Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan pada UMKM Tarjo Pindang di Desa Cicinde Utara Kabupaten Karawang

Ramidi Yadi, Riki Ahmad Nugraha, Sandi Alam, Arif Hidayat

Sari


Usaha mikro, kecil dan menengah merupakan salah satu bagian terpenting dari perekonomian Indonesia yang mampu menekan angka kemiskinan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran yang diterapkan pada UMKM Tarjo Pindang untuk meningkatkan volume penjualan dan untuk mengetahui apa saja yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman pada UMKM Tarjo Pindang. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis SWOT. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah strategi yang diterapkan UMKM Pindang untuk meningkatkan volume penjualan mencakup 4P yaitu dari segi produk memberikan kualitas yang baik dan produk yang lengkap, dari segi harga memberikan harga yang relatif murah, dari segi tempat lokasi yang dipilih strategis dan dari segi promosi hanya melalui whatsapp dan dari mulut ke mulut. Adapun yang menjadi kekuatan UMKM Tarjo Pindang adalah produk yang lengkap, harga yang terjangkau, lokasi yang strategis dan mengutamakan kualitas produk untuk mempertahankan loyalitas konsumen. Yang menjadi kelemahan adalah cuaca yang tidak stabil, tidak ada logo khusus dan kurang maksimal promosi yang dilakukan. Yang menjadi peluang adalah jumlah penduduk yang meningkat, kebutuhan pasar meningkatkan dan perkembangan teknologi untuk melakukan promosi. Yang menjadi ancaman adalah bersaing dengan produk yang sama dan lokasi usaha yang bersebelahan dengan pesaing.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amalia Kurniawan, Dhika, & Muhammad Zaenal Abidin. (2018). Pengantar pemasaran Islam. Universitas Darussalam Gontor.

Bayudhirgantara, E. M., & Hidayat, A. (2024). Analisa strategi bisnis kafe berbasis SWOT dalam menghadapi PSBB dan PPKM di Asa’an Kopi Bandung. Innovative: Journal of Social Science Research, 4(4), 2912-2925.

Effendy, A. A. (2019). Analisis bauran pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan Azka Toys Pamulang Tangerang Selatan. Jurnal Ilmiah Feasible, 1(1), 18.

Firli Musfar, T. (2020). Manajemen pemasaran. Media Sains Indonesia.

Haque Fawzi, M. G., Ahmad Syarief Iskandar, Heri Erlangga, Nurjaya, & Denok Sunarsi. (2021). Strategi pemasaran: Konsep, teori, dan implementasi. Pascal Books.

Hidayat, A., Rustomo, R., & Tohari, T. (2024). Pengaruh promosi penjualan terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Sarana Tani Indonesia Makmur. Innovative: Journal of Social Science Research, 4(1), 5149-5155.

Jermawinsyah Zebua, A. (2018). Analisis strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan pada Shopie Paris BC. Yenni Kecamatan Muara Bulian. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 18(2).

Marini, I. A. K., Nopiari, I. A., & Artika, I. B. E. (2019). Analisis strategi pemasaran jamur tiram putih (Pleurotus ostreatus) pada usaha dagang Kenanga di Kecamatan Ampenan Kota Mataram. GANEC SWARA, 13(2), 375. https://doi.org/10.35327/gara.v13i2.105

Rusdi, M. (2019). Strategi pemasaran untuk meningkatkan volume penjualan pada perusahaan genting UD. Berkah Jaya. Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis, 6(2)

Sugiyono. (2020). Metode penelitian kualitatif. Alfabeta.

Sujarweni, V. W. (2019). Metodologi penelitian bisnis dan ekonomi. Pustaka Baru Press.

Sumartini, L. C., & Ardining Tias, D. F. (2019). Analisis kepuasan konsumen untuk meningkatkan volume penjualan Kedai Kopi Kala Senja. Jurnal E-BIS, 3(2), 8.

Tamara, A. (2016). Implementasi analisis SWOT dalam strategi pemasaran produk Mandiri Tabungan Bisnis. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, 4(3).




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.8240

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter