Margin Pemasaran Dan Distribusi Komoditi Ikan Bandeng (Chanos Chanos) Di Unit Pelaksana Teknis (Upt) Pasar Ikan Lamongan, Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur
Sari
Ikan bandeng (Chanos chanos) adalah jenis ikan budidaya yang menjadi komoditas utama di Kabupaten Lamongan. Bandeng memiliki produksi tertinggi dibandingkan jenis ikan yang lain yaitu sebesar 20.347,53 produksi (ton). Penelitian ini dilaksanakan di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pasar Ikan Lamongan, Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan selama 1 bulan mulai pada tanggal 11 Januari 2022 – 11 Februari 2022. Bertujuan untuk mengetahui teknik dan alur dari pemasaran ikan bandeng (Chanos chanos) serta mengetahui margin dan distribusi pemasaran ikan bandeng di UPT Pasar Ikan Lamongan. Selain itu penelitian ini juga diharapkan dapat menambah pengalaman, meningkatkan dan dapat mengaplikasikan dan membandingkan teori yang didapat dibangku perkuliahan dengan keadaan di lapangan. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan teknik pengambilan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan sampel sebesar 50 responden. Sistem pemasaran ikan bandeng di pasar ikan Lamongan terdapat dua saluran distribusi. Saluran pertama yaitu dari pembudidaya ke tengkulak desa kemudian ke pelelangan ikan atau tengkulak besar yang berakhir di konsumen. Kemudian saluran kedua yaitu dari pembudidaya langsung ke pelelangan atau tengkulak besar kemudian berakhir di konsumen. Adapun marjin pemasarannya nilai terbesar didapat dari pedagang pengecer sebesar Rp.4000/kg untuk ukuran ikan bandeng 250 g/ekor.
Kata Kunci: margin pemasaran; ikan bandeng; distribusi
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abidin, Z, Harahab, N, Asmarawati, l. 2017. Pemasaran Hasil perikanan. UB Press: Malang.
Anindita, R 2003. Dasar-Dasar Pemasaran Hasil Pertanian. Malang Universitas Brawijaya.
Aziz A. F., Nematollahi, Aa., Siavash, & Saei-Dehkordi, S. (2013). Proimate composition and fatty acid profile of edible tissues of Capoeta damascina (Valenciennes, 1842) reared in freshwater and brackish water. Journal of food Composition and Analysis, 32, 150-154.
Dinas perikanan. 2019. Profil Perikanan Kabupaten Lamongan.
Dwi, H. T. 2014. Distribusi dan Margin Pemasaran Hasil Tangkapan Ikan Tongkol (Euthynnus Affinis) Di TPI Ujung Batu Jepara. Jurnal Ilmu Perikanan dan Sumberdaya Perairan. Staf Pengajar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Universitas Diponegoro. Semarang.
Hamali, A.Y. 2016. Pemahaman Strategi Bisnis dan Kewirausahaan.
Prenadamedia Group. Jakarta.
Hadi, P. 1990. Manajemen pemasaran I. Proyek Peningkatan Perguruan Tinggi.
Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.
Kementrian Koordinator kemaritiman. 2018. Data baru Kewilayahan Laut Indonesia. Jakarta.
Kotler, P. & Keller, K.L. 2012. Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi ke 12. Jakarta: Erlangga.
Primyastanto, Mimit. 2011. Aplikasi Teori Pemasaran pada Komoditi Perikanan dan Kelautan. Malang: Universitas Brawijaya Press.
Syahputra, Andi I.D. 2020. Analisis Pemasaran Ikan Bandeng Di Desa Mallari Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone. Skripsi: Universitas Muhammadiyah Makassar.
Sudiyono, 2010. Pemasaran Pertanian. Malang : Universitas Muhammadiyah Malang.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta: Bandung.
Tanjung, A. 2012. Analisis Distribusi Ikan Di Pelabuhan Perikanan Kabupaten Indramayu (Studi Kasus : PPI Tegal Agung, PPI Karangsong dan PPI Eretan Kulon). Program Studi Teknologi dan Manajemen Perikanan Tangkap. Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB. Bogor.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.8181
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional