Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Minat Beli Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Ms Glow Batam

Cholin Mutiara

Sari


Persaingan di sektor kosmetik semakin meningkat, khususnya dengan munculnya lebih banyak pelaku usaha UMKM yang menghadirkan terobosan produk. Studi ini bertujuan untuk meneliti dampak kualitas produk, citra merek, dan minat beli terhadap keputusan konsumen dalam membeli produk skincare MS Glow di Batam. Tinjauan literatur mengungkapkan bahwa kualitas produk menggambarakan fitur dan karakter yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen, citra merek berfungsi membentuk persepsi konsumen, dan minat beli merepresentasikan kecenderungan pelanggan untuk membeli suatu produk. Penelitian ini mengadopsi metode kuantitatif dengan teknik survei melalui penyebaran kuesioner kepada 94 responden. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier berganda untuk mengevaluasi hubungan antara variabel independen dan dependen. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa secara parsial, citra merek memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian (p-value = 0,000), sedangkan kualitas produk (p-value = 0,745) dan minat beli (p-value = 0,783) tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan. Secara bersamaan, ketiga variabel tersebut berkontribusi terhadap keputusan pembelian dengan nilai R² sebesar 52,8%. Temuan ini menunjukkan bahwa citra merek merupakan faktor utama yang memengaruhi konsumen, sementara kualitas produk dan minat beli tidak secara langsung berdampak pada keputusan pembelian. Dengan demikian, strategi pemasaran yang berfokus pada penguatan citra merek dinilai lebih efektif dalam meningkatkan daya saing MS Glow di pasar.

Kata Kunci : Kualitas Produk, Citra Merek, Minat Beli, Keputusan Pembelian

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daryani, Jayanti, E., & Sudiyono. (2024). Pengaruh Digital Marketing, Brand Image, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Ms Glow. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya, 9–21.

Haiqal, Z. A. (2022). HUBUNGAN PENGGUNAAN PROMOSI DAN KEPUASAN SISWA DI SMPIT UMMUL QURO KOTA DEPOK.

Jamaludin, A. (2018). Analisis Kualitas Pelayanan Dan Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Makan Padang Sederhana Karawang. Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif, 4(1). https://doi.org/10.36805/manajemen.v4i1.369

Khofidoh, U., Laela Juanita, R., & Yulianto, A. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, dan Loyalitas Pelanggan terhadap Minat Beli Teh Botol Sosro di Alfamart Tanjung Kabupaten Brebes. JECMER: Journal of Economic, Management and Enterpreneurship Research, 1(4), 107–120. https://jurnal.eraliterasi.com/index.php/jecmer/article/view/148

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th Editi). Pearson Education Limited.

Maula, L. N., Yunita, A., & Setyadi, A. W. (2022). Pengaruh Senam Kegel Terhadap Frekuensi Inkontinensia Urine Pada Lanjut Usia. Jurnal Ilmiah Kedokteran dan Kesehatan, 1(3), 38–46. https://doi.org/10.55606/klinik.v1i3.586

Member’s Review. (2024). Female Daily.

MIftahuddin, A., Perdana, Y., Suryana, S., & Sandjaya, T. (2023). Persepsi Masyarakat Terhadap Tren Perkembangan Industri Halal Di Media Sosial: Analisis Respons Di Indonesia. Responsive, 5(4), 233. https://doi.org/10.24198/responsive.v5i4.44555

Naim, S., A’ffar, M., Sulistyowati, N. W., Destiana, R., Supriatna, E., Rukmana, A. Y., & Chusumastuti, D. (2023). Transformasi Toko Tradisional Menjadi Toko Berbasis Digital: Pelatihan Dan Pendampingan Untuk Menghadapi Era Digitalisasi. Eastasouth Journal of Impactive Community Services, 1(03), 215–222. https://doi.org/10.58812/ejimcs.v1i03.136

Nurfauzi, Y., Taime, H., Hanafiah, H., Yusuf, M., Asir, M., Majenang, S., Jambatan Bulan, S., Bina Bangsa, U., Bandung, S., & Makassar, I. (2023). Literature Review: Analysis Of Factors Influencing Purchasing Decisions, Product Quality And Competitive Pricing Literature Review: Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian, Kualitas Produk dan Harga Kompetitif. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(1), 183–188.

Priscilia, T. D., Putra, R. P., & Chendana, N. (2024). Pengaruh Brand Ambassador Babe Cabita dan Marshel Widianto terhadap Brand Image Ms Glow for Men. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 6(3), 1320–1332. https://doi.org/10.34007/jehss.v6i3.2043

Putri, M. (2023). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Produk Skincare The Originote Terhadap Keputusan Pembelian Produk.

Saputri M, Titing, & Kurniadi. (2023). Pengaruh Kepercayaan Merek dan Keterlibatan Konsumen Terhadap Loyalitas Merek Pada Produk Ms Glow. GLORY ( Global Leadership Organizational Research in Management, 1(4), 325–339.

Sar, N. T. (2023). ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN PEMBELIAN PRODUK SKINCARE MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA. Journal Of Economics, 3(202 3), 78–91.

Sari, S. P. (2020). Hubungan Minat Beli Dengan Keputusan Pembelian Pada Konsumen. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(1), 147. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i1.4870

Septika Khairunnisa Almira dan Suharyanti. (2013). MPLEMENTASI STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS DALAM PENGELOLAAN CITRA MEREK. 57–71.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

syahbana donny. (2019). Pengaruh Lima Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap the Effects of Five Dimensions of Service Quality on the Satisfaction of. 4, 198–204.

Utomo, D. P., & Khasanah, I. (2018). Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Lokasi Pelanggan, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Super Sambel Semarang Cabang Lamper). Diponegoro Journal Of Management, Volume 7,(4), 1–11.

Yani Zumarna, K. F. W. R. A. (2023). Pengaruh Kesadaran Merek dan Citra Merek terhadap Minat Beli Produk Ramah Lingkungan (Studi Kasus Konsumen Wardah Kolaka). Jurnal Mahasiswa Kreatif, 1(6), 195–208.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.8175

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter