Pengaruh Celebrity Endorsement, Citra Merek Dan Daya Tarik Terhadap Minat Beli Brand Erigo Di Kalangan Mahasiswa Kota Batam

Netasia Rafika Purba, Asron Saputra

Sari


Strategi pemasaran yang tepat menjadi elemen penting dalam menarik perhatian konsumen, khususnya di kalangan generasi muda. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh celebrity endorsement, citra merek, dan daya tarik terhadap minat beli produk Erigo di kalangan mahasiswa di Kota Batam. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester ganjil jurusan Manajemen di Kota Batam pada tahun 2024 yang berjumlah 1366 mahasiswa, dengan sampel yang diambil menggunakan rumus Slovin, menghasilkan 360 responden. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada mahasiswa sebagai responden, dan analisis regresi linier berganda digunakan untuk menguji hubungan antar variabel. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa celebrity endorsement memberikan kontribusi sebesar 11,0% terhadap minat beli, citra merek memberikan kontribusi sebesar 21,3%, dan daya tarik memberikan kontribusi sebesar 49,6%. Analisis koefisien determinasi (R²) menunjukkan bahwa 57,9% minat beli dapat dijelaskan oleh celebrity endorsement, citra merek, dan daya tarik. Temuan dari uji t dan uji F menunjukkan bahwa celebrity endorsement, citra merek, dan daya tarik memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli, baik secara individual maupun bersamaan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aquilla, K., Basalamah, M. R., & Hatneny, A. I. (2022). Pengaruh Daya Tarik, Keahlian, dan Kepercayaan Selebgram Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Scarlett Whitening (Studi Kasus Pada Mahasiswi Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang). Jurnal Riset Manajemen, 76–87. www.fe.unisma.ac.id

Clara, C. (2023). Celebrity Endorsements And Its Brand Love On Purchase Intention At E-Marketplace. Jurnal Manajemen, 27(1), 41–61. https://doi.org/10.24912/jm.v27i1.1078

Fahmi, S. (2023). Pengaruh Promosi, Harga dan Daya Tarik Produk terhadap Minat Konsumen untuk Beralih menggunakan Sepeda Listrik. JAMIN : Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Inovasi Bisnis, 6(1), 92. https://doi.org/10.47201/jamin.v6i1.199

Farouq, F., & Rusdi, F. (2023). Pengaruh Celebrity Endorsement terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Erigo Apparel). Kiwari, 2(1), 62–67. https://doi.org/10.24912/ki.v2i1.23053

Krisdayanti, H., & Arini, E. (2021). Pengaruh Daya Tarik, Citra Merek, Keahlian Dan Selebriti Endorse Terhadap Minat Beli. (JEMS) Jurnal Entrepreneur Dan Manajemen Sains, 3(1), 67–75. https://doi.org/10.36085/jems.v3i1.2744

Kuswibowo, C., & Murti, A. K. (2021). The Effect Analysis Of Brand Image, Promotion, And Electronic Word Of Mouth On Purchase Intention In Online Store Application. Jurnal Manajemen Industri Dan Logistik, 05(01), 53–61.

Nova, F. (2023). The Influence Of Ambassador’s Brand On Brand Image And Their Impact On Buying Interest Of Tokopedia Consumers. Jurnal Manajemen Industri Dan Logistik, 6(2), 216–226. https://doi.org/10.30988/jmil.v6i2.991

Ramadhani, A., & Insani, N. (2023). Celebrity Endorsements and Brand Attitudes Toward Buying Interest. International Journal of Social Science and Business, 7(2), 305–312. https://doi.org/10.23887/ijssb.v7i2.47383

Sahabuddin, R., Arif, H. M., Unde, J. T., Putri, F. A., & Nazirah, A. (2024). Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Produk Skintific Dalam Perspektif Mahasiswa UNM. Jurnal Manajemen, 3(2), 198. https://doi.org/10.26858/jm.v3i2.54692

Sakinatun, F. A., & Soepatini. (2023). Pengaruh Celebrity Endorsement Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Empiris pada Konsumen Pengguna TikTok Shop di Wilayah Surakarta). Jurnal Media Wahana Ekonomika, 20(2), 242–254. https://doi.org/10.31851/jmwe.v20i2.12056

Simanjuntak, T. W., & Saputra, A. (2024). Pengaruh Brand Image, Content Influencer dan Live Streaming Tiktok terhadap Minat Beli Skincare Skintific di Batam. Arus Jurnal Sosial Dan Humaniora, 4(1). http://jurnal.ardenjaya.com/index.php/ajshhttp://jurnal.ardenjaya.com/index.php/ajsh

Sitompul, S. R., & Saputra, A. (2024). Pengaruh Diferensiasi Produk, Citra Merek Dan Daya Tarik Iklan Terhadap Minat Beli Body Shop Di Kota Batam. Economics and Digital Business …, 5(1). https://www.ojs.stieamkop.ac.id/index.php/ecotal/article/view/1102%0Ahttps://www.ojs.stieamkop.ac.id/index.php/ecotal/article/download/1102/792

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D (Sutopo (ed.); ke 2). Alfabeta.

Tiefani, & Saputra, A. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Ulang Konsumen Pada Pt Anugerah Avava Cemerlang Batam. Jurnal EMBA, 8(1), 2095–2105.

Yudiawan, M., & Asmanih. (2022). Pengaruh Daya Tarik Dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(3), 815–823.

Zulfikar, T., Aprianti, I., & Rachmawati, E. (2022). Digital Marketing and Brand Image To Increase Consumer Purchase Interest. Jurnal Manajemen Industri Dan Logistik, 6(1), 21–29. https://doi.org/10.30988/jmil.v6i1.976




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v7i3.7865

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter