Pengaruh Pengembangan Karir Dan Sikap Kerja Terhadap Kinerja Guru Madrasah Aliyah Darul Ulum Waru Di Sidoarjo
Sari
Latar belakang penelitian ini adalah guru tidak hanya dibebani tugas dan tanggung jawab saja, guru juga perlu memperhatikan hal-hal yang mempengaruhi kinerjanya seperti pengembangan karir dan sikap kerja. Masih adanya dosen di Madrasah Aliyah Darul Ulum Waru yang masih sering terlambat masuk kelas sehingga mengakibatkan kinerjanya kurang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kinerja guru Madrasah Aliyah Darul Ulum Waru Sidoarjo dipengaruhi oleh pengembangan karir, sikap kerja. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Responden yang dipilih sebanyak 59 orang dengan menggunakan teknik sampel jenuh yang digunakan dalam penelitian ini agar dapat mewakili populasi penelitian secara keseluruhan. Angket akan diberikan kepada masing-masing guru di Madrasah Aliyah Darul Ulum Waru setelah metode pengambilan sampel ditentukan untuk mengetahui pengaruh masing-masing variabel dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil pengujian, faktor pengembangan karir mempunyai pengaruh yang nyata dan baik terhadap kinerja guru Madrasah Aliyah Darul Ulum Waru Sidoarjo. Variabel sikap kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru Madrasah Aliyah Darul Ulum Waru di Sidoarjo.
Kata kunci: pengembangan karir, sikap kerja dan kinerja guru.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ahmad, S., S. Wasim., S. Irfan., S. Gogoi., A. Srivastava., & Z. Farheen. (2019). Qualitative v/s. quantitative research-a summarized review. population, Journal of Evidence based Medicine and Healthcare, 1(2), 2828-2832.
Ahad, R., M. Z. Mustafa., S. Mohamad., N. H. S. Abdullah., & M. N. Nordin. (2021). Work attitude, organizational commitment and emotional intelligence of Malaysian vocational college teachers. Journal of Technical Education and Training, 13(1), 15- 21.
Amtu, O., K. Makulua., J. Matital., & C. M. Pattiruhu. (2020). Improving Student Learning Outcomes through School Culture, Work Motivation and Teacher Performance. International Journal of Instruction, 13(4), 885-902.
Anwar, A. S. (2020).Pengembangan Sikap Profesionalisme Guru Melalui Kinerja Guru Pada Satuan Pendidikan MTS Negeri 1 Serang. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 147–173.
Astriawati, N. (2016). Penerapan analisis regresi linier berganda untuk menentukan pengaruh pelayanan pendidikan terhadap efektifitas belajar taruna di akademi maritim yogyakarta. Majalah Ilmiah Bahari Jogja, 14(23), 22-37.
Darmawan, D., F. Issalillah., E. Retnowati., & D. R. Mataputun. (2021). Peranan Lingkungan Sekolah dan Kemampuan Berkomunikasi Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Simki Pedagogia, 4(1), 11-23.
Darlinghammond, L., M. E. Hyler. & M. Gardner. (2017). Effective Teacher Professional Development. Palo Alto, CA:Learning Policy Institute.
Emda, A. (2016). Strategi Peningkatan Kinerja Guru Yang Profesional. Lantanida Journal, 4(2), 111-117.
Gomendio, M. (2017). Empowering and Enabling Teachers to Improve Equity and Outcomes for All, International Summit on the Teaching Profession. OECD Publishing, Paris.
Hatta, M., H. Tamsah. & G. B. Ilyas. (2019). Pengaruh Kemampuan Dan Sikap Terhadap Kinerja Guru Melalui Motivasi Kerja Di Madrasah Aliyah Kabupaten Maros. Jurnal Mirai Management, 4(1).
Hermogeno, K. J. C. & C. C. Dulos. (2022). Work Attitude and Performance of Elementary School Teachers in the City Division of San Carlos. International Journal of Scientific and Management Research, 5(01), 15-41.
Hidayatullaily, S., H. Buairi., P. Andriani., & R. Mushollin. (2023). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Prestasi Belajar Terhadap Disposisi Matematis Pada Mahasiswa Calon Guru Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 4(1), 112-119.
Jimenez, E. (2020). Emotional quotient, work attitude and teaching performance of secondary school teachers. Journal of Pedagogical Sociology and Psychology. 2(1), 1-15.
Juliandi, A., I. Irfan. & S. Manurung. (2014). Metodologi Penelitian Bisnis, Konsep dan Aplikasi: Sukses Menulis Skripsi & Tesis Mandiri. Medan: UMSU Press.
Limbo, C. V. (2023). emotional intelligence and work attitude of teachers and their effect on the performance of students in mathematics. Globus: Journal of Progressive Education, 13(1). 1-13.
Lutfiyanto, R. P., N. Huda. & H. Hulmansyah. (2020). Pengaruh Pengembangan Karir dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Guru dengan Organizational Citizenhsip Behavior sebagai variabel mediasi (Study Pada Guru Sekolah Menengah Kejuruan). JEBA (Journal of Economics and Business Aseanomics), 5(2), 144-172.
Manaf, S. (2023). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta. Mudir: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 49-54.
Miyarti, M., N. Egar. & S. Soedjono. (2022). Pengaruh Budaya Sekolah, Kepuasan Kerja Guru, Dan Pengembangan Karir Guru Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), 11(3), 422-432.
Monis, S. H. & T. N. Sreedhara. (2011). Employee Satisfaction with Career Development Practices: A Comparative Study of Indian and Foreign MNC BPO Firms, Journal of Arts Science & Commerce, 2(1), 110-122.
Ndifon, R. A. & B. U. Corneliusukpepi. (2014). The Relationship between Primary School Teacher's Attitude to Work and Pupils' Academic Performance in Cross River State, Nigeria. British Journal of Arts & Social Sciences, 17(2).
Riketta, & Michael. (2008). the Causal Relation Between Job Attitudes and Performance A MetaAnalysis of Panel Studies. Journal of Applied Psychology, 93 (2), 472-481.
Riyadi, S. & A. Mulyapradana. (2017). Pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru Radhatul Atfal di Kota Pekalongan. Jurnal Litbang Kota Pekalongan, 13, 106-117.
Sekaran, U. (2003). Research Methods for Business: A Skill Building Approach. New York, NY: John Wiley &Sons.
Setiyati, S. (2014). Effects of principal leadership, work motivation, and school culture on teacher performance. Journal of Technology and Vocational Education, 22(2), 200- 206.
Sukmawati, S., S. Salmia. & S. Sudarmin. (2023). Population, sample (quantitative) and selection of participants/key informants (qualitative). Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 7(1), 131-140.
Umam, M. K. (2020). Pengaruh Pendidikan, Pelatihan, dan Pengembangan Karier Terhadap Kinerja Guru pada Sekolah Menengah Atas Al Falah Sumber Gayam Kadur Pamekasan Madura. Ats-Tsaqofi: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam, 2(2), 45- 52.
Usman, S. & M. Razak. (2023). Pengaruh Kompetensi, Keterampilan Dasar Mengajar, Dan Sikap Kerja Terhadap Kinerja Guru Smp Negeri 4 Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar. Cash Flow Jurnal Manajemen, 2(1), 145-154.
Wardhani, R. A. N. & S. A. Wijaya. (2020). Pengaruh Kompetensi Terhadap Pengembangan Karir Dan Kinerja Guru Ekonomi SMA Negeri di Kota Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(1), 148.
Wiebke, K. & J. Bardin. (2009). New teacher support. Journal of Staff Development, 30(1), 34-36.
Zurriah, R. (2021). Pengaruh free cash flow terhadap nilai perusahaan. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis, 21(1), 101-106.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.8237
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional