Pengaruh Reputasi Perusahaan dan Dukungan Selebriti Terhadap Ketertarikan Pada Iklan dan Produk

Obert Obert

Sari


Di Indonesia, akhir-akhir ini banyak perusahaan yang menggunakan selebriti dalam mengiklankan produk mereka. Tetapi, banyaknya biaya yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan seorang selebriti tentu saja membuat beberapa perusahaan berpikir ulang sebelum menggunakannya. Disisi yang lain, adapula perusahaan yang lebih mementingkan reputasi perusahaan yang baik dalam strategi pemasaran mereka. Untuk itu, penelitian ini menganalisis mengenai ada atau tidaknya dan seberapa besar pengaruh dukungan selebriti dalam sebuah iklan dan reputasi perusahaan terhadap ketertarikan pada sebuah produk. Kuesioner yang telah di uji validitas menggunakan teknik Product Momen Pearson Correlation dan uji reliabilitas dengan pengukuran Cronbach Alpha digunakan dalam penelitian ini, kemudian data dari kuesioner dianalisis dengan metode analisis regresi linear. Hasilnya dukungan selebriti pada sebuah iklan memiliki pengaruh sebesar 23.3% terhadap ketertarikan pada iklan, reputasi perusahaan memiliki 18.7% pengaruh terhadap ketertarikan pada sebuah produk. Tetapi, terhadap keinginan untuk membeli, ketertarikan pada sebuah produk memiliki pengaruh sebesar 62.4%, jauh diatas ketertarikan pada iklan yang memiliki pengaruh sebesar 14.8%.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amani, F. A., & Waluyo, I. (2016). PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, OPINI AUDIT, DAN UMUR PERUSAHAAN TERHADAP AUDIT DELAY (Studi Empiris pada Perusahaan Property dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2012-2014). Nominal, Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 5(1), 136–150. https://doi.org/10.21831/nominal.v5i1.11482

Chan, K., Leung Ng, Y., & Luk, E. K. (2013). Impact of celebrity endorsement in advertising on brand image among Chinese adolescents. Young Consumers, 14(2), 167–179. https://doi.org/10.1108/17473611311325564

Chao, P., Wührer, G., & Werani, T. (2005). Celebrity and foreign brand name as moderators of country-of-origin effects. International Journal of Advertising, 24(2), 173–192. https://doi.org/10.1080/02650487.2005.11072913

Cretu, A. E., & Brodie, R. J. (2007). The influence of brand image and company reputation where manufacturers market to small firms: A customer value perspective. Industrial Marketing Management, 36(2), 230–240. https://doi.org/10.1016/j.indmarman.2005. 08.013

Dehghani, M., & Tumer, M. (2015). A research on effectiveness of Facebook advertising on enhancing purchase intention of consumers. Computers in Human Behavior, 49, 597–600. https://doi.org/10.1016/j.chb.2015.03.051

Iswadi, A., & Tiasty, R. (2015). Analisis Pengaruh Reputasi Perusahaan Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kualitas Pelayanan Sebagai Variabel Moderasi. Ekonomi Dan Kewirausahaan, 15(2), 217–226.

Lim, M. (2013). Many Clicks but Little Sticks: Social Media Activism in Indonesia. Journal of Contemporary Asia, 43(4), 636–657. https://doi.org/10.1080/00472336.2013.769386

Pappu, R., Cornwell, T. B., Spry, A., Pappu, R., & Cornwell, T. B. (2011). Celebrity endorsement , brand credibility and brand equity Celebrity endorsement , brand credibility and brand equity. European Journal of Marketing, 45(September 2015), 882–909. https://doi.org/10.1108/03090561111119958

Rahayuni, G. (2016). Hubungan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Literasi Sains Pada Pembelajaran Ipa Terpadu Dengan Model Pbm Dan Stm. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 2(2), 131. https://doi.org/10.30870/jppi.v2i2.926

Syah, T. Y. R. (2013). PERBEDAAN PENGARUH CITRA MEREK DAN REPUTASI PERUSAHAAN TERHADAP KUALITAS PRODUK , NILAI PELANGGAN di Pasar Bisnis. Jurnal Ekonomi, 4(2), 209–226.

Wei, P. S., & Lu, H. P. (2013). An examination of the celebrity endorsements and online customer reviews influence female consumers’ shopping behavior. Computers in Human Behavior, 29(1), 193–201. https://doi.org/10.1016/j.chb.2012.08.005

Yus Dantara, I., & Rahanatha, G. (2015). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Reputasi Perusahaan Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pt. Coca Cola Amatil Denpasar). E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 4(4), 251–620.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v3i3.801

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter