Marketing, Customer Experience and Customer Satisfaction: Testing Their Theoretical and Empirical Underpinning. Jurnal Manajemen Bisnis, 14(1), 21–35. https://doi.org/10.18196/mb.v14i1.17805

Tarigan, M., & Fadillah, F. (2023). Identification of soft competencies aspects in human resource development in the industrial era 4.0. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 26(1), 21–44.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v7i3.7806

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter