Meningkatkan Semangat Belajar: Pengaruh Game Edukasi Quizizz pada Siswa Kelas V A SD Katolik 03 Frater Don Bosco Manado dalam Pembelajaran Bahasa Inggris
Sari
Dengan pendekatan yang sesuai dan kerja sama yang baik dari semua pihak yang ada, diharapkan siswa mampu mengatasi tantangan dalam pembelajaran Bahasa Inggris dan mencapai hasil yang optimal. Pembelajaran Bahasa Inggris yang efektif tidak hanya akan meningkatkan keterampilan bahasa siswa, tetapi juga memberikan persiapan kepada siswa agar bisa menyesuaikan adanya tantangan global di waktu mendatang. Tujuan penelitian ini guna mengevaluasi dampak penerapan Game Edukasi Quizizz pada motivasi belajar siswa di kelas V A SD Katolik 03 Frater Don Bosco Manado dalam pelajaran Bahasa Inggris. Peneliti menerapkan data penelitian dengan sifat kuantitatif, dan data dikumpulkan melalui proses kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Populasi yang diteliti terdiri dari seluruh siswa kelas V A, sejumlah 25 siswa, dan metode pengambilan sampel yang diterapkan sampling jenuh. Hasilnya menjelaskan adanya pengaruh positif dari penerapan media audiovisual pada motivasi belajar siswa dalam pelajaran Bahasa Inggris. Ini dilihat sesuai hasil uji paired sample t-test yang menjelaskan skor sig. 0,000. Sebab skor sig. < 0,05, maka bisa dibuktikan bahawa ada pengaruh secara signifikan dari penerapan Game Edukasi Quizizz terhadap motivasi belajar siswa di kelas V. Dengan demikian, dapat dirangkum bahwa Game Edukasi Quizizz memberikan dampak positif bagi motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris di kelas V A SD Katolik 03 Frater Don Bosco Manado.
Kata Kunci : Game Edukasi Quizizz, Motivasi Belajar, Pembelajaran Bahasa InggrisTeks Lengkap:
PDFReferensi
Dalilah, W. K., & Sya, M. F. (2022). Problematika Berbicara Bahasa Inggris Pada Anak Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 1(4), 474–480.
Dewi Yuliati, Santoso, G. S. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Powtoon Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Materi Ips Pada Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Kecamatan Cluwak Kabupaten Pati. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(20), 132–144.
Fauziyyah, D. H., Antik Sari, N. T., & Wulan, N. S. (2024). Pengaruh Model Game Based Learning (Gbl) Berbantuan QuizizzTerhadap Peningkatan Perbendaharaan Kata Siswa Kelas Iv SekolahDasar. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 2(2), 1–7.
Febriani, R., & Sya, M. F. (2022). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Pengucapan Bahasa Inggris. Karimah Tauhid, 1(4), 461–467.
Girsang, M. L., & Shalihat, H. M. (2022). Penggunaan Aplikasi Quizizz Pada Pembelajaran. Jurnal Abdimas Mutiara, 3, 307–315.
Setiawati, I. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Mi Al- Bahri Kebon Nanas Jakarta. Skripsi (Uin), 1–97.
Widiyanti, N., & Ansori, Y. Z. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V A Di Sdn Ciparay I. Seminar Nasional Pendidikan, 226–228.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.7836
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional