Pengaruh Promosi Penjualan Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Niat Beli Melalui Citra Merek Sebagai Variabel Intervening Di Pt. Mustika Mitra Abadi Altic Houseware Medan
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh promosi penjualan dan kepuasan konsumen terhadap niat beli melalui citra merek sebagai variabel intervening di PT. Mustika Mitra Abadi Altic Houseware Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang melibatkan 50 responden. Data dianalisis menggunakan uji regresi berganda untuk menguji hubungan langsung dan tidak langsung antar variabel. Penelitian ini menguji delapan hipotesis, termasuk pengaruh promosi penjualan, kepuasan konsumen, dan citra merek terhadap niat beli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi penjualan dan kepuasan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra merek, dengan nilai regresi masing-masing sebesar 70,6% dan 50,4%. Selain itu, promosi penjualan dan kepuasan konsumen serta citra merek juga berpengaruh signifikan terhadap niat beli, dengan koefisien masing-masing sebesar 21,7% dan 31,2% serta 49%. Secara Simultan, promosi penjualan dan kepuasan konsumen berpengaruh positif terhadap niat beli dengan hasil F-hitung sebesar 8,859 lebih besar dari pada F-tabel 3,19 dengan nilai koefisien R Squarenya adalah 27,4%. Citra merek turut memediasi hubungan antara promosi penjualan dan kepuasan konsumen terhadap niat beli, yang ditunjukkan oleh pengaruh tidak langsung promosi penjualan sebesar 0,346 dan kepuasan konsumen sebesar 0,247. Temuan ini mengindikasikan bahwa citra merek memainkan peran penting dalam memperkuat pengaruh promosi penjualan dan kepuasan konsumen terhadap niat beli. Oleh karena itu, perusahaan disarankan untuk meningkatkan kualitas promosi dan menjaga kepuasan konsumen guna memperkuat citra merek dan mendorong niat beli konsumen.
Kata Kunci : Promosi Penjualan, Kepuasan Konsumen, Niat Beli, Citra MerekTeks Lengkap:
PDFReferensi
Amarsaid. (2021). Analisis Jalur dan Pengaruh Variabel Intervening. Jakarta: Media Ilmu.
Ananda, Meydi Rezki. (2020). Pengaruh Etnosentrisme terhadap Niat Beli Makanan Fast Food Kentucky Fried Chicken (KFC): Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Riau.
Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rienika Cipta.
Fawzi, Marissa Grace Haque, dkk. (2022). Strategi Pemasaran: Konsep, Teori, dan Implementasi. Tangerang Selatan: Pascal Books.
Ferdinand. (2012). Pengertian Minat Beli. http://www.Referensioline.Info./Pdf/ html.
Firmansyah, Anang. (2019). Pemasaran Produk dan Merek (Planning dan Strategy). Surabaya: CV. Penerbit Qiara Media.
Husein, Umar. (2013). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: Rajawali Pers.
Indrasari, Meithiana. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.
Irwanto, M. R., & Subroto, W. T. (2022). Pengaruh kepuasan konsumen dan promosi terhadap niat pembelian ulang konsumen shopee saat pandemi: Indonesia. Jurnal Paradigma Ekonomika, 17(2), 289-302.
Kholik, Abdul dkk. (2020). Perilaku Konsumen: Ruang Lingkup dan Konsep Dasar. Bandung: Widina Bhakti Persada.
Konsistensi. (2014). Pengambilan Keputusan dalam Uji Normalitas dengan Grafik Histogram. Jakarta: Ilmu Grafika.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks.
Kotler, Philip. (2011). Managemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan Implementasi dan Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat.
Lombu, D., Waruwu, J. M., Bangun, N. B., & Elanda, Y. (2024). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Efektivitas Dan Resiko Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Financial Technology (Fintech) Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Masyarakat Kelurahan Teladan Barat Kota Medan. Jurnal Dunia Pendidikan, 4(3), 1264- 1279.
Mangkunegara, A.A Anwar Prabu. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Cetakan 14. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mean, P., Welsa, H., & Ningrum, N. K. (2021). Pengaruh promosi penjualan dan kepuasan konsumen terhadap niat beli melalui sikap merek sebagai variabel intervening. Jurnal Manajemen, 13(4), 710-717.
Mulyana, Mumuh. (2019). Strategi Promosi dan Komunikasi. Bogor: Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan.
Nugroho, D. A., & Iriani, S. S. (2020). Pengaruh promosi penjualan dan celebrity endorser terhadap niat beli fashion brand lokal Giyomi pada generasi Y dan Z. Jurnal Ilmu Manajemen, 8(4), 1468-1477.
Parura, Maega Landorundun. (2020). Pengaruh Harga, Kepercayaan dan Promosi Terhadap Niat Beli Berbelanja Online di Situs Shopee pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Makassar: Universitas Hasanuddin. Pekanbaru: Universitas Islam Riau.
Lase, Damai Jaya. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening pada PT. Mustika Mitra Abadi Altic Houseware. Skripsi: UPMI.
Purnomo, T. (2018). Pengaruh kesadaran merek dan citra merek terhadap niat beli pada konsumen herbalife di Surabaya. Agora, 6(1).
Putra, Andi & Siregar, T. (2021). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen pada Produk Fashion di Kota Medan. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 18(3), 245-258.
Rizwan, M., dkk. (2014), Determinants of Customer Intentions For Online Shopping: A Study From Pakistan, Journal of Sociological Research, Vol. 5, No. 1.
Safitri, L. N., Triwardhani, D., & Sembiring, R. (2021). Keputusan Pembelian Yamaha Vixion (Studi Kasus Pada Jakarta Timur dan Jakarta Selatan). Konferensi Riset Nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntansi, 2 (1), 131-1248.
Sari, Dewi Kartika. (2018). Pengaruh Pengalaman Berbelanja dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen di Hypermart Palembang Icon Mall. Tesis: Universitas Sriwijaya.
Sianadewi, J. H., Widyarini, L. A., & Wibowo, W. (2018). Pengaruh perceived social presence, perceived ease of use, perceived usefulness, dan attitude towards online shopping Terhadap Niat Beli Pada Jakarta Notebook.com. Kajian Ilmiah Mahasiswa Manajemen, 6(2), 104-115.
Simanjuntak, Ricky Fernando. (2019). Pengaruh Iklim Organisasi dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Nusantara Media Jakarta. Tesis: Universitas Gadjah Mada.
Siregar, Syofian. (2016). Statistika Deskriptif Untuk Penelitian Dilengkapi Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung.
Swastha, Basu. (2011). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.
Thuy, V., Vi, D., & Linh, N. (2015). The Impact of Social Presence in The Web Interface on Customer’s Purchase Intention toward Online Stores: The Case Of Vietnam. International Journal of Education and Social Science, Vol. 2 No. 4.
Weisberg, J., Te’eni, D., & Arman, L. (2011). Past Purchase and Intention to Purchase in E-Commerce: The Mediation of Social Presence And Trust. Internet Research, Vol. 21 Iss: 1 pp. 82-96.
Wibowo, Tri Andoko. (2021). Analisis Pengaruh Budaya Organisasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan dengan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Intervening pada PT. Astra Otoparts. Skripsi: UnDip.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.8284
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional