Manajemen Inovasi Pembelajaran Pada Sekolah Dasar Negeri 7 Aitinyo Di Kabupaten Maybrat

Karolus Krinto, Jeffry Sony Junus Lengkong, Viktory N. J. Rotty

Sari


Pendidikan dasar berperan penting dalam pengembangan potensi anak usia sekolah. Salah satu bentuk pendidikan dasar adalah satuan pendidikan yang disebut Sekolah Dasar (SD). Tantangan pendidikan pada tingkat SD ini sangat beragam di antaranya adalah tantangan peningkatan perolehan hasil belajar bagi peserta didik melalui pembelajaran di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa manajemen inovasi pembelajaran pada Sekolah Dasar Negeri 7 Aitinyo Di Kabupaten Maybrat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan dilakukan pada bulan Juni sampai November 2024.

Hasil penelitian ini adalah 1). Manajemen inovasi pembelajaran kepala sekolah diindikasikan sebagai suatu proses yang terdiri atas perencanaan inovasi pembelajaran, pelaksanaan inovasi pembelajaran, dan pengawasan inovasi pembelajaran; perencanaan inovasi pembelajaran diintegrasikan dengan penyusunan rencana strategis dan rencana tahunan sekolah serta melibatkan guru-guru; pelaksanaan dan pengawasan inovasi pembelajaran berpedoman pada rencana strategis dan tahunan yang telah ditetapkan; dan pengawasan inovasi pembelajaran dilakukan secara berkala per semester dan per tahun dan dilakukan dalam bentuk kegiatan pemantauan, supervisi atau pembinaan, dan evaluasi inovasi pembelajaran. 2) Faktor yang menunjang manajemen inovasi pembelajaran kepala sekolah ditunjukkan melalui faktor-faktor penunjang yang meliputi peran kepala sekolah sebagai manajer inovasi dan innovator; pemberian motivasi oleh kepala sekolah; penerapan manajemen inovasi dari kepala sekolah; kebijakan pemerintah, semangat/kemauan guru-guru berinovasi; keputusan mengadopsi pembelajaran inovatif; kerja sama dari guru-guru. 3). Faktor yang menghambat manajemen inovasi pembelajaran kepala sekolah ditunjukkan melalui faktor-faktor penghambat yang meliputi tidak tersedia alokasi biaya untuk berinovasi, sarana dan prasarana yang tidak mendukung guru beriovasi, belum tumbuh budaya berinovasi, belum berkembang sikap inovatif yang positif, dan kepala sekolah yang tidak menerapkan pola kepemimpinan inovatif.

 

Kata Kunci : Manajemen Inovasi Pembelajaran, Sekolah Dasar Negeri 7 Aitinyo Di Kabupaten Maybrat, Faktor Penunjang Manajemen Inovasi Pembelajaran, Faktor Penghambat Manajemen Inovasi Pembelajaran.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adams, R., Bessant, J., & Phelps, R. (2006). Innovation management measurement: A review. International Journal of Management Reviews, 8 (1) 21–47.

Ariratana, W., Ngang, T. K., & Sirisooksilp, S. (2019). The Effect of innovation leadership on competency of creating gigh performance organization. Kasetsart Jurnal Ilmu Sosial, 40, 311–318.

Carmeli, Abraham., Gelbard, Roy & Gefen, David. (2010). The importance of innovation leadership in cultivating strategic fit and enhancing firm performance. The Leadership Quarterly, 21, 339–349.

Cormican, K., & O’Sullivan, D. (2004). Auditing best practice for effective product innovation management. Technovation 24, 819–829.

Creswell, J. W. (2012). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research. Saddle River, NJ: Pearson Education, Inc.

Dougherty, D. and Hardy, C. 1996. Sustained production innovation in large, mature organisations: Overcoming innovation-to-organisation problems. Academy of Management Journal, 39(5): 1120–1153.

Garud, R & Venkataraman, S. (1999). The Innovation Journey. New York: Oxford University Press.

Gay, L. R., Mills, G. E. & Airasian, P. (2012). Education research: Competencies for analysis and applications. Boston: Pearson.

Goffin, K., & Pfeiffer, R. (1999). Innovation management in UK and German manufacturing companies. London: Anglo-Ger man Foundation.

Gumusluoglu, L. Ilsev, A. 2009.Transformational leadership, creativity, and organizational innovation, Journal of Business Research , 62, 461–473.

Hamalik, O. (2010). Inovasi Pendidikan: Perwujudannya dalam Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: YP. Permindo.

Hanim, Z., Masyni, M., Soe`oed, R & Asiah, S. (2019). Learning innovation management on effective classes at SMPIT Cordova Samarinda. Dinamika Ilmu, 19(2), 225-236. https://doi.org/10.21093/di.v19i2.1586

Haq, A. M., Sujarwanto, S., & Hariyati, N. (2023). Manajemen Inovasi Pendidikan dalam Perspektif Sekolah Efektif. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(4), 861–876.

Huda, M., Haron, Z & Ripin, M. N. (2017). Exploring innovative learning environment (ILE): Big Data Era.International Journal of Applied Engineering Research, 12(17).

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek). (2022). Kajian akademik kurikulum untuk pemulihan pembelajaran. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 16 Tahun 2022 tentang Standar Proses pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidian Menengah. Jakarta: Biro Hukum.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 47 Tahun 2023 tentang Standar Pengelolaan pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidian Menengah. Jakarta: Biro Hukum.

Parnawi, A., Satriyanto, M. D., Adiningrum, F., Aslina, N., Warosari, Y & Fitrian, A. (2021). School innovation management. Psychology and Education. 58(2) 6881-6887.

Porter-O’Grady, T., & Malloch, K. (2010). Innovation Leadership: Creating the Landscape of Healthcare. Sudbury, MA: Jones & Bartlett Learning.

Razavi, S. H & Attarnezhad, O. (2013). Management of organizational innovation. International Journal of Business and Social Science, 4(1) 226-232.

Renzulli, Joseph. (2013). What Makes Giftedness Reexamining a Defenition. Phi Delta Kappan.

Smith, M., Busi, M., Ball, P., & Van der Meer, R. (2008). Factors influencing an organisations ability to manage innovation: Ast ructured literature review and conceptual model. International Journal of Innovation Management, 12 (4), 655-676.

Stufflebeam, D. L & Zhang, G. (2017). The CIPP evaluation model: How to evaluate for improvement and accountability. New York: the Guilford Press.

Sugiyanto. (2010). Innovating learning model. Surakarta, Indonesia: Yuma Pressindo.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryadi, P. (2011). Educational Management: Handbook for School of Education Student. Yoyakarta: Yogyakarta State University.

Syaddad, A. (2022). Manajemen inovasi pembelajaran. SALIMIYA: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 3(2) 165-176. https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/ salimiya

Syaddad, A. (2022). Manajemen Inovasi Pembelajaran. SALIMIYA: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 3(2) 165-176. https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/salimiya

The SMERU Research Institute-The RISE Programme in Indonesia (2020). Memulihkan penurunan kemampuan siswa saat sekolah di Indonesia dibuka kembali. https://rise.smeru.or.id/sites/default/files/event/Florischa%20Ayu%20 Tresnatri_Memulihkan%20Penurunan%20Kemampuan%20Siswa%20Saat%20Sekolah%20di%20Indonesia%20Dibuka%20Kembali.pdf

Tidd, J., Bessant, J., & Pavitt, K. (2005) Managing innovation: Integrating technological, market and organizational change. Chichester: John Wiley and Sons Ltd.

Utterback, J.M. 1994. Mastering the dynamics of innovation: How companies can seize opportunities in the face of technological change. Boston, MA: Harvard Business School Press.

Walder, Anne Mai. (2014). The Concept of Pedagogogical innovation in Higher Education. Education Journal. 3(3), 197.

Yulianti, Haryono, Utanto, Y. (2018). The Management of Learning Innovation to Achieve The Quality of Graduates in SMK Negeri 1 Kuningan. Educational Management 7 (1) 52 – 58.

Yulianti. (2018). “Manajemen inovasi pembelajaran untuk pencapaian mutu lulusan di SMK Negeri 1 Kuningan”. Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v7i2.8185

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter