Pengaruh Kualitas Pelayanan, Ketersediaan Produk Dan Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Pada Konsumen Apotek Kamilah Di Kecamatan Palas)

Yuli Tertiyana Sari, Umar Sanusi

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, ketersediaan produk dan variasi produk terhadap keputusan pembelian konsumen pada Apotek Kamilah di Kecamatan Palas. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei, di mana populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan konsumen yang pernah membeli di Apotek Kamilah Kecamatan Palas. Teknik pengambilan sampel menggunakan cara accidental sampling dengan jumlah responden sebanyak 99 yang diperoleh dari rumus Slovin. Uji validasi instrumen menggunakan Person Product Moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha dan uji asumsi klasik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, analisis koefisien korelasi berganda dan analisis koefisien determinasi, pengujian hipotesis secara parsial dilakukan menggunakan uji t dan secara simultan dilakukan menggunakan uji F. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa secara parsial variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen, variabel ketersediaan produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen dan variabel variasi produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen. Secara simultan menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan, ketersediaan produk dan variasi produk berpengaruh positif terhadap variabel keputusan pembelian konsumen.

 

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Ketersediaan Produk, Variasi Produk, Keputusan Pembelian Konsumen.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Algifari. (2016). Mengukur Kualitas Layanan Dengan Indeks Kepuasan. bpef.

Bulele, E. Y. (2016). Analisis Pengaruh Citra Toko, Kualitas Pelayanan dan Ketersediaan Produk terhadap Keputusan Pembelian di Toko Buku Gramedia Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(03), Hal.258-269.

Emiri, D. (2010). Analisis Pengaruh Citra Merk, Ketersediaan Produk, Harga, Dan Jangkauan Terhadap Perpindahan Merk (Studi Kasus Pada Pengguna Kartu Pra Bayar Simpati di Kota Semarang). In Jurnal Repobed Undip. Universitas Diponegoro.

Faradisa, I., Budi H, L., & M Minarsih, M. (2016). Analisis Pengaruh Variasi Produk, Fasilitas, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Indonesia Coffeeshop Semarang (Icos Cafe). Jurnal Of Management, 2(2).

Febriyani, N. L., Berlian, N. A., & Hidayat, Z. (2019). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Obat Di Apotek Klinik Husada Mulia Kabupaten Lumajang. Jurnal Riset Manajemen, 2(1), 185–195.

Haudi. (2021). Teknik Pengambilan Keputusan (H. Wijoyo (ed.)). Penerbit Insan Cendekia Mandiri.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran : Analisis Perencanaan, Implemmentasi Dan Pengendalian (Jilid 1). Erlangga.

Sugiyono. (2016). METODE PENELITIAN: Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Penerbit Alfabeta.

Sulistiyowati, W. (2018). Buku Ajar Kualitas Layanan: Teori dan Aplikasinya. UMSIDA PRESS.

Syahbudin, A., Wardhana, A. A., Herawati, S., & Purwanti, E. (2023). BAKTI SOSIAL KESEHATAN DONOR DARAH DALAM RANGKA MEMPERINGATI HUT KOWAL KE 60 TAHUN 2023. 1(2), 7–11.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.8227

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter