Pengaruh Kualitas Produk, Variasi Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Azarine Di Kota Batam

Ella Gunawan Koto, Asron Saputra

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk, variasi produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk Azarine di Kota Batam, baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 385 responden yang dikumpulkan dengan teknik purposive sampling melalui kuesioner online. Analisis data dilakukan menggunakan SPSS 27, mencakup uji statistik deskriptif, uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji pengaruh dan uji hipotesis. Hasil regresi linear berganda menunjukkan bahwa kualitas produk sebesar 37,2%, variasi produk 21,1% dan citra merek 35,6% terhadap keputusan pembelian. Koefisien determinasi (R2) sebesar 49,3% menunjukkan bahwa variabel independen mampu menjelaskan hampir setengah variasi keputusan pembelian. Uji t menunjukkan bahwa kualitas produk, variasi produk dan citra merek secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan hasil uji F dengan nilai F hitung sebesar 125,238 > 2,63 mengindikasikan bahwa kualitas produk, variasi produk dan citra merek secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk Azarine di Kota Batam.

 

Kata Kunci: Kualitas Produk, Variasi Produk, Citra Merek, Keputusan Pembelian.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anam, M. S., Nadila, D. L., Anindita, T. A., & Rosia, R. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Produk Hand and Body Lotion Merek Citra. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 4(1), 120–136. https://doi.org/10.36778/jesya.v4i1.277

Astutik, V. P., & Sutedjo, B. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Ms. Glow (Studi Kasus pada konsumen produk Skincare MS. GLOW di Kota Semarang). J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 7(2), 1065. https://doi.org/10.33087/jmas.v7i2.581

Aunillah, N., & Himawan, A. F. I. (2022). Pengaruh E-Commerce Shopee, Kualitas Produk dan Variasi Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Snack. Master: Jurnal Manajemen Dan Bisnis Terapan, 2(2), 108–127. https://www.bps.go.id

Baroto, M. I., & Artanti, Y. (2023). The Influence of Brand Image and Product Quality on Purchasing Decisions of NU Green Tea. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 10(12), 66. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v10i12.5224

Foster, S. T., & Gardner, J. W. (2022). Managing Quality: Integrating The Supply Chain (7th ed.). WILEY.

Henriawan, D., & Puspasari, D. (2023). Pengaruh Dompet Digital dan Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian di Shopee. Koaliansi: Cooperative Journal, 1, 71. https://doi.org/https://doi.org/10.32670/koaliansi.v3i1.3854

Imanulah, R., Andriyani, I., & Melvani, F. N. (2022). Pengaruh Citra Toko, Varian Produk Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Restoran Pancious Soma Palembang. Jurnal Ekombis Review – Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 10(1). https://doi.org/https://doi.org/10.37676/ekombis.v10i1

Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan (1st ed.). Unitomo Press.

Juniyanti, & Saputra, A. (2022). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Frozen Food Di Kota Batam. SCIENTIA JOURNAL: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 4(5).

Kojongian, A. S. C., Tumbel, T. M., & Walangitan, O. (2022). Pengaruh Variasi Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Careofyou.id pada Media Sosial Instagram. Productivity, 3(2).

Kusumawati, F., Aditya, D., & Rianto, J. D. (2020). Pengaruh Harga, Kemasan, dan Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Susu UHT Ultra Milk (Studi pada Karyawan Uni Charm Mojokerto Factory). Agrimas, 4(1), 34–45.

Maftuchach, V., & Putri, N. A. (2022). Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Bedak Tabur Pixy. LITERATUS: Literature of Social Impact and Cultural Studies, 4(1), 301–322. https://doi.org/10.37010/lit.v4i1.783

Marcelina, & Saputra, A. (2024). The Influence of Product Quality, Product Design, and Brand Image on Purchase Decisions for Viva Cosmetic Products in Batam. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 9(1), 484. https://doi.org/10.33087/jmas.v9i1.1687

Nadirah, A., Risal, M., & Ikhwan, N. (2023). Effect of Product Quality and Promotion Mix on Coca Cola Purchase Decition. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 9(3), 882. https://doi.org/10.17358/jabm.9.3.881

Nafsyiah, H., Fauzi, R. U. A., & Setiawan, H. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Desain Kemasan, dan Variasi Produk terhadap Keputusan Pembelian Pada Brand Skincare Skintific (Studi Kasus Pada Konsumen di Kota Madiun). SIMBA: Seminar Inovasi Manajemen Bisnis Dan Akuntansi 5, 5.

Pratyaharani, H. P., Suroso, A. I., & Ratono, J. (2022). Pengaruh Harga, Citra Merek, Kualitas Produk dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Perlengkapan Bayi Bagi Ibu Milenial. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 8(3). https://doi.org/10.17358/jabm.8.3.846

Saputra, S., & Hernandez, L. (2024). Influence of Brand Trust, Word of Mouth, Price, Brand Image, Product Quality, and Location Against the Purchase Decision of Coffee Shop In Batam City. Indonesian Interdisciplinary Journal of Sharia Economics (IIJSE), 7(1), 147.

Sihotang, C. S., & Supriyono, S. (2024). The Influence of Brand Image and Product Quality on Purchasing Decisions. Indonesian Journal of Business Analytics, 4(2). https://doi.org/10.55927/ijba.v4i2.8760

Simbolon, F. P., Handayani, E. R., & Nugraedy, M. (2020). The Influence of Product Quality, Price Fairness, Brand Image, and Customer Value on Purchase Decision of Toyota Agya Consumers: A Study of Low Cost Green Car. Binus Business Review, 11(3), 187–196. https://doi.org/10.21512/bbr.v11i3.6420

Sunarsih, & Ernawati, S. (2023). Pengaruh Citra Merek, Variasi Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Pada Es Teh Indonesia Cabang Bima. Jurnal Cahaya Mandalika, 4(3). https://doi.org/https://doi.org/10.36312/jcm.v4i3.1690

Tasia, A. A., Sulistyandari, & Kinasih, D. D. (2022). Pengaruh Brand Image, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Di Pekanbaru. Economics, Accounting and Business Journal, 2(1), 76.

Vindiana, A. P., & Lestari, F. (2023). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung pada Mahasiswa Institut Teknologi Indonesia. Jurakunman (Jurnal Akuntansi Dan Manajemen), 16(1), 47. https://doi.org/10.48042/jurakunman.v16i1.154

Winardy, I., Purba, P. Y., Chaniago, C., & Andika. (2021). The Positive Impact of Product Quality, Price, and, Promotion on Purchasing Decision of Toyota Innova Cars. International Journal of Social Science and Business, 5(2), 161–166. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJSSB/index




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.8162

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter