Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Lemari Es Samsung di Kota Batam
Sari
Studi ini mengkaji bagaimana promosi dari mulut ke mulut, kualitas produk, dan citra merek memengaruhi keputusan warga Kota Batam untuk membeli lemari es Samsung. Memahami elemen-elemen ini sangat penting untuk mempertahankan pangsa pasar dalam industri elektronik, yang menghadapi persaingan yang semakin ketat. Menganalisis dampak setiap faktor terhadap keputusan pelanggan baik secara terpisah maupun kolektif adalah tujuan dari studi ini. Studi ini menggunakan metodologi deskriptif dan kausal secara kuantitatif. Kuesioner berbasis Likert digunakan untuk mengumpulkan data dari 100 responden yang dipilih menggunakan purposive sampling. Regresi linier berganda, validitas, reliabilitas, dan uji asumsi tradisional merupakan bagian dari analisis data. Temuan menunjukkan bahwa promosi dari mulut ke mulut, kualitas produk, dan citra merek secara signifikan meningkatkan keputusan konsumen untuk membeli. Jika mempertimbangkan semua hal, ketiga faktor ini dapat menjelaskan 76 persen varians dalam pilihan konsumen. Hasil ini menyiratkan bahwa posisi Samsung di pasar elektronik Kota Batam yang sangat kompetitif dapat diperkuat melalui inisiatif untuk meningkatkan ketiga aspek ini melalui taktik yang terfokus.
Kata Kunci: Brand Image, Kualitas Produk , Word of Mouth, Keputusan Pembelian, Pasar Elektronik
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ali, Mm., Hariyati, T., Yudestia Pratiwi, M., & Afifah Sekolah Tinggi Agama Islam Ibnu Rusyd Kotabumi, S. (n.d.). Metodologi Penelitian Kuantitatif Dan Penerapan Nya Dalam Penelitian. In Education Journal.2022 (Vol. 2).
Anam, M. S., Nadila, D. L., Anindita, T. A., & Rosia, R. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Produk Hand and Body Lotion Merek Citra. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 4(1), 120–136. https://doi.org/10.36778/jesya.v4i1.277
Anindya Julianti, D., & Junaidi, A. (n.d.). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Baso Aci Akang Citra Raya Tangerang. https://doi.org/10.24912/pr.v4i1.6437
Anjani, F., & Riyanto, S. (2023). Pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap minat beli konsumen kosmetik Wardah pada Toko Sheminime. JURNAL EKONOMI, BISNIS DAN HUMANIORA, 3(1). https://eksishum.untara.ac.id/index.php/eksishum/article/view/49/42
Cesariana, C., Juliansyah, F., & Fitriyani, R. (n.d.). MODEL KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI KEPUASAN KONSUMEN PADA MARKETPLACE: KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN (LITERATURE REVIEW MANAJEMEN PEMASARAN). 3(1), 2022. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1
Dwi Cahyani Putri, U. N. B. L. S. (n.d.). Pengaruh Word of Mouth, Kesadaran Merek & Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Mie Gacoan di Yogyakarta). DOI: https://doi.org/10.46306/vls.v2i2.114
Eka Febriyanti, H., Anggrainie, N., Manajemen, J., & Ekonomi, F. (2023). PENGARUH KUALITAS PRODUK, BRAND IMAGE, STORE ATMOSPHERE, PROMOSI, WORD OF MOUTH DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK ERIGO (Vol. 226). Retrieved from http://jurnal.kolibi.org/index.php/neraca
Ekonomi, J., Humaniora, dan, Anjani, F., & Riyanto, S. (2023). Pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap minat beli konsumen kosmetik Wardah pada Toko Sheminime (Vol. 3). Retrieved from https://eksishum.untara.ac.id/index.php/eksishum
Fadilah Amin, N. (n.d.). Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian.
Fauzi, M. N., & Pratama, M. P. (n.d.). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Image, dan Electronic-Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung (Studi pada Pengguna Smartphone Samsung di Kabupaten Kebumen). In Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen (Vol. 5). Retrieved from https://jurnal.universitasputrabangsa.ac.id/index.php/jimmba/index
Febriyanti, H. E., & Anggrainie, N. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Image, Store Atmosphere, Promosi, Word Of Mouth Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Erigo. Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 1(1), 226-239. https://doi.org/10.572349/neraca.v1i1.51
Fransiska, D. (n.d.). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN MENENTUKAN E-COMMERCE TERBAIK MENGGUNAKAN METODE WEIGHTED PRODUCT. https://doi.org/10.30656/prosisko.v10i1.5957
Khanif, M. (n.d.). METODOLOGI PENELITIAN DITINJAU DARI MODEL-MODEL PENELITIAN. Jurnal Ilmiah Arsitektur, 8(2), 40–45.
Ratnasari, V., & Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha avicenasuhartono, S. (2024). WORD OF MOUTH SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Karita Muslim Square Yogyakarta). In Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis Indonesia STIE Widya Wiwaha (Vol. 4). https://doi.org/10.12928/fokus.v12i1.5717
Rumba, M. F., Rozady, M. P. N., & Mado, T. W. (2020). “New Normal”: Analisis Penerimaan Menggunakan Balance Score Card. JARTIKA) |, 3(2), 396–402. Retrieved from https://journal-litbang-rekarta.co.id/index.php/jartika
Siagian, L., & Widayati, C. C. (2022). Pengaruh Word of Mouth, Kemudahan Penggunaan dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Menggunakan MRT (Studi Kasus Stasiun MRT Bundaran HI-Lebak Bulus). 2(2), 2829–4599. https://doi.org/10.38035/jim.v2i2
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.8146
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional