Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Dan Asosiasi Merek Terhadap Keputusan Pembelian Di Daily’s Bakery Batam

Andi Andi , David Humala Sitorus

Sari


Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk, promosi, dan asosiasi merek terhadap keputusan pembelian di Daily’s Bakery Batam. Dalam penelitian, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis deskriptif. Untuk populasi dalam penelitian ini antara lain adalah pelanggan Daily’s Bakery Batam yang tidak diketahui secara pasti dan teknik penentuan besar sampel menggunakan rumus Lemeshow yang menghasilkan sebanyak 100 responden. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji pengaruh dan uji hipotesis. Hasil analisis regresi linier berganda menujukkan bahwa kualitas produk mempengaruhi keputusan pembelian sebesar 15,6%. Promosi mempengaruhi keputusan pembelian sebesar 31,0% dan asosiasi merek mempengaruhi keputusan pembelian sebesar 23,6%. Temuan analisi koefisien determinasi (R2) mengungkapkan bahwa kualitas produk, promosi, dan asosiasi merek menjelaskan keputusan pembelian sebesar 82,3%. Temuan uji t dan uji F mempekuat hasil penelitian dengan menyebutkan bahwa kualitas produk, promosi, dan asosiasi merek berpengaruh positif dan signifikan baik secara parsial maupun secara simultan terhadap keputusan pembelian.

Kata Kunci : Asosiasi Merek, Keputusan Pembelian, Kualitas Produk, Promosi


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ariani, A. P., & Arifin, K. (2021). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Roti di Arsila Bakery Tanjung. Jurnal Administrasi Publik & Administrasi Bisnis (JAPB), 4(2), 750–761.

Asianti Nainggolan, R., Humala Sitorus, D., Putera Batam, U., & Soeprapto Muka Kuning, J. R. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Review Produk Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Marketplace Shopee Di Kota Batam. 23(2), 49.

Azzah Hanifah, Tri Octaviani, Slamet Bambang Riono, Muhammad Syaifulloh, & Syariefful Ikhwan. (2023). Pengaruh Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Produk Jamu Tolak Angin Cair Di Toko Nirmala Brebes. Jurnal of Management and Social Sciences, 1(4), 76–95. https://doi.org/10.59031/jmsc.v1i4.362

Ferdiana Fasha, A., Rezqi Robi, M., & Windasari, S. (2022). Determinasi Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli: Brand Ambassador Dan Brand Image (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 30–42. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.840

Gunarsih, C. M., Kalangi, J. A. F., & Tamengkel, L. F. (2021). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Toko Pelita Jaya Buyungon Amurang. Productivity, 2(1), 69–72. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/productivity/article/view/32911

Harahap1, N. H., Al Sukri2, S., Ekonomi, F., Ilmu, D., Uin, S., Riau, S., Kunci, K., Merek, A., Harga, P., Hidup, G., & Pembelian, K. (2023). Pengaruh Asosiasi Merek, Persepsi Harga, dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian Iphone Second pada Masyarakat Kota Pekanbaru Article Info Info Artikel ABSTRAK. Insight Management and Business (IMB), 1(01), 49–58.

Imaniar, D. N., & Setiawan, H. (2023). Pengaruh Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, Dan Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Indomie Pada Masyarakat Kota Magetan. SIMBA: Seminar Inovasi Manajemen Bisnis Dan Akuntansi 5, September, 53–54.

Lestari, P., & Saifuddin, M. (2020). Implementasi Strategi Promosi Produk Dalam Proses Keputusan Pembelian Melalui Digital Marketing Saat Pandemi Covid’19. Jurnal Manajemen Dan Inovasi (MANOVA), 3(2), 23–31. https://doi.org/10.15642/manova.v3i2.301

Nurfauzi, Y., Taime, H., Hanafiah, H., Yusuf, M., Asir, M., Majenang, S., Jambatan Bulan, S., Bina Bangsa, U., Bandung, S., & Makassar, I. (2023). Literature Review: Analysis Of Factors Influencing Purchasing Decisions, Product Quality And Competitive Pricing Literature Review: Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian, Kualitas Produk dan Harga Kompetitif. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(1), 183–188. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Ontarina, N. (2022). Pengaruh Kesadaran Merek, Persepsi Kualitas, Asosiasi Merek, Dan Loyalitas Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Dalam Pembelian Kartu Seluler Smartfren Di Universitas Wijaya Putra Surabaya. Jurnal Mitra Manajemen, 6(7), 397–407. https://doi.org/10.52160/ejmm.v6i7.625

Permata Sari, D. (2021a). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian, Kualitas Produk, Harga Kompetitif, Lokasi (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(4), 524–533. https://doi.org/10.31933/jimt.v2i4.463

Permata Sari, D. (2021b). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian, Kualitas Produk, Harga Kompetitif, Lokasi (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(4), 524–533. https://doi.org/10.31933/jimt.v2i4.463

Ramadani, M. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Handphone. IQTISHADequity Jurnal MANAJEMEN, 1(2), 36–46. https://doi.org/10.51804/iej.v1i2.540

Setiawan, O., Simorangkir, E. S., Astri, D., & Purwati, A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Relationship Marketing terhadap Keputusan Pembelian Produk di PT Asaba Pekanbaru. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 1(1), 64–77. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Tawakkal, G. T. I., & Subekti, T. (2023). Metodologi Penelitian Sosial Dasar. In Metodologi Penelitian Sosial Dasar. https://doi.org/10.11594/ubpress9786232967496

Veronica, A., Ernawati, Rasdiana, Abas, M., Yusriani, Hadawiah, Hidayah, N., Sabtohadi, J., Marlina, H., Mulyani, W., & Zulkarnaini. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. In Pt. Global Eksekutif Teknologi.

Widodo, T., & Setyawan, A. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Distribusi Terhadap Kepuasan Konsumen Umkm Olahan Singkong Dan Ubi “Yaska 57” Tingkir Salatiga. Among Makarti, 16(1), 36–51. https://doi.org/10.52353/ama.v16i1.409




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.8036

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter