Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Produk
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu pengaruh bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, promosi dan distribusi terhadap peningkatan volume penjualan pada Subur Sentosa Makassar. Adapun sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Populasi penelitian mengacu pada konsumen Subur Sentosa Makassar. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik nonprobability sampling dengan pendekatan purposive sampling yaitu peneliti memilih sampel purposif secara subyektif. Berdasarkan dari hasil perhitungan sampel dari populasi 100 orang konsumen pada PT. Subur Sentosa Makassar adalah 50 sampel. Metode yang digunakan adalah metode analisis regresi linear berganda. Dalam penelitian ini juga menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, guna untuk mengetahui apakah ada pengaruh bauran pemasaran terhadap peningkatan volume penjualan. Untuk menguji hipotesis peneliti melakukan uji parsial, uji simultan dan uji koefisien determinasi. Dari hasil uji hipotesis seperti uji simultan dan uji parsial telah terbukti bahwa bauran pemasaran memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan volume penjualan.
Kata Kunci: Product, Price, Place, Promotion, Bauran Pemasaran.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ali, M. T. R., & Khuzaini, K. (2017). Pengaruh harga, kualitas produk, lokasi, dan fasilitas terhadap keputusan pembelian rumah. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 6(9). http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/download/1114/1132
Baker, P., Smith, J., Salmon, L., Friel, S., Kent, G., Iellamo, A., Dadhich, J. P., & Renfrew, M. J. (2016). Global trends and patterns of commercial milk-based formula sales: is an unprecedented infant and young child feeding transition underway? Public Health Nutrition, 19(14), 2540–2550. https://doi.org/10.1017/S1368980016001117
Chen, T., Yin, H., Chen, H., Wu, L., Wang, H., Zhou, X., & Li, X. (2018). Tada: trend alignment with dual-attention multi-task recurrent neural networks for sales prediction. 2018 IEEE International Conference on Data Mining (ICDM), 49–58. https://doi.org/10.1017/S1368980016001117
Friberg, R., & Sanctuary, M. (2017). The effect of retail distribution on sales of alcoholic beverages. Marketing Science, 36(4), 626–641. https://doi.org/10.1287/mksc.2017.1038
Ghofur, A., Badriyah, N., Zahro, E. K., & Kusumaningrum, A. (2020). Analisis Pengaruh Harga Barang, Promosi Dan Saluran Distribusi Terhadap Volume Penjualan Pupuk Organik Non Subsidi Pada CV Gunung Mas Gresik. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 4(2), 927–936. https://doi.org/10.22437/jssh.v4i2.12021
Gituma, M. M. (2017). Effects of marketing mix on sales performance: A case of Unga Feeds Limited. United States International University-Africa. http://erepo.usiu.ac.ke/11732/3664
Gupta, P., & Vardhan, S. (2016). Optimizing OEE, productivity and production cost for improving sales volume in an automobile industry through TPM: a case study. International Journal of Production Research, 54(10), 2976–2988. https://doi.org/10.1080/00207543.2016.1145817
Isir, Y., Ali, M., & Purnomo, A. (2017). Implementasi Kebijakan Pembangunan Perumahan Rumah Sederhana (RS) Dan Rumah Sangat Sederhana (RSS) Di Kota Sorong. Gradual, 6(1), 64–80. https://www.ejournal.um-sorong.ac.id/index.php/gl/article/view/593
Išoraitė, M. (2016). Marketing mix theoretical aspects. International Journal of Research-Granthaalayah, 4(6), 25–37. https://doi.org/10.29121/granthaalayah.v4.i6.2016.2633
Jainuddin, J., & Ernawati, S. (2020). Pengaruh Promosi dan Saluran Distribusi Terhadap Volume Penjualan Sosis BE MART Cabang Bima. Jurnal Pamator: Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo, 13(1), 13–17. https://doi.org/10.21107/pamator.v13i1.6917
Liu, Y., Feng, J., & Liao, X. (2017). When online reviews meet sales volume information: Is more or accurate information always better? Information Systems Research, 28(4), 723–743. https://pubsonline.informs.org/doi/abs/10.1287/isre.2017.0715
MUHAMAD RIZKI ALFARISI, M. R. A. (2020). PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN RUMAH DI PERUMAHAN GRIYA DIVA RESIDENCE BALIKPAPAN. Universitas Balikpapan. http://repository.uniba-bpn.ac.id/id/eprint/1426
Pardede, R., & Haryadi, T. Y. (2017). Pengaruh persepsi harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen yang dimediasi kepuasan konsumen. Journal of Business & Applied Management, 10(1). https://core.ac.uk/download/pdf/268049975.pdf
Ramenusa, O. (2016). Analisis Lingkungan Pemasaran Potensi Wisata Bahari Di Selat Lembeh Kota Bitung. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(3). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jbie/article/view/13521/13106
Sahay, A., & Jaikumar, S. (2016). Does pharmaceutical price regulation result in greater access to essential medicines? Study of the impact of drug price control order on sales volume of drugs in India. http://hdl.handle.net/11718/20284
Saleh, H. (2017). Implementation Of The Green Advertising Media (Gam) To Increase Product Sales Volume (Psv) In Malaysia Product Market. Economic and Social Development: Book of Proceedings, 34–40. https://www.bib.irb.hr/960456/download/960456.Book_of_Proceedings_esdZagreb_2017_Online.pdf#page=44
Sitohang, Y. O., & Darmawan, G. (2017). The accuracy comparison between ARFIMA and singular spectrum analysis for forecasting the sales volume of motorcycle in Indonesia. AIP Conference Proceedings, 1868(1), 40011. https://doi.org/10.1063/1.4995126
Suhardiyah, M. (2016). Analysis of Factors Affecting: Sales Volume of Small and Medium Enterprises (SMEs) in Surabaya. International Journal of Economics and Finance, 8(5), 63–74. https://ideas.repec.org/a/ibn/ijefaa/v8y2016i5p63-74.html
Yu, M., Debo, L., & Kapuscinski, R. (2016). Strategic waiting for consumer-generated quality information: Dynamic pricing of new experience goods. Management Science, 62(2), 410–435. https://doi.org/10.1287/mnsc.2014.2134
Yuan, H., Xu, W., Li, Q., & Lau, R. (2018). Topic sentiment mining for sales performance prediction in e-commerce. Annals of Operations Research, 270(1), 553–576. https://doi.org/10.1007/s10479-017-2421-7
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i3.798
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional