Pengaruh Citra Destinasi, Pengalaman Pengunjung, Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pengunjung Obyek Wisata Gunung Rajabasa Kabupaten Lampung Selatan
Sari
Gunung Rajabasa adalah sebuah gunung berapi yang terletak di Provinsi Lampung, Indonesia, tepatnya di bagian selatan Pulau Sumatera. Gunung ini terkenal dengan keindahan alamnya yang memikat dan menjadi salah satu objek wisata alam yang cukup populer di Lampung, terutama bagi para pendaki gunung dan pecinta alam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Citra Destinasi, pengalaman Pengunjung dan kepuasan secara parsial dan simultan berpengaruh terhadap Loyalitas pengunjung. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan populasi wisatawan gunung rajabasa kabupaten lampung selatan, sampel yang digunakan sebanyak 96 responden yang dipilih secara acak. Dengan sumber data yang berasal dari data primer dan sekunder, instrumen pengumpulan data berupa survei dan kuesioner. Pengolahan data dilakukan menggunakan rumus lemeshow dan dianalisis menggunakan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menemukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Citra destinasi dengan Loyalitas pengunjung diperoleh melalui nilai (thitung = 2.469 > ttabel = 1.98552) yang artinya H1 diterima, kemudian terdapat pengaruh positif dan signifikan pada Pengalaman pengunjung, terhadap Loyalitas pengunjung diperoleh melalui nilai (thitung = 3.638 > ttabel = 1.98552) yang artinya H2diterima, Selain itu terdapat pengaruh positif dan signifikan pada Kepuasan terhadap Loyalitas pengunjung diperoleh melalui nilai (thitung = 3.513 > ttabel = 1.98552) yang artinya H3 diterima dan Citra destinasi, pengalaman pengunjung dan kepuasan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas pengunjung dengan nilai (Fhitung 11.818 > nilai Ftabel 2.70) yang artinya diterima. Dapat disimpulkan bahwa citra destinasi, pengalaman pengunjung dan kepuasan secara parsial dan simultan berpengaruh positif terhadap Loyalitas pengunjung objek wisata gunung rajabasa.
Kata Kunci: Citra Destinasi, Pengalaman Pengunjung, Kepuasan, Loyalitas pengunjung
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Agapito, D., Valle,P., & Mendes, J. (2013). The cognitve-affective-conative model of destination image. Journal of Travel & Tourism Marketing.
A., Zeithaml, V.A.and Berry, L.L. (2018). Servqual: Skala Beberapa Item Untuk Mengukur Persepsi Konsumen Terhadap Kualitas Layanan. Journal of Retaling.
Artuger, S., et al. (2013). “The effect of destination image on destination loyalty: application in Alanya”. European Journal of Business and Management.
A Ridwan. (2009). Metode & Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Jakarta: Alfabeta
Beerlin dan Martin dalam Ahmad, A.B. (2018) “Citra Destinasi dan Pengaruhnya terhadap Intensi untuk Berkunjung Kembali di Sulawesi Selatan Sebagai Destinasi Pariwisata,” Sosiohumaniora.
Bowen, G.A. dan Michael, (2005). “Menyusun Disertasi Berbasis Penelitian Kualitatif: Lesson Learned”. Laporan Kualitatif
Chen, C. F., & Chen, F. S. (2010). Pengalaman kualitas, nilai yang dirasakan, kepuasan dan niat perilaku bagi wisatawan warisan budaya. Journal of Tourism and Management.
Chen, H., & Chen, H. (2020). Memahami hubungan antara ekspresi citra diri online dan niat membeli dalam game SNS: Investigasi mediasi yang dimoderasi. Komputer dalam Perilaku Manusia,
Chi, C.G.,Qing., & Qu, H. (2008). Meneliti hubungan struktural citra destinasi, kepuasan wisatawan dan loyalitas destinasi: Pendekatan terpadu”. Journal of Tourism Management.
Chen dalam Dewi. (2018). Fenomena Culture Shock dan Stereotype dalam Komunikasi Antarbudaya. ULTIMACOMM.
Ghozali, I. (2018). “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Pogram IBM SPSS” Edisi Sembilan. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 26 Edisi 10. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hanif, Dkk. (2016). Pengaruh Citra Destinasi terhadap Kepuasan Wisatawan serta Dampaknya terhadap Loyalitas Wisatawan.E-Jurnal Administrasi dan Bisnis (JAB).
Hatane S., dan Ritzky, K. M. R. B. (2013). Analisa Marketing Mix, Lingkunan Sosial, Psikologi Terhadap Keputusan Pembelian Online Pakaian Wanita. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra.
Henryadi, Tricahyadinata, I., Zannati, R. (2019). Metode Penelitian: Pedoman Penelitian Bisnis dan Akademik. Jakarta: Lembaga Pengembangan Manajemen dan Publikasi Imperium (LPMP Imperium).
Huyen, H. T. (2020). A study on the effect of corporate governance and capital structure on firm value in vietnam. Accounting.
Juliandi, Irfan, & Manurung, (2014).Wiratna Sujarweni, Metodologi Penelitian Bisnis Dan Ekonomi Pendekatan Kuantitatif.
Kim, J. S., & Choi, J. S. (2016). Factors Influencing Emergency Nurses’ Burnout During an Outbreak of Middle East Respiratory Syndrome Coronavirus in Korea. Asian Nursing Research, 10(4), 295–299.
Kotler, Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Penerbit Erlangga. Jakarta
Kotler, Philip,dan Keller,K.L. (2011) Manajeman pemasaran,edisi 13 jilid 1 dan 2, penerbit erlangga, Jakarta.
Lexy J. Moleong. (2005). Metodologi penelitian kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya
Nurhayati, N., Danial, R. D. M., & Ramdan, A. M. (2019). Peran Citra Destinasi dalam Meningkatkan Niat Wisatawan Berkunjung Kembali.
Najihah K, Silaban G, Zulgendri Z. (2017). Pelaksanaan Serta Pemantauan Evaluasi Kinerja K3 dan Implikasinya Terhadap Kejadian Kecelakaan Kerja di PTPN III Tebing Tinggi.
Priyatno, Duwi. (2013). Analisis Korelasi, Regresi dan Multivariate dengan SPSS. Yogyakarta: Gava Media.
Priyatno, Duwi. (2016). Belajar Alat Analisis Data Dan Cara Pengolahannya Dengan SPSS. Yogy akarta : Gava Media
Pitana, i.g.p dan diarta, l.k.s. (2009). Pengantar ilmu pariwisata. Yogyakarta: andi offset.
Rageh,et.al . (2013). Menggunakan Metode Riset Netnografi untuk Mengungkap Dimensi yang Mendasari Pengalaman Pelanggan/Wisatawan. Riset Pasar Kualitatif: An International Journal.
Rangkuti, Freddy. (2013). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Randi. (2018). Teori Penelitian Terdahulu. Jakarta: Erlangga
Riadi, Edi. (2016). Statistika Penelitian (Analisis Manual dan IBM SPSS). Edisi 1. Yogyakarta: ANDI
Riyanto, S., & Hermawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Deepublish
Roostika, R. (2012). Citra Merek Tujuan Wisata Dan Perilaku Wisatawan Yogyakarta Sebagai Daerah Tujuan Wisata. Jurnal Manajemen Dan Akuntansi.
Setiawan, dkk. (2014). Hubungan Tingkat Pendidikan Dengan Kejadian Demensia Pada Lansia Di Balai Penyantunan Lanjut Usia Senja Cerah Paniki Kecamatan Mapanget Manado. Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Sugiyono, (2021). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D (M.Dr. Ir. Sutopo, S.Pd (ed); ke2 ed)
Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet.
Tjiptono, Fandy. (2014), Pemasaran Jasa –Prinsip, Penerapan, dan Penelitian, Andi Offset, Yogyakarta.
Umi Narimawati. (2010). Metodologi Penelitian: Dasar Penyusun Penelitian Ekonomi. Jakarta: Genesis.
Utama, I. G. B. R. (2017). Pemasaran Pariwisata. Yogyakarta: CV. Andi Offset
Walter, Ute, B. Edvardsson dan Asa Ostrom. (2010). Drivers of customers service Experience: a studi in the restaurant insdustri. Managing Service Quality
Wen Wu, Chih. (2015). Niat wisatawan asing mengunjungi tempat rekreasi. Jurnal Riset Bisnis.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.8226
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional